dalam kategori | Layanan Kesehatan

Transplantasi ginjal kini dapat dilakukan di Indonesia

Transplantasi ginjal kini dapat dilakukan di Indonesia

Transplantasi ginjal merupakan pilihan utama untuk pengobatan bagi pasien gagal ginjal kronik. Namun, pusat transplantasi ginjal di Indonesia masih sangat terbatas, karena belum lengkapnya fasilitas yang dimiliki oleh rumah sakit dan SDM yang belum terlatih.

Demikianlah yang disampaikan Direktur Bina Upaya Kesehatan Rujukan, dr. Chairul Radjab Nasution, Sp.PD, KGEH, FINASIM, FACP, M.Kes saat pembukaan Workshop Peningkatan Pusat-Pusat Transplantasi Ginjal di Indonesia.

Sebagai pelayanan dengan biaya mahal, transplantasi ginjal dan hemodialisis diharapkan masuk dalam manfaat paket jaminan kesehatan BPJS, termasuk obat dan bahan medis habis pakai sesuai dengan kebutuhan medis yang diperlukan.

dr. Chairul Radjab menyampaikan selain memperjuangkan paket manfaat tersebut, hal lain diupayakan dengan memperluas jaringan pusat transplantasi ginjal di beberapa wilayah Indonesia yang dapat menjadi percontohan dan rujukan bagi rumah sakit lain di Indonesia.

Perluasan jaringan tersebut, diantaranya RSCM Jakarta, RSUP Fatmawati Jakarta, RS Cikini Jakarta, RSPAD Gatot Subroto Jakarta, RSHS Bandung, RSUP dr. Kariadi Semarang, RSUP dr. Sardjito Yogyakarta, RS Panti Rapih Yogyakarta, RS Akademik UGM Yogyakarta, RSUD dr. Soetomo Surabaya, RSUD Malang, RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, RSUD Margono Soekarjo Banyumas Purwokerto, RSUD Moewardi Solo, RSUP H. Adam Malik Medan, RSUP dr. Moh. Hoesin Palembang, RSUP dr. Djamil Padang, RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, RSUP Prof. Dr. Kandou Manado dan RSUP Sanglah Denpasar.

Gangguan fungsi ginjal menjadi permasalahan utama kesehatan masyarakat Indonesia. Diperkirakan 25 juta penduduk Indonesia mengalami gangguan fungsi ginjal karena hipertensi dan diabetes. Saat ini dari 70.000 kasus ginjal tahap akhir di Indonesia, 10% diantaranya menjalani hemodialisa dan sampai tahun 2010 baru sekitar 600 kasus yang menjalani transplantasi ginjal.

Antrian pasien transplantasi ginjal nenunggu donor

Saat ini di RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) masih ada 8 anak yang sedang menjalani cuci darah dan butuh transplantasi ginjal. Sayangnya, sebagian besar pasien anak itu merupakan penerima bantuan Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat). Anak-anak itu kini masih menunggu bantuan dana dan pendonor ginjal.

Keberhasilan operasi transplantasi ginjal anak di RSCM untuk pertama kalinya di Indonesia ternyata menambah semangat para dokter ginjal untuk kembali melakukan transplantasi ginjal.

Hal ini diungkapkan oleh Prof. Dr. Taralan Tambunan, SpA dpjp selaku dokter transplantasi ginjal anak usai jumpa pers di RSCM Kirana, seperti ditulis Selasa.

“Calon potensial banyak sekali. Pasien saya ada yang berusia 1,5 tahun mengalami gagal ginjal. Namun kebanyakan pasien tidak memiliki biaya sehingga sangat tergantung Jamkesmas,” kata Taralan.

Memang biaya gagal ginjal kronos (Chronic Kidney Disease/CKD) ditanggung pemerintah, tapi jumlahnya masih terbatas. “Pemerintah hanya menanggung 2 kali cuci darah, itu pun dilihat kondisinya”.

“Idealnya pasien mendapatkan cuci darah tiga kali. Tapi, pemerintah sudah membayar dua kali saja sudah cukup hebat karena biaya yang dikeluarkan tidak murah,” jelasnya.

Profesor Taralan menayampaikan kalau biaya yang harus dikeluarkan pasien untuk cuci darah rutin bisa menghabiskan Rp 7-10 juta per bulan. Padahal, seseorang harus menjalankan cuci darah seumur hidupnya dengan rata-rata minimal 8 kali sebulan. “Itu baru dialisisnya, belum obat-obatan dan biaya berobat”.

Sementara itu jika pasien memutuskan untuk melakukan transplantasi ginjal, dana yang harus dikeluarkan sekitar Rp 350-400 juta.

Menjadi donor transplantasi Ginjal

Hampir setiap orang dapat menjadi donor ginjal. Anda harus berumur minimal 18 tahun dan dalam keadaan sehat. Anda tidak boleh memiliki penyakit lain seperti kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit arteri koroner, atau gagal jantung. Kebanyakan donor berusia lebih muda dari 60 tahun. Pendonor dan penerima ginjal harus memiliki golongan darah yang cocok.

Jika Anda memutuskan untuk menjadi donor ginjal, sampel darah Anda akan diambil untuk diuji, termasuk golongan darah Anda dan informasi genetik lainnya (tipe HLA) untuk melihat seberapa baik kecocokan Anda dengan penerima. Uji ini akan diulangi 7 sampai 10 hari sebelum operasi jika Anda memutuskan untuk menjadi donor.

Setelah Anda memutuskan untuk menjadi donor ginjal dan kecocokan Anda dengan penerima sudah diketahui, maka Anda akan dievaluasi oleh dokter, biasanya nephrologist ( dokter yang mengkhususkan diri dalam diagnosis dan pengobatan penyakit ginjal dan sistem saluran kemih, seperti radang ginjal, penyakit ginjal kronis, atau kanker). Evaluasi Anda akan dimulai dengan sejarah medis dan pemeriksaan fisik. Anda akan melakukan serangkaian tes laboratorium untuk memeriksa fungsi ginjal, termasuk pemeriksaan kimia, urinalisis, dan tes urin untuk protein. Anda mungkin juga melakukan CT scan ginjal untuk mengevaluasi ginjal, saluran kemih, dan struktur lainnya di panggul Anda.

Apa Saja yang Terjadi Dalam Operasi Transplantasi Ginjal?

Anda akan diberikan anestesi umum sebelum operasi Anda. Sampai belakangan ini, pemindahan sebuah ginjal memerlukan sayatan sekitar 8 inci (20,3 cm) sampai 9 inci (22,9 cm) pada satu sisi tubuh (panggul). Sekarang ini, laparoskopi biasanya digunakan untuk memindahkan ginjal donor. Keuntungan dari pemindahan ginjal dengan laparoskopi termasuk rasa sakit yang lebih sedikit, rawat inap lebih pendek, lebih cepat pulih untuk melakukan aktivitas normal, dan bekas luka yang lebih kecil dan kurang terlihat.

Apa Saja Risiko Menjadi Donor Ginjal?

Menyumbangkan ginjal tidak menyebabkan peningkatan masalah kesehatan lain pada pendonor. Donor organ terus dipelajari dengan seksama oleh banyak peneliti. Risiko kematian setelah menyumbangkan ginjal sangat jarang terjadi.

Apa Saja Keterbatasan yang Saya Alami Setelah Menyumbangkan Ginjal?

Menyumbangkan ginjal tidak akan menimbulkan keterbatasan dalam aktivitas normal Anda sehari-hari. Setelah pulih dari operasi, Anda akan dapat melanjutkan semua aktivitas normal Anda, termasuk berolahraga dan berpartisipasi dalam olahraga.

Menyumbangkan ginjal tidak akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk hamil, mengandung anak sampai kelahiran, atau menjadi seorang ayah.

* Lihat runtun pelaksanaan transplantasi ginjal di link ini >>
(artikel berbahasa Inggris dari CBS News, tampilan gambar mungkin akan mengganggu kenyamanan)

16 respon to “Transplantasi ginjal kini dapat dilakukan di Indonesia”

  1. ####################################
    (RALAT) mohon maaf sblmya sya mau donor ginjal gol darah AB+ domisili malang 34 thn hp 081 333 851 444
    ##################################################################
    (RALAT) mohon maaf sblmya sya mau donor ginjal gol darah AB+ domisili malang 34 thn hp 081 333 851 444
    ##################################################################
    (RALAT) mohon maaf sblmya sya mau donor ginjal gol darah AB+ domisili malang 34 thn hp 081 333 851 444
    ##############################

  2. sari says:

    saya mau mendonorkan ginjal saya
    harga 50 juta
    saya butuh uang cepat untuk biaya sekolah
    minat pm di fb saya
    ini email fb saya
    sari.deean@yahoo.com

  3. aan says:

    teman saya mau mendonorkan ginjal,golongan darah O. umur 25thn. bagi yg serius!!! silahkan hub 085743811589 diutamakan sms dulu sblm call.

  4. Anung Wakhid says:

    Terimakasih untuk sharingnya yaa… 🙂

  5. Tria Kesuma says:

    Saya Wanita brusia 33 Thn. Saya mempunyai golongan darah O. Saya tidak memiliki pnyakit kronis apapun dalam artian saya sehat. Saya ingin mndonorkn ginjal saya krn saya membutuhkn sejumlah uang. Tetapi saya tidak menetapkn harga utk ginjal saya, jika mmg ginjal saya dbutuhkn dapat mnguhubgi saya mlalui no handphone 082183862312 atau alamat email saya triakesuma@gmail.com utk brnegosiasi scra kekeluargaan. Terima Kasih

  6. Kiky says:

    Wanita sehat 26 tahun golongan darah O, bagi yang membutuhkan harap menghubungi di 08111993820

  7. ria says:

    Saya wanita berusia 28thn,,
    Sya ingin mendonorkan gijal sya
    Krena butuh biaya,,
    Butuh cepat area surabaya,!
    Hub: 088217335240

  8. Aris says:

    Jika ada yang membutuhkan donor ginjal dengan golongan darah O+ saya bersedia mendonorkannya silakan hubungi saya 081903041917

  9. limah says:

    Saya wanita,umur 24,darah O,asal karawang,saya mhon kasiani saya tolong saya,saya kebelit utang 325jt,saya d kasi waktu sblm lebaran idul pitri,kalau g membayar nya keluarga saya masuk penjara,tolong minati gnjal saya,respon status saya secepat mungkin karna semua nya mendesak,hubungi no hp 085694650977

  10. Dony Handoko says:

    saya bersedia untuk mendonorkan ginjal saya dengan kompensasi di musyawarahkan. golongan darah saya B. domisili di Bandar lampung. hp. 082307339384

  11. syams arif says:

    saya laki-laki berusia 28 tahun, golongan darah O. saya bersedia donor untuk bayar hutang keluarga 400 juta. Saya mohon yang berminat hubungi 082187123348. saya siap donor meski mati taruhannya, asalkan anak dan istri saya tidak terlibat masalah. domisili makassar 082187123348

  12. bella says:

    usia : 19
    golda: b
    domisli: semarang
    lagi butuh dana banyak dalam waktu cepat. mohon bantuannya.
    no: 08973787775.
    silahkan hubungi nmer tersebut

  13. jojo says:

    Saya bersedia mendonorkan ginjal,
    Pria gol darah O ,usia 24thn,sehat jasmani,tdk ada riwayat penyakit,no drugs,smooking & alcohol.
    Jika ada yg membutuhkan,segera hub.08997610675

  14. robby says:

    siap donor ginjal gol darah AB+,
    pendonor darah tetap PMI.
    seluruh indonesia siap.

    hub 0856 5100 9150

  15. Harian Sehat says:

    terimakasih atas informasinya, meskipun sekarang program transplantasi ginjal sudah ada semoga ginjal kita tetap sehat. Salam sehat..

  16. InKreatif says:

    Semakin perkembangan zaman, teknologi dalam transplantasi ginjal pun semakin modern



Trackbacks/Pingbacks


Komentar Anda

Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.
* = required field

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat
ads

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu