dalam kategori | Pola Hidup

Tidur sehat tanpa busana

Tidur sehat tanpa busana

Tidur adalah proses yang sangat penting bagi tubuh. Saat kita terlelap, semua proses perbaikan tubuh terjadi. Peneliti menyarankan Anda menggunakan pakaian longgar atau bahkan tidak mengenakan busana sama sekali, sehingga dapat mempercepat kinerja tubuh dalam proses perbaikan.

Untuk kesehatan payudara

Bagi wanita, lebih baik bra Anda dilepas saat Anda tidur. Wanita yang ingin menghindari kanker payudara harus mengenakan bra dalam waktu sesingkat mungkin dan sebaiknya kurang dari 12 jam per hari. “Waktu terbaik untuk beristirahat bagi payudara adalah saat tidur tanpa bra. Jangan pernah tidur dengan bra, “kata Soma Grismaijer peneliti Australia.

Menggunakan bra terlalu lama dapat meningkatkan suhu jaringan payudara,sehingga meningkatkan hormon prolaktin (hormon yang berfungsi untuk merangsang kelenjar susu) lebih tinggi. Hal ini dapat mempengaruhi pembentukan kanker payudara. Selain itu, dengan menggunakan bra seringkali atau memakai bra yang terlalu ketat sangat berbahaya bagi kesehatan karena juga dapat membatasi aliran getah bening pada payudara. Biasanya, cairan getah bening mencuci bahan limbah dan racun lainnya, dan juga menghapusnya dari payudara.

Untuk kesehatan testis

Sementara itu, bagi Kaum Adam harus menggunakan pakaian longgar atau tidak berbusana sama sekali. Hal ini untuk memberikan kesempatan bagi testis untuk mengurangi temperatur yang akan tetap menjaga kualitas sperma. Organ reproduksi jantan di luar tubuh, sehingga sangat dipengaruhi oleh kondisi dan pakaian di sekitarnya. Jika seorang pria memakai celana ketat atau pakaian terlalu lama, dapat meningkatkan suhu di sekitar organ reproduksi dan tentunya akan mempengaruhi produksi sperma.

Testis tidak dapat berfungsi dengan baik kecuali suhu dingin dari bagian tubuh lainnya. Jika suhu testis dinaikkan sampai 98 derajat F (36,67 derajat C), itu akan berhenti memproduksi sperma. Ketika produksi terganggu, maka dampak negatif dapat berlangsung selama berbulan-bulan. Hal ini dapat menurunkan jumlah sperma, sehingga sperma mati dan mempengaruhi morfologi sperma sendiri.

Tidur lebih nyenyak

Busana yang Anda kenakan saat tidur memang akan membuat Anda merasa lebih hangat. Namun, Lisa Shives, MD, anggota direksi National Sleep Foundation mengungkapkan bahwa saat tidur, suhu tubuh akan menurun tajam. Kondisi inilah yang membuat tidur Anda akan lebih nyenyak dan pulas. Menggunakan pakaian dan selimut yang terlalu tebal akan menghambat penurunan suhu tubuh. “Tidur tanpa busana akan membantu tubuh Anda tetap dingin, sehingga tidur akan jadi lebih nyenyak,” ungkapnya.

Lebih awet muda

Ingin tampil cantik dan terlihat awet muda? Sesekali cobalah untuk tidur tanpa busana. Natasha Turner, penulis buku The Diet Hormone mengungkapkan, menjaga tubuh tetap hangat saat tidur malam akan mengganggu pelepasan melatonin (hormon untuk mengenali jam tidur biologis) dan hormon pertumbuhan sel (hormon antipenuaan). Ketika kedua hormon ini terhambat, tidur tidak akan nyenyak dan sel kulit tidak akan mengalami regenerasi.

“Ketika suhu tubuh mulai turun, maka hormon antiaging ini akan dilepaskan, sehingga membuat Anda tampil lebih segar dan awet muda,” jelasnya. Selain membuat Anda lebih awet muda, hormon ini juga akan membuat rambut Anda terlihat lebih indah.

Menurunkan berat badan

Ketika tidur tanpa busana, Anda akan merasa tidur yang lebih nyenyak. Hal ini akan membuat otak Anda mengurangi produksi hormon kortisol (hormon stres) saat tidur. Pengurangan produksi kortisol akan diiringi dengan penurunan rasa kelaparan saat bangun pagi. “Jika tidur Anda terganggu, hormon kortisol akan terlalu tinggi, dan ini menyebabkan Anda merasa sangat kelaparan saat bangun pagi. Terkadang rasa lapar ini akan membuat Anda ngemil tengah malam, atau makan berlebihan saat bangun pagi.

Lebih percaya diri

Tidur tanpa busana ternyata juga bisa membuat Anda jadi lebih percaya diri. “Anda bisa merasakan lembutnya seprai dan kesejukan udara, yang akhirnya dapat meningkatkan perasaan seksi Anda. Merasa diri seksi akan membantu Anda untuk meningkatkan kepercayaan diri,” ungkap Jennifer Landa, MD, penulis buku The Sex Drive Solution for Women.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu