dalam kategori | Pola Hidup

Yoga Asanas saat bekerja, sehat bermanfaat

Yoga Asanas saat bekerja, sehat bermanfaat

Apakah Anda terikat di meja kantor Anda selama berjam-jam terus-menerus dengan sedikit atau tidak ada latihan harian sama sekali? Apakah kehidupan Anda berputar di sekitar laptop Anda? Apakah Anda menghabiskan setiap harinya dengan mengetik sambil membungkuk di meja kerja? Jika jawabannya ya, maka Anda perlu berbuat sesuatu untuk membenahi kondisi mental dan fisik Anda. Untuk membantu Anda mencapai hal itu, berikut adalah panduan 8 langkah yoga asanas yang akan membantu Anda melawan stres, baik mental maupun fisik, dengan meningkatkan tingkat konsentrasi dan bersantai dari ketegangan otot. Baca dan praktekkan sekarang!

Langkah 1: Streching pergelangan. Lakukan Peregangan sederhana ini sebagai latihan pemanasan sebelum memulai pekerjaan dan Anda tidak akan pernah mengalami sakit pergelangan tangan. (1) Ulur tangan keatas dan lakukan peregangan kedua pergelangan tangan serta jari dengan kuat, seakan Anda sedang berada dalam posisi berjungkir dengan bertumpu pada tangan dan tahan, hitung sampai 5. (2) Tangan tetap diatas, kepalkan kedua belah tangan dan tekuk pergelangan ke bawah sambil tetap mengepal, tahan selama hitungan 5.

Langkah 2: Asana Leher – Tarik napas sambil menekuk kepala kekanan hingga telinga kanan menyentuh bahu. Coba dan tujuan pada titik di mana bahu Anda menyentuh telinga. Buang napas ketika kembali ke posisi normal. Pastikan Anda merasakan perenggangan leher dan tulang belakang. Lanjutkan dengan melakukan asana ke arah kiri. Lakukan sebanyak lima siklus pernapasan pada tiap sisi.

Langkah 3: Rotasi pundak dan Pengembang dada – Tarik napas saat Anda saat bahu  bergerak berputar kearah atas-belakang. Buang napas saat bahu bergerak kembali ke posisi sebelumnya, dengan gerakan ke arah bawah-depan. Perhatikan siklus pernapasan dengan seksama dan tetap menjaga posisi leher serta tulang punggung lurus dan nyaman. Lakukan delapan sampai sepuluh rotasi di setiap sisi.

Langkah 4: Pose “Wajah Lembu” untuk punggung bagian atas – Letakkan kedua tangan di belakang punggung Anda dan katupkan. Jika Anda tidak dapat mengatup sempurna, jangan dipaksa, regangkan jari-jari Anda senyamannya. Rilis atau lepaskan dengan membuang nafas. Sekarang goyang tangan Anda selama sekitar 30 detik dan ulangi.

Langkah 5: Asana “Kucing” untuk punggung bagian bawah – Sambil menghembuskan napas, tekuk punggung ke arah belakang membentuk sudut tajam di bagian pinggang tulang belakang. Lalu membungkuk kembali ke arah depan sambil menarik napas. Lakukan 5 siklus pernapasan.

Langkah 6: Konasana untuk mengencangkan lengan – Berdiri lurus dengan kaki dibentang lebar. Sekarang membungkuk ke depan pada pinggang Anda. Coba untuk menyentuh tanah dengan ujung jari Anda, jika memungkinkan gunakan kedua tangan Anda  sambil tetap berdiri. Tubuh bagian atas Anda harus berada dalam posisi garis lurus. Kemudian medongak ke depan sekitar 3 inci. Lakukan posisi konasana selama 10 sampai 30 detik dengan bernapas normal.

Langkah 7: Bhastrika untuk perut Anda – Duduk dalam posisi yang nyaman dengan punggung lurus. Tutup mata Anda dan mulai membuang dan menghirup napas melalui hidung dengan berfokus pada otot perut. Segera setelah Anda melepaskan otot perut Anda, Anda akan merasakan bahwa diafragma Anda berkontraksi tepat sebelum Anda mulai menghirup. Dengarkan suara napas Anda dan lakukan asana ini 5 kali berturut. Beri jeda. Bernapaslah normal. Dan mulai lagi. Lakukan satu sampai dua putaran setiap hari dan tingkatkan jumlah pernafasan Anda 5 kelipatan setiap minggunya.

Langkah 8: Leg Extension Asana – Duduk dalam posisi yang nyaman dengan satu kaki ditekuk dan ditempatkan pada kursi atau meja di depan Anda. Pegang kaki tersebut dengan kedua tangan sambil jaga posisi tulang punggung Anda tetap tegak lurus. Tarik napas dan luruskan kaki tersebut, sambil tetap tangan Anda memengangnya. Tetap di posisi ini selama 3 sampai 5 siklus napas. Buang napas saat kaki Anda kembali ke posisi duduk normal, sementara tangan Anda bergerak untuk memegang pinggang Anda. Tetap di posisi ini selama 3 sampai 5 siklus penapasan. Rileks. Lakukan sebanyak 5 sampai 10 putaran.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu