dalam kategori | Featured, Penyakit

Tentang Gout / Asam urat

Tentang Gout / Asam urat

Dulu penyakit asam urat dikenal sebagai penyakitnya raja-raja karena biasanya mereka makan yang enak-enak, minum wine dan tidak banyak bergerak. Tetapi sekarang sudah tidak berlaku lagi, karena sekarang asam urat bisa menyerang siapa saja kaya maupun miskin, tua maupun muda. Bahkan di Indonesia penderita asam urat dimulai pada usia yang lebih muda dibandingkan dengan negara barat. Umur 30an.

Sebenarnya apa itu penyakit asam urat/gout arthritis? Penyakit asam urat terjadi karena adanya gangguan metabolisme tubuh di mana asam urat (uric acid) menumpuk pada jaringan tubuh. Apa itu uric acid/asam urat? Uric acid adalah zat akhir metabolisme purin di dalam tubuh. Dalam keadaan normal, uric acid ini ikut terbuang melalui urin atau saluran ginjal.

Tetapi pada penderita asam urat, terdapat penumpukan kristal2 asam urat pada daerah persendian sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Biasanya serangan asam urat timbul secara mendadak (kebanyakan pada malam hari). Serangan pertama umumnya terjadi pada pangkal ibu jari kaki (75%). Namun bisa juga terjadi pada sendi lainnya seperti jari tangan, lutut, tumit, siku, pergelangan tangan, dll.

Jika asam urat menyerang, biasanya sendi yang terserang kulitnya terasa panas, tampak merah, bengkak, mengkilat dan sulit digerakkan atau kaku. Selain itu badan juga demam, sakit kepala, nafsu makan berkurang dan jantung berdebar.

Ada 4 tahap berkembangnya penyakit asam urat.

Tahap 1 ASIMTOMATIK

Pada tahap ini, seseorang sudah mempunyai kadar asam urat yang tinggi dalam darah tetapi tidak timbul gejala.

Tahap 2 AKUT

Pada tahap ini, kristal asam urat sudah ada di sendi. Oleh karena itu terjadi serangan pertama secara mendadak yang menyebabkan rasa sakit yang hebat dan bengkak pada sendi. Biasanya serangan berlalu dalam 3 s/d 10 hari bahkan tanpa pengobatan. Dan serangan berikutnya bisa kembali lagi dalam waktu yang tidak tentu, bisa 6 bulan sampai 2 tahun.

Tahap 3 INTERVAL ATAU INTERKRITIKAL

Pada tahap ini seseorang tidak mempunyai gejala, bahkan banyak yang mengira sudah sembuh tetapi sayangnya selalu timbul kembali (kambuh).

Tahap 4 KRONIS

Jika asam urat tidak dirawat dengan baik, akhirnya akan menjadi kronis. Ini biasanya terjadi dalam waktu yang lama. Pada saat ini mungkin penyakit sudah menyebabkan kerusakan pada persendian yang kena. Pada kondisi ini rasa nyeri timbul secara terus menerus serta terdapat juga timbunan kristal asam urat yang terbentuk di luar persendian seperti di dalam jaringan lunak, tulang rawan, selaput di antara tulang. Koleksi2 dari kristal2 ini dikenal dengan nama tofus. Tofus dapat timbul pada daun telinga, siku, tumit belakang dan punggung tangan. Tofus tsb dapat menyebabkan perubahan bentuk. Tumpukan asam urat juga bisa terdapat di ginjal dan menyebabkan batu ginjal.

Berapa kadar asam urat normal?

  • Pria 3.4-7 mg/dl
  • Wanita 2.4-6 mg/dl
  • Angka kisaran asam urat yang stabil adalah 5mg/dl

Diagnosa yang lebih pasti adalah dengan mengambil cairan kristal asam urat pada waktu serangan akut.

Faktor penyebab:

* Genetik

20% dari penderita asam urat mempunyai riwayat keluarga asam urat.

* Jenis kelamin dan umur

Lebih sering terjadi pada laki2 dari pada wanita. Hal ini disebabkan hormone estrogen pada wanita membantu mengeluarkan asam urat dari ginjal. Kandungan asam urat pada wanita baru meningkat setelah menopause.

* Makanan

Banyak memakan makanan yang kaya purin, seafood, daging2an.

* Berat badan

Kelebihan berat badan meningkatkan resiko asam urat.

* Kurang Minum

Kurang minum memicu pengendapan asam urat dan menghambat pengeluaran asam urat.

* Alkohol

Dapat menaikkan produksi asam urat dan menghambat pengeluarannya dari ginjal.

* Penyakit degeneratif

Jika kadar asam urat tinggi, perlu dicurigai adanya penyakit degeneratif, seperti hipertensi, hypotiroid, jantung, diabetes.

* Obat2an tertentu

Jenis obat tertentu yang dikonsumsi dalam jangka panjang ternyata dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, seperti diuretic, aspirin dll.

CARA PENCEGAHANNYA?

Sebenarnya sangat mudah, kalau kita sudah tahu faktor penyebabnya. Dari semua factor penyebab yang sudah disebutkan tadi hanya factor genetic dan jenis kelamin yang tidak dapat kita ubah, tetapi kita bisa minimalkan. Faktor lainnya yang lebih banyak adalah karena gaya hidup modern, banyak makan enak2 dan tidak bergerak.

Jadi cara pencegahan yang paling efektif adalah merubah gaya hidup.

1. MAKANAN

Makanan yang mengandung purin tinggi dan makanan yang ber ph asam yang menyebabkan penyakit asam urat. Oleh karena itu hindari makanan yang dapat menaikkan asam urat.

Contoh makanan berpurin tinggi dan ber ph asam adalah seafood, jeroan, semua makanan hewani.

Contoh makanan ber ph asam adalah semua makanan berlemak, goreng2an, soft drink, rokok, alcohol, semua makanan proses, semua makanan yang diawetkan, gula, tepung putih, teh, kopi, bumbu2 perangsang, pedas, cuka, kue2, dll.

Hindari semua makanan yang disebutkan di atas.

Mungkin ada yang bertanya, makan apa dong? Makan makanan yang tidak mengandung purin atau sedikit purin yaitu buah dan sayuran atau makanan vegetarian. Karena makanan vegetarian bersifat alkalin. Apabila kita memakan makanan bersifat alkalin maka pembuangan asam urat akan bertambah. Ph urine 7, netral, dan pembuangan asam urat menurun kira2 50% pada ph 6.

Contoh buah yang mempunyai ph alkalin sangat tinggi adalah

Lemon/jeruk nipis, sangat manjur untuk menetralisir asam urat.

Buah dan sayuran lainnya adalah apel, strawberry, cherries, semangka, melon, papaya, labu kuning, anggur, tomat, seledri, timun, peterseli dll.

Bagaimana dengan polong2an dan kacang2an?

Penelitian terakhir yang dipublikasikan di “The New England Journal of Medicine” yang diadakan oleh Harvard Medical School terhadap 47,150 laki2 selama 12 tahun. Setelah 12 tahun, didapati 730 orang didiagnosa mendapat asam urat. Dari penelitian tsb team research memberikan kesimpulan makanan apa saja yang menyebabkan asam urat.

Ketua team research Dr. Hyon Choi mendapati bahwa purin yang menyebabkan asam urat terutama datang dari seafood dan daging berlemak – terutama daging merah.

Contohnya hanya memakan satu porsi daging sapi atau kambing atau babi bisa meningkatkan resiko asam urat 21%.

Bagi yang memakan banyak daging dan seafood resikonya bisa meningkat menjadi 50%.

Didapati tidak semua makanan yang mengandung purin tinggi menyebabkan asam urat. Contohnya walaupun beberapa macam sayuran tinggi purin tetapi tidak meningkatkan resiko. Contohnya asparagus, polong2an, kembang kol, bayam.

Jadi apakah boleh makan polong2an dan kacang2an? Jawabnya makan secukupnya saja.

2. KELEBIHAN BERAT BADAN

kelebihan berat badan meningkatkan asam urat dan juga memberikan tekanan yang terlalu berat pada persendian. Oleh karena itu penting menjaga berat badan ideal.

Bagi anda penderita asam urat yang ingin menurunkan berat harap berhati2, karena dengan cara berpuasa dan memakan makanan rendah kalori (tetap makan daging berlemak) malah bisa menaikkan asam urat. Diet makanan rendah kalori dapat mempengaruhi sistim metabolisme tubuh. Jadi apabila anda ingin menurunkan berat badan jangan secara drastic tapi slow but sure. Cara yang terbaik adalah dengan diet vegetarian.

3. KURANG MINUM

Minum minimal 10-12 gelas air putih per hari (bukan minuman lainnya). Karena air dapat membantu membuang kristal asam urat dari tubuh. Coba perhatikan hasilnya dalam beberapa hari. Minum sampai urin anda berwarna bening.

4. OLAH RAGA

Olah raga yang teratur memperbaiki kondisi kekuatan dan kelenturan sendi serta memperkecil resiko terjadinya kerusakan sendi akibat radang sendi. Olah raga juga memperlancar peredaran darah, sehingga meningkatkan pembuangan sampah dari dalam tubuh dan mencegah pengendapan asam urat pada ujung2 tubuh yang dingin karena pasokan darah kurang. Kenyataannya memang biasanya penderita asam urat jarang berolah raga.

5. BAGAIMANA CARANYA TERHINDAR DARI PENYAKIT DEGENERATIF

Terapkan gaya hidup sehat. Kita pernah pelajari mengenai NewStart.

Sehingga apabila kita sehat, kitapun tidak perlu konsumsi obat2an.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu