dalam kategori | Penyakit

Wasir, apa dan bagaimana penanganan serta pencegahannya

Wasir, apa dan bagaimana penanganan serta pencegahannya

Kemarin baru saja seorang anggota keluarga saya dioperasi Wasir. Yah, karena memang ada faktor keturunan dan tidak bisa diobati dengan jalan lain, maka langkah operasi akhirnya dilakukan. Wasir, yang mempunyai nama kedokterannya adalah Haemorrhoid, merupakan gangguan usus besar dimana sebagian mukosa usus besar bagian tedekat dengan anus menonjol keluar dan meradang. Kebetulan, saya sendiri sebenarnya sudah lama mengamati dan membuat eksperimen mengenai gangguan tersebut.

Yang membuat saya ingin menulis artikel ini adalah karena dokter bedah digestive-nya mengatakan bahwa wasir sebetulnya sudah banyak diderita oleh manusia. Yah, sekitar 8 dari 10 orang sudah menderita wasir dengan berbagai levelnya. Wow…berarti perlu saya tulis dan sebarkan tentang apa dan bagaimana penanganan serta pencegahannya.

Oke. Faktor pendorong atau penyebabnya. Wasir bisa didorong oleh beberapa penyebab seperti:

  1. Faktor keturunan, dimana bentuk saluran usus mengecil ke arah luar
  2. Terlalu keras dan tanpa jeda mengeden ketika BAB
  3. Duduk terlalu lama di kloset ketika menunggu BAB
  4. Tidak pernah melatih otot sfingter anus secara khusus (jadi hanya dilatih untuk BAB saja)
  5. Terlalu banyak makan yang pedas (walaupun sebagian dokter mengatakan sebagai bukan penyebab)
  6. Kurang makan serat dari sayur dan buah
  7. Terlalu banyak makan buah Pepaya atau daun Pepaya

Nah, yang karena faktor keturunan tak perlu dibahas, karena memang sudah nasib!

Untuk mengeden ketika BAB, sebetulnya perlu (untuk melatih otot usus besar), tetapi jangan terlalu keras dan berikan istirahat atau relaksasi beberapa saat setelah mengeden. Jadi, jangan terus menerus, tapi intermitten.

Jangan duduk terlalu lama (apalagi tambah baca koran atau mengkhayal) ketika menunggu BAB. Jauh lebih baik ambil TAG POSITION to DEFICATION (Posisi menunggu di kamar mandi dengan menempelkan daerah pantat ke dinding tembok, sehingga sensasi rasa dingin dari tembok akan lebih memicu mulas untuk BAB. Jika sudah terasa mulas, maka berdiri mengangkangi closet, sampai terasa bahwa feses sudah benar-benar siap keluar dari anus. Jika sudah benar-benar mulai keluar, segera duduk di kloset, mengeden secukupnya, keluarkan sampai tuntas dan segera berdiri kembali untuk persiapan membilas). Posisi ini adalah hasil penelitian saya, yang terlihat membantu proses BAB dengan aman, nyaman dan mengurangi dorongan munculnya gangguan wasir.

Lalu, latih otot anus anda, karena ternyata otot itu memang perlu dilatih. Caranya dengan sekaligus melakukan pernafasan segitiga, sebagai latihan pernafasan kesehatan dan tenaga dalam. Sebisa mungkin, setiap hari selama 10 menit, pagi hari jam 04.00-06.00 atau sore jam 16.00-18.00. Intinya adalah ambil sikap yang enak dengan posisi badan tegak, bisa sambil bersila. Lalu hisap nafas sepelan mungkin melalui hidung, dan buang kembali juga dengan sepelan mungkin melalui hidung (pernafasan linier). Jika sudah terbiasa, coba lakukan pernafasan segitiga (tarik-tahan-buang) dengan jeda waktu yang sama dan cara yang sama dengan pernafasan linier. Otot anus sedikit ditarik ketika menarik dan menahan nafas, dan direlaksasikan kembali ketika membuang nafas., Dengan ini anda sudah melatih kesehatan jantung, paru dan anus sekaligus. Yang harus diperhatikan :

  • Jangan memaksakan menarik nafas terlalu panjang. Ambil nafas sekuat kita saja.
  • Lakukan paling baik pada pagi hari (dan jangan malam hari ketika sudah lebih banyak CO2) untuk medapatkan oksigen dari udara secara maksimal.
  • Lakukan pernafasan di ruang udara bersih, jangan yang terpolusi.

Makan pedas mungkin boleh, tetapi jangan terlalu pedas dan terlalu sering. Pengamatan saya, makan terlalu pedas dan terlalu sering lama kelamaan akan merangsang sakit perut/diare dan otot usus besar akan didorong untuk mengeluarkan segera feses yang lunak karena diare tersebut.

Kalau kurang serat dari buah dan sayur jelas sudah umum ilmunya. Serat dari buah dan sayur berfungsi untuk mengatur kadar air dalam feses dan membuat teksturnya lebih lunak dan mudah dikeluarkan.

Konsep terakhirlah yang agak membuat saya kaget. Menurut dokter tersebut, buah dan daun pepaya baik untuk tubuh (termasuk merangsang pub), tetapi ternyata alkaloid papain-nya dalam jangka panjang merusak struktur otot usus besar. Jadi akan memicu wasir. Problemnya, daun pepaya sangat baik sebagai anti tumor dan kanker. Hmmm, jadi anti tumor dan kanker alami masih bisa diganti dari buah paria atau pare saja.

Kemudian, model pengobatannya sekarang sebenarnya tak ada lagi yang disarankan, kecuali memperbaiki pola hidup dan operasi. Obat suppositoria (yang dimasukkan lewat anus) ternyata kurang membantu, malah jangka panjang membuat otot usus besar juga rusak. Sementara obat oles seperti yang ditawarkan di TV ternyata hanya membuat kempes sebentar, tetapi kemudian akan kembali kambuh (padahal, biayanya jutaan rupiah).

Nah, konsep sekarang adalah dengan operasi yang disebut: Injeksi, Legasi dan Sfingterektomi. Prinsip oeprasinya adalah menyuntik daerah benjolan dengan obat, mengembalikannya ke bagian dalam usus, lalu menjahitnya ke tepi luar pintu anus. Jika saluran anus kurang besar, maka akan dibuat sayatan di lipatan kulit luar untuk memperbesarnya, dan dijahit juga. Setelah itu pasien akan diminta merendam daerah pantat dan anus dengan air hangat dan larutan PK (KMnO4) selama 3 minggu dengan diet makanan tanpa daging dan ikan. Juga tidak boleh bersepeda, mengendarai mobil atau motor terlebih melewati jalan yang bergelombang selama 3 minggu untuk membuat wasir sembuh sempurna dan tak akan kambuh lagi…

Oke selamat menjalani hidup sehat untuk usus besar. Sedapat mungkin jangan sakit wasir, karena sungguh membuat hidup tak enak, sakit menderita pasca operasi, dan produkstifitas jadi terganggu. Jangankan mikir pekerjaan, merasakan daerah anus yang sakit dan ngilu saja sudah membuat stres….

Salam anti wasir….

Drg. T.A. Tatag Utomo, MM., ASM / kppsm.com

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu