dalam kategori | Pola Hidup

Waterobics, Sehat – Bermanfaat – Menyenangkan

Waterobics, Sehat – Bermanfaat – Menyenangkan

Ada berbagai jenis latihan aerobik yang dapat ditentukan berdasarkan peralatan yang digunakan dalam pelaksanaannya. Aerobik air adalah salah satu contoh dari senam aerobik.

Aerobik air juga bisa disebut sebagai waterobics. Olahraga semacam ini biasanya dilakukan di kolam renang dengan air setinggi pinggang.

Pelaksanaannya bisa di kolam renang dalam ruangan maupun luar ruangan, dengan suhu air 82 º-86 º F.

Kalau dipikir-pikir, bentuk yang paling umum dari waterobics adalah berenang. Aerobik air berfokus pada membanggun kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan tubuh dan memberikan latihan kardiovaskular.

Satu sesi biasanya berlangsung selama 40 sampai 50 menit.

Sama seperti olahraga aerobik lainnya, ada lima menit pemanasan dan akan berakhir dengan lima menit pendinginan.

Ada perangkat pelampung yang diberikan kepada para peserta jika airnya cukup dalam. Kickboards dan barbel air juga disediakan untuk membantu peserta agar dapat bertahan atau bisa juga digunakan sebagai sarana olahraga. Pemberat dan pelampung terkadang digunakan untuk meningkatkan ketahanan dalam air. Musik digunakan selama sesi latihan.

Ketika bicara tentang waterobics, hal yang paling dasar yang anda butuhkan adalah baju renang. Ada beberapa peserta yang juga akan menggunakan topi renang untuk menjaga rambut dan wajahnya dan ada pula yang mengenakan sepatu aqua khusus. Sepatu ini khusus untuk melindungi pergelangan kaki dan juga mencegah kaki anda tergelincir serta berfungsi sebagai perlindungan terhadap luka dan goresan.

Ada banyak keuntungan dari menyisipkan kegiatan aerobik air ke dalam gaya hidup Anda.

Karena air menyediakan pelampung dan alat pendukung bagi tubuh, maka risiko cedera tulang dan sendi dapat berkurang, yang membuatnya ideal bagi manula yang menderita arthritis atau sakit punggung. Berolahraga di air membuat individu terhindari dari cedera dan sakit setelah latihan. Sendi tubuh tidak akan bermasalah dengan pegembangan gerakan aerobik air.

Beberapa orang akan mengatakan bahwa mereka mengalami pembentukan dan pengembangan otot yang lebih cepat saat melakukan aerobik air, jika dibandingkan dengan melakukannya di lantai. Aerobik air bisa membantu mengembangkan otot 12 hingga 14 kali lebih cepat daripada ketika melakukannya di atas lantai. Karena air memiliki kerapatan yang lebih tinggi daripada udara, maka memiliki ketahanan yang lebih tinggi merupakan salah satu alasan untuk pengembangan otot dan daya tahan tubuh yang lebih baik.

Jantung bekerja lebih baik ketika melakukan aerobik air. Dibandingkan dengan kegiatan seperti lari atau berenang, detak jantung dipertahankan pada tingkat yang lebih rendah.

Olahraga ini cocok untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Berjalan misalnya, ketika melakukannya di daratan, kita dapat membakar sekitar 135 kalori dalam setengah jam. Jika dilakukan di air, Anda bisa membakar sebanyak 264 kalori untuk sesi 30 menit.

Aerobik air sangat baik bagi mereka yang menderita arthritis, osteoporosis dan sedang mengandung karena latihan ini sebenarnya cukup lembut untuk gerakan sendi tetapi cukup cepat untuk membangun massa otot. Namun, jika seseorang memiliki penyakit tertentu, saran para ahli sangatlah penting.

Bahkan dengan semua manfaatnya pun, aerobik air masih belum sempurna. Karena itu kita memerlukan penggunaan fasilitas dan peralatan pendukungnya, olahraga aerobik air cenderung lebih mahal.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu