dalam kategori | Pola Hidup

Usia Harapan Hidup masyarakat dunia

Usia Harapan Hidup masyarakat dunia

Panjang umur merupakan suatu harapan yang paling sering diucapkan dalam perayaan ulang tahun. Tak cukup hanya berharap, umur panjang harus diwujudkan dengan pola hidup sehat seperti yang diterapkan di beberapa negara seperti Makau dan Israel.

Pola hidup sehat yang paling banyak diterapkan adalah diet rendah lemak dan kalori, seperti di Spanyol dan Swiss. Mengurangi tingkat stres juga merupakan langkah bijak untuk menjaga kesehatan, seperti yang diterapkan di Australia dan Islandia.

Selengkapnya, ini dia kebiasaan-kebiasaan baik yang patut dicontoh dari negara-negara dengan usia harapan hidup paling tinggi, seperti dikutip dari The Sun.

Makau (harapan hidup: 81 tahun)
Ekonomi yang kuat merupakan rahasia umur panjang di Makau, yang mendapatkan banyak devisa dari industri pariwisatanya. Kesejahteraan yang tinggi membuat warganya lebih mampu mengakses layanan kesehatan.

Islandia (harapan hidup: 82,5 tahun)
Aturan ketenagakerjaan di negara ini memberikan jeda istirahat siang yang cukup lama, sehingga level stres para karyawan relatif rendah. Masyarakat di negara ini juga memiliki tradisi mengonsumsi rumput laut kering yang dikatakan mampu mengurangi penyerapan lemak hingga 75 persen.

Swiss (harapan hidup: 82,5 tahun)
Rahasia umur panjang para lansia di Swiss adalah kebiasaan makan roti gandum, yang memiliki indeks glukosa rendah sehingga perut tidak cepat merasa lapar. Jenis makanan lain yang cukup populer di Swiss adalah cokelat hitam yang kaya akan antioksidan sehingga bisa memperlambat proses penuaan.

Australia (harapan hidup: 82 tahun)
Di negara ini, para karyawan jarang diharuskan kerja lembur sehingga punya lebih banyak waktu untuk beristirahat di rumah. Pada jam istirahat, para pekerja lebih sering makan siang di luar sehingga mendapatkan lebih banyak manfaat dari sinar matahari.

Prancis (harapan hidup: 82 tahun)
Tingginya usia harapan hidup di Prancis salah satunya dipicu oleh besarnya anggaran pengobatan kanker yang mencapai Rp 13 triliun/tahun. Dengan anggaran sebesar itu, tingkat kesembuhan kanker di Prancis termasuk salah satu yang terbaik di dunia. Rahasia lainnya adalah pola makan yang banyak dibumbui bawang, sehingga mengurangi risiko diabetes dan penggumpalan darah.

Jepang (harapan hidup 83,5 tahun)
Rahasia umur panjang orang Jepang salah satunya adalah sake hangat, sejenis minuman beralkohol yang diklaim bisa melancarkan peredaran darah. Beras fermentasi khas Jepang, Miso juga baik untuk kesehatan karena banyak mengandung mineral terutama zink.

Swedia (harapan hidup: 82 tahun)
Para pelayan bar di negara ini umumnya terlatih untuk mendeteksi pengunjung yang mulai mabuk karena kebanyakan minum. Sebelum ada yang keracunan, para pelayan dapat membatasi pesanan alkohol sehingga tidak banyak korban tewas karena overdosis.

Spanyol (harapan hidup: 82 tahun)
Diet mediterania yang didominasi oleh minyak zaitun, sayur dan buah-buahan merupakan kunci sehat warga Spanyol. Asupan lemak yang sangat dibatasi dapat mengurangi berbagai risiko penyakit seperti asma, alergi, serangan jantung dan pikun.

Israel (harapan hidup 81 tahun)
Produk-produk olahan berbahan susu merupakan menu utama warga Israel untuk sarapan pagi. Keju rendah lemak adalah sumber protein yang sehat, bisa mencegah beberapa jenis kanker mematikan terutama yang dipicu oleh lemak.

Daftar negara-negara diatas masuk kedalam daftar 20 negara dengan angka harapan hidup tertinggi yang dilansir Central Intelligence Agency dalam situsnya (dapat dilihat disini).  Bagaimana dengan Indonesia?

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat
ads

Rubrikasi

Fitzania Follows

depkes palmer puspromkes who-id who-id bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu