dalam kategori | Pola Hidup

Tempat kuman di tempat kerja

Tempat kuman di tempat kerja

KUMAN ada dimana-mana, termasuk di perkantoran.

Kantor yang mungil hingga yang berada di gedung-gedung megah pun tak luput dari kuman membandel. Walau memiliki staff kebersihan tersendiri, tidak berarti kuman dan bakteri bisa enyah begitu saja.

Dr. Charles Gerba, pakar mikrobiologi dari University of Arizona menyebutkan, meja kerja dan seisinya – seperti mouse dan keyboard komputer -menjadi tempat paling kotor di perkantoran. Debu yang membekas karena disimpan tanpa dilindungi apapun, juga jejak sentuhan tangan membuat bagian ini menjadi kotor.

Uniknya, Gerba menyebut kamar mandi sebagai tempat paling bersih di perkantoran. Sebabnya, setiap kantor memiliki staff kebersihan yang rutin membersihkan toilet setiap hari, namun tidak ada yang membersihkan meja kerja, termasuk kertas-kertas dan arsip yang menumpuk dalam waktu yang lama. Demikian dituturkan Gerba kepada Huffington Post.

Apa saja tempat terkotor dan banyak kuman di tempat kerja? Berikut ini daftarnya.

1. Perangkat komputer
Keyboard dan mouse paling sering disentuh setiap hari, namun amat jarang dibersihkan. Inilah yang menyebabkan komputer dan perlengkapannya menjadi benda paling kotor di tempat kerja. Ditambah lagi jika disimpan di tempat yang sama dalam waktu yang begitu lama. Debu pun akan melekat dan enggan menyingkir.

2. Gagang pintu kamar mandi
Staff kebersihan menjadi salah satu bagian terpenting di gedung perkantoran. Merekalah yang berjasa membuat benda-benda yang kotor menjadi bersih, termasuk di kamar mandi. Membersihkan WC dan wastafel menjadi tugas mereka, namun tidak dengan gagang pintu. Padahal gagang pintu menjadi benda yang paling sering disentuh, terlebih jika disentuh orang yang habis melaksanakan “kewajiban” di toilet tanpa mencuci tangan.

3. Pegangan keran
Benda yang satu ini juga seringkali luput dari perhatian staff kebersihan. Untuk mencegah agar kuman tidak masuk dalam tubuh, biasakan untuk memutar keran dengan lengan, bukan dengan telapak tangan dan jari. Dengan begini, Anda dapat mencegah penyebaran kuman lebih jauh.

4. Pegangan kulkas
Jika di kantor Anda terdapat kulkas yang biasanya digunakan untuk menyimpan cemilan, waspadalah. Biasakan mengelap pegangan kulkas dengan tisu basah atau membalut tangan dengan tisu kering setiap kali membuka pintu kulkas.

5. Tombol dispenser
Di Amerika dan Eropa, dispenser menjadi benda yang penting untuk membangun kekompakan antar pegawai. Sebabnya, para pegawai dapat mencuri-curi waktu untuk minum sambil mengobrol dengan rekan-rekannya. Terlalu banyak tangan yang menyentuh tombol dispenser membuat benda ini kotor dan berkuman.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu