dalam kategori | Pola Hidup

Yoga untuk atasi gangguan kesehatan ringan

Yoga untuk atasi gangguan kesehatan ringan

Sekarang, bukan hanya para resi yang mempercayai yoga untuk penyembuhan. para dokter medis juga mulai meresepkannya untuk mengatasi gangguan kesehatan. Riset baru menunjukkan, selain meredakan stres, yoga juga bisa mengatasi sakit kepala, kram dan asma.

Sejak dulu, para resi telah menemukan adanya keterkaitan atau hubungan yang erat antara tubuh dan pikiran. Bahwa kondisi mental tertentu berkaitan dengan mekanisme biologis yang khas, dan bahwa ada hubungan antara keadaan emosional dan produksi hormon dalam tubuh.

Menyadari betapa penting hal itu, para resi mulai mengembangkan suatu disiplin ilmu mengenai tubuh dan pikiran yang disebutyoga. Yoga adalah kata Sansekerta yang diturunkan dari akar kata kerja “yug”, artinya menyatu.

Keterkaitan tubuh dan jiwa dipengaruhi oleh kelenjar endokrin, yaitu kelenjar yang mengatur efektivitas kerja tubuh yang rumit dengan mengaktifkan kelenjar-kelenjar tertentu untuk mengeluarkan hormon ke dalam aliran darah. Hormon-hormon ini mempunyai bermacam-macam efek, tidak hanya terhadap fungsi-fungsi tubuh, seperti pertumbuhan, pencernaan, pemanasan, energi, seks, dan lain-lain, tetapi juga berpengaruh terhadap pikiran. Putus asa, tak berdaya, marah, atau cemburu adalah perasaan-perasaan negatif yang menciptakan ketidakseimbangan hormon yang mengakibatkan bertambahnya produksi sel-sel abnormal. Inilah asal mula timbulnya penyakit. Sebaliknya, perasaan yang positif akan menghasilkan hal-hal positif pula.

Hubungan antara emosi, hormon, dan penyakit telah lama dirasakan oleh para yogi (orang yang berlatih yoga). Kemudian mereka mengembangkan sistem latihan yang terdiri dari sikap-sikap tubuh untuk melancarkan produksi hormon-hormon tertentu, dan memberikan tekanan yang spesifik pada bermacam-macam kelenjar endokrin.

Kini, banyak penelitian yang telah menjawab manfaat yoga untuk kesehatan.

Berikut ini gerakan-gerakan yoga untuk mengatasi gangguan-gangguan ringan seperti sakit kepala, gangguan pencernaan, depresi, asma, dan kram menstruasi.

Sat Kriya
Menghalau Depresi, Mengatasi Murung

Dalam buku Medititaion as Medicine, Dharma Singh Khalsa, M.D., menyatakan, meditasi membawa hormon endorfin, darah dan glukosa ke otak. Dalam sebuah hasil studi yang diterbitkan dlaam Journal of Affective Disorder disebutkan pasien depresi berat yang melakukan latihan pernapasan ritmik yoga seperti dalam latihan ini selama 45 menit sehari, 6 kali seminggu, mengalami perbaikan. Latihan ini juga membantu mengatasi rasa murung.

Duduk di tumit. Kedua tangan ditarik lurus ke atas dengan jari-jari dikaitkan, dan telunjuk menunjuk ke atas. Tarik napas, tarik pusar ke arah tulang punggung. Embuskan. Kembali ke posisi semula. Untuk pemula, ulangi 3 kali, sedangkan jika sudah terbiasa melakukannya, ulangi 8 kali setiap latihan.

Sat Kriya - www.kypdx.org

Sat Kriya – www.kypdx.org

Simhasana
Mengatasi Sakit Kepala

Pose Simhasana (Pose Singa) ini meregangkan otot-otot kepala sehingga terasa rileks. Bermanfaat untuk meredakan sakit kepala ringan.

Duduk di atas tumit. Kedua tangan diletakkan di atas paha (dekat lutut) dengan jari-jari diregangkan. Tarik napas, lalu embuskan kuat lewat mulut sambil mengeluarkan suara auman. Bersamaan dengan itu, gerakkan bola mata ke langit-langit. Tahan selama 5 detik. Kembali ke posisi awal, lalu ulangi sebanyak 5 kali.

Simhasana - www.michellemyhre.com

Simhasana – www.michellemyhre.com

Janusirshasana
Mengatasi Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti diare, sembelit (konstipasi). dan kembung, berkaitan dengan stres. Yoga bisa melepas stres. Lagi pula, gerakan ini memperpanjang usus besar.

Duduk di lantai. Kedua kaki diselonjorkan. Tekuk kaki kiri dan tempelkan telapak kaki kiri pada bagian dalam paha kanan. Ulurkan kedua tangan ke atas, lalu perlahan turunkan tubuh dengan membungkuk ke depan. Pegang ibu jari kaki kanan dengan dua jari pertama dari kedua tangan, atau jangkau sejauh mungkin semampu Anda. Tundukkan kepala. Tahan selama satu menit. Lakukan pernapasan dalam, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi dengan kaki yang lain. Lakukan sebanyak 3 kali untuk pemula dan 8 kali jika sudah terbiasa.

Janusirshasana - web.stagram.com

Janusirshasana – web.stagram.com

Matsyasana
Meringankan Keluhan Asma

Para dokter di Nothern Colorado Allergy and Astmha Clinic di Fort Collin, AS, menemukan, penderita asma yang melakukan yoga dengan latihan pernapasan 3 kali seminggu selama 16 minggu, bisa mengurangi sedikit obat isap (inhaler) yang diresepkan dokter. Mereka juga berkemungkinan lebih kecil mengalami napas tersengal-sengal dibanding yang tidak melakukan yoga. Hal ini disebabkan gerakan ini membuka jalan napas dan meningkatkan pasokan oksigen ke dalam tubuh.

Berbaring telentang. Kedua kaki rapat dan diruncingkan. Letakkan kedua tangan di bawah bokong. Tarik napas, angkat kepala sedikit, kedua siku di lantai, dan lengkungkan punggung (sehingga puncak kepala di lantai). Tahan selama satu menit sambil bernapas dalam. Lakukan sebanyak 3 kali untuk pemula dan 8 kali jika sudah terbiasa latihan.

Matsyasana - yoga.patients-care.com

Matsyasana – yoga.patients-care.com

Virasana
Mengatasi kram haid

Gerakan yoga ini meredakan kontraksi peranakan yang sering dialami wanita-wanita yang sedang haid. Selain itu, gerakan ini juga mengurangi perasaan mudah narah yang sering terjadi pada wanita-wanita yang sedang haid.

Duduk di atas tumit (kedua lutut ditekuk). Secara perlahan, bungkukkan badan ke lantai sampai dada menyentuh paha. Kedua lengan dijulurkan ke belakang tubuh, biarkan lemas dengan kedua telapak tangan menghadap ke atas. Perlahan, tekan dahi ke lantai. Pejamkan mata. Rilekskan otot dan tahan selama 2 menit. Tarik napas secara mendalam, dan embuskan. Lakukan 3 kali untuk pemula dan 8 kali jika sudah terbiasa dengan latihan ini.

virasana - www.marylebonephysio.com

virasana – www.marylebonephysio.com

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu