dalam kategori | Pola Hidup

Tidur yang berkualitas dan bermanfaat kesehatan

Tidur yang berkualitas dan bermanfaat kesehatan

Sepertiga dari kehidupan manusia dilewatkan dengan tidur, waktu/ jam tidur manusia tsb berhubungan dengan kualitas hidup dan keberadaannya. WHO menetapkan “tidur nyenyak” merupakan salah satu standar dari kesehatan manusia, dimulai sejak tahun 2001, setiap tahun pada tanggal 21 Maret ditetapkan sebagai “Hari Tidur Sedunia”.

Baik buruknya tidur, tidaklah selalu berdasarkan jam tidur yang panjang atau singkat; hanya saja jika benar-benar tidur nyenyak, sel pallium bisa memulihkan rasa lelah, saat bangun maka akan merasa lebih nyaman, tenaga dan semangat pulih kembali, dengan demikian dikatakan kualitas tidur baik. Dengan pola hidup zaman sekarang dimana segalanya serba terburu-buru dan juga tekanan yang semakin bertambah, tingkat stress yang tinggi menyebabkan waktu tidur menjadi berkurang, insomnia pun menjadi satu masalah bagi zaman sekarang.

Kekurangan tidur juga membuat gairah seks berkurang. Pria yang sehat namun tidak dapat tidur selama dua hari berturut-turut akan menurun jumlah testosteronnya. Setelah ia dapat tidur nyenyak, jumlah testosteron kembali normal. Kekurangan testosteron dapat menyebabkan gairah seksual berkurang. Setiap orang memiliki kebutuhan istirahat yang lamanya berbeda-beda. Ada yang merasa cukup fit dengan tidur 4–5 jam sehari, ada yang baru merasa fit setelah tidur selama 8 jam sehari. Beberapa dermatologis berpendapat, sel-sel kulit baru tumbuh lebih cepat pada waktu Anda tidur.

Studi menunjukkan dimana setelah kita bangun dari tidur yang cukup, otak kita kembali berfungsi dengan sangat baik. Pencapaian persetujuan, pengertian /pemahaman segala jenis masalah biasanya dapat diselesaikan dengan sukses apabila dilakukan pada pagi hari dibanding pada di waktu malam hari. Pertumbuhan hormon penting untuk meningkatkan kualitas, ukuran dan efisiensi otak, juga meningkatkan pengangkutan asam amino dari darah ke otak, yang memungkinkan sel urat syaraf untuk dapat memiliki pengetahuan yang permanen dan berguna. Kebanyakan dari pertumbuhan hormon diproduksi pada saat kita tidur dengan tenang (tanpa beban).

Salah satu hormon yang penting lainnya adolah Kortisol, dimana waktu produksi tertingginya adalah dari waktu tengah malam hingga di waktu pagi (pagi-pagi sekali). Kortisol memainkan peranan yang besar dalam membantu kita menghadapi stress/tekanan yang kita hadapi setiap hari, mengurangi rasa penat dan peradangan. Bila manusia tidur terlambat, mereka membatasi kemampuan tubuh untuk menangani segala kegiatan dan mengurangi tenaga dan vitalitas pada keesokan harinya.

Tips untuk meraih tidur berkualitas dan bermanfaat bagi kesehatan:

  1. Cobalah naik ke tempat tidur pada waktu yang sama setiap hari agar Anda bisa tidur nyenyak dengan rutin.
  2. Hindari minum kopi pada sore dan malam hari (teh dan cokelat juga mengandung kafein).
  3. Mandi air hangat yang dicampur beberapa tetes essential oil kayu cendana dan bunga lavender dapat membantu Anda tidur nyenyak.
  4. Pada siang atau sore hari usahakan jangan tidur sehingga pada malam hari kita akan mengantuk dengan lebih cepat
  5. Anda bisa mencoba dengan mendengarkan lantunan musik yang Anda sukai, atau bila perlu dengan mendengarkan lagu-lagu klasik dan instrumental
  6. Berolah raga secara teratur

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu