dalam kategori | Featured, Pola Hidup

Tingkatkan Jumlah Sperma cara alami untuk kesuburan

Tingkatkan Jumlah Sperma cara alami untuk kesuburan

Kondisi jumlah sperma sedikit saat ejakulasi disebut juga dengan oligospermia, dan kondisi ini bisa menjadi faktor risiko utama infertilitas atau impotensi. Oligospermia terjadi bila jumlah sperma pria kurang dari 20 juta/ml .

“Dalam setiap 1 ml air mani seharusnya terdapat ada 20 juta sperma. Atau jumlah sperma minimal untuk pria subur adalah 40 juta sperma dimana 75 persennya harus hidup,” jelas DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG, Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi di RS Puri Indah dalam konsultasi kesehatan detikHealth.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan oligospermia, seperti penggunaan obat-obatan tertentu, perubahan hormonal, penggunaan alkohol, suhu tinggi pada daerah kelamin dan demam parah.

Oligospermia juga kerap dikaitkan dengan berat badan seorang pria. Baik terlalu gemuk atau terlalu kurus dapat mempengaruhi jumlah sperma, namun berat badan belum terbukti mempengaruhi baik motilitas (kemampuan gerak sperma) maupun bentuk sperma. Tubuh yang kurus diyakini mempengaruhi sperma karena terkait dengan ketidakseimbangan hormon serta kekurangnya gizi.

Kelebihan berat badan di sisi lain bisa menyebabkan oligospermia karena kelebihan lemak menyebabkan hormon testosteron laki-laki terkonversi menjadi estrogen, yang dapat meminimalkan stimulasi pada testis. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa kadar testosteron pada pria yang mengalami obesitas lebih rendah dari laki-laki dengan berat badan normal.

Berikut beberapa herbal yang dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria oligospermia, seperti dilansir Healthmad:

1. Bawang merah
Bawang merah adalah salah satu solusi alami penting untuk mengobati oligospermia. Bawang merah adalah makanan afrodisiak kuat yang dapat mempromosikan fungsi organ reproduksi yang lebih baik. Pasien dengan oligospermia disarankan untuk memasukkan bawang merah dalam menu harian diet mereka untuk mengurangi risiko ketidaksuburan.

2. Bawang putih
Bawang putih merupakan obat alami yang digunakan untuk pengobatan oligospermia. Ini adalah afrodisiak yang disarankan untuk perbaikan dan pengobatan oligospermia.

3. Ladyfinger atau okra
Ladyfinger atau okra merupakan obat alami yang umum digunakan untuk kondisi oligospermia. Ekstrak akar okra biasanya tersedia di pasar untuk keperluan pengobatan. Bubuk ekstrak akar ini yang dicampur dengan secangkir susu bisa membantu dalam meningkatkan kesuburan.

4. Akar asparagus
Konsentrasi tinggi dari zinc (seng) dan besi dalam akar asparagus adalah salah satu obat terbaik untuk oligospermia. Spermatogenik yang diperkaya dengan ekstrak akar asparagus membantu dalam menyembuhkan impotensi. Pasien dengan oligospermia sering dianjurkan mengonsumi akar asparagus ekstrak dua kali sehari untuk hasil yang baik.

5. Kismis hitam
Kismis hitam juga merupakan obat herbal yang digunakan untuk pengobatan oligospermia. Setelah dicuci dalam air panas, kismis hitam disarankan direbus dengan susu. Pasien disarankan untuk minum secangkir susu panas setelah mengkonsumsi kismis ini.

Selain terapi, pria dengan oligospermia juga wajib memperhatikan asupan gizi harian. Makan makanan segar (unprocessed) dan pasokan vitamin serta mineral dapat mengoptimalisasi produksi dan kebugaran sperma. Berikut adalah panduan pemilihan makanan sehat berdasarkan kandungan vitaminnya, dikutip dari livestrong.com:

Makanan dengan kandungan Vitamin A

Menurut Heidi Murkoff dalam bukunya  “What to Expect Before You’re Expecting,” kekurangan vitamin A sangat berhubungan dengan rendahnya jumlah dan motilitas sperma. Oleh karenanya asupan makanan dengan kandungan vitamin A yang tinggi, seperti cabe merah, wortel, kentang manis, aprikot dan oatmeal, dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Makanan tinggi kandungan Zinc

Zinc mengangkat tingkat testosteron dan karenanya penting bagi kesehatan reproduksi pria. Zinc juga membantu menjaga struktur DNA dan materi genetis lain yang penting untuk pembuahan. Menurut Murkoff, kerang telah lama terkenal sebagai pembangkit libido pria, karena mengandung banyak zinc. Biji labu juga mengandung banyak zinc, karenanya baik juga untuk dikonsumsi.

Makanan dengan kandungan Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang baik, yang dapat meningkatkan motilitas serta umur sperma. Sayuran hijau, brokoli, jeruk, buah berry, cabe merah, dan kentang manis, adalah asupan yang disarankan karena tinggi kandungan vitamin C.

Makanan tinggi kandungan Vitamin E

Vitamin E, yang terdapat dalam biji-bijian, kacang-kacangan, minyak sayur, tomat dan bayam dapat meningkatkan jumlah sperma dengan membantu kelenjar endokrin berfungsi lebih baik, ungkap MayoClinic.com. Sebagai antioksidan, vitamin E juga dapat melindungi sperma terhadap kerusakan yang terjadi akibat radikal bebas.

Makanan tinggi kandungan Selenium

Menurut Holistik Online, Selenium membantu tubuh Anda menghasilkan testosteron dan meningkatkan motilitas sperma. Hampir separuh pasokan selenium pada tubuh pria terkonsentrasi di testis dan saluran mani. Makan kacang-kacangan, kedelai, gandum, beras, jagung dan kacang Brazil untuk mendapatkan asupan selenium dalam diet Anda.

Makanan dengan kandungan Omega-3

Menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2000 dalam jurnal”Prostaglandins, Leukotrienes, and Essential Fatty Acids,”  perawatan dengan asam lemak esensial meningkat konsentrasi sperma pada pria oligozoospermic. Sehingga mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega 3, seperti salmon, makarel, sarden dan biji rami, dapat membantu meningkatkan jumlah sperma. Suplemen minyak ikan juga dapat dikonsumsi.

Satu respon to “Tingkatkan Jumlah Sperma cara alami untuk kesuburan”

  1. Rumput kebar dari Papua dapat juga meningkatkan kesuburan kaum wanita, selamat mencoba semoga lekas mendapatkan momongan amin.



Trackbacks/Pingbacks


Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu