dalam kategori | Tips Kesehatan

Yoga memberikan manfaat bagi kesehatan jantung

Yoga memberikan manfaat bagi kesehatan jantung

Berdasarkan studi, yoga mampu memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Studi tersebut memperlihatkan dampak positif yoga terhadap tekanan darah, meningkatkan dan mempercepat rehabilitasi penderita penyakit jantung, dan menurunkan risiko serta perkembangan penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Melakukan latihan yoga selama delapan pekan terbukti memberikan manfaat bagi pasien pengidap penyakit jantung yang pernah terkena serangan jantung dan mengurangi tanda-tanda resiko terjadi inflamasi yang seringkali dikaitkan dengan kematian, demikian hasil satu penelitian terkini yang dipublikasikan belum lama ini.

Para peneliti di Sekolah Tinggi Kedokteran di Universitas Emory di Atlanta yang menilai efektifitas dari latihan yoga selama enam pekan yang dilakukan oleh 19 penderita jantung yang pernah mengalami serangan, mendapatkan latihan fisik yoga mengurangi tanda-tanda inflamasi yang berkaitan dengan gagal jantung sementara itu juga telah meningkatkan toleransi terhadap latihan fisik dan kualitas hidup.

“Banyak orang yang berkeyakinan bahwa latihan tambahan yoga juga akan memberikan manfaat bagi pemulihan kesehatan jantung yang tidak sehat,” kata para peneliti tersebut yang membawa presentasi atas hasil penelitian mereka pada pertemuan tahunan Ahli Penyakit Jantung. “Selain itu latihan yoga juga memberikan dampak terhadap mekanisme aksi yang melibatkan kemajuan pada pasien yang pernah mengalami gagal jantung”.

Penelitian tersebut juga menemukan perbedaan yang mencolok dalam tingkatan tanda-tanda biologis di dalam darah – interleukin-6, reaktif protein-C, dan superoksida dismutase ekstra selular antara pasien yang menjalani latihan yoga dengan pasien-pasien yang hanya menerima therapi standar. Pasien yang melakukan latihan yoga, menjalani pengobatan tanpa mengalami komplikasi.

Selain itu pasien yang mengikuti latihan yoga mengalami penurunan gejala atau tanda-tanda biologis dalam darah sebesar 26 persen yang menentukan standar kualitas hidup dibandingkan dengan 3 persen penurunan dari pasien yang hanya menjalani terapi medis saja.

“Yoga adalah jenis aerobik, karena itu tidak mengejutkan membawa dampak seperti itu dalam hal tanda-tanda akan adanya inflamasi,” kata Dr Nieca Goldberg, yang menyarankan latihan yoga dan tai chi salah satu ilmu bela diri tradsional asal China kepada para pasiennya, demikian Reuters.

Meskipun tergolong dalam aktivitas yang menyehatkan, ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum Anda melakukan olah raga ini. Beberapa gerakan yoga tidak dianjurkan bagi Anda yang memiliki gangguan tubuh tertentu.

Misalnya, pose ketika kepala Anda berada lebih rendah dari jantung tidak dianjurkan untuk Anda yang memiliki permasalahan dengan mata. Gerakan tersebut dapat menambah tekanan pada mata, sehingga akan berakibat buruk pada mata Anda.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan, pastikan instruktur yoga Anda mengetahuinya, sehingga ia akan memberi tahu Anda gerakan-gerakan yang harus Anda hindari dan menggantinya dengan gerakan lain.

Satu hal juga yang harus Anda ingat, yoga bukanlah pertandingan. Tak perlu berkompetisi dengan rekan Anda jika ia mampu menekukkan tubuh lebih baik atau melakukan gerakan lainnya dengan sempurna. Lakukan sesuai dengan kemampuan Anda dan dengarkan apa yang tubuh Anda katakan. Jangan sampai niat Anda untuk mendapatkan jantung sehat menjadi tercemar dan berubah menjadi ajang kompetisi, yang justru berakibat buruk bagi jantung Anda.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu