dalam kategori | Penyakit

Untuk Flu: Zinc lebih baik daripada antibiotik

Untuk Flu: Zinc lebih baik daripada antibiotik

Suplemen mengandung zinc terbukti dapat mengurangi keparahan gejala flu. Penemuan baru ini dipublikasikan dalam The Cochrane Library yang melakukan review atas bukti terbaru tentang obat-obatan.

Para peneliti menganalisis data dari 15 percobaan yang melibatkan 1.360 peserta. Hasilnya mereka menyimpulkan bahwa konsumsi suplemen yang mengandung zinc dalam berbagai bentuk seperti sirup, permen atau tablet dalam satu hari menimbulkan efek penyembuhan yang baik untuk gejala flu. Ini terlihat dari berkurangnya keparahan dan lamanya penyakit.

Zinc juga dilihat lebih baik daripada antibiotik untuk mengurangi gejala flu. Sebab antibiotik tidak efektif terhadap virus flu dan pilek. Sebaliknya, antibiotik malah membuat bakteri atau virus resisten sehingga penyakit lebih lama sembuh.

“Ini memperkuat bukti bahwa zinc efektif sebagai pengobatan untuk flu biasa” jelas pemimpin penelitian Dr Meenu Singh, dari Institut Pascasarjana Kedokteran Pendidikan dan Penelitian, di Chandigarh, India.

Walau demikian Singh menjelaskan akan sulitnya membuat rekomendasi umum dari hasil penelitiannya itu. “Sebab kita belum tahu dosis yang tepat untuk itu” tambahnya. Zinc dikenal sebagai zat yang penting untuk sistem kekebalan tubuh, dan defisiensinya dapat membuat kita kebal terhadap infeksi.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu