dalam kategori | Featured, Herbal

Teh Daun Kemangi

Teh Daun Kemangi

Biasanya, daun kemangi hanya dikonsumsi sebagai lalap atau diolah sebagai campuran berbagai masakan. Kini, ada satu cara baru mengonsumsinya, meminumnya sebagai teh daun kemangi.

Sebagai sayuran, kemangi kaya akan provitamin A. Setiap 100 g daun kemangi mengandung 5.000 SI vitamin A. Daun yang bernama latin Ocimum basilicum L. Itu juga mengandung banyak mineral kalsium dan fosfor, yaitu 45 dan 75 mg per 100 g.

Selama ini, masyarakat Indonesia memanfaatkan kemangi sebagai obat untuk perut kembung atau masuk angin. Lalap kemangi segar juga berguna untuk mengatasi masalah bau badan, bau mulut, atau air susu ibu (ASI) yang tidak lancar keluar. Sari daun kemangi dipercaya berkhasiat menyembuhkan diare, nyeri payudara, batu ginjal, gangguan pada vagina, dan juga dapat mengatasi albuminaria, yaitu adanya konsentrasi albumin di dalam urin.

Berbagai khasiat itulah yang mendorong empat mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta mengolah daun kemangi menjadi teh daun kemangi siap saji. Mereka adalah Chanel Tri Handoko, Savitri Satya Sulistyani, dan Andri Eko Prasetyo dari jurusan pendidikan kimia, serta Artika Kristianingrum dari jurusan pendidikan matematika.

Berikut ini beberapa resep daun kemangi untuk obat alami yang bisa Anda coba:

1. Teh yang dibuat dari daun kemangi dapat digunakan untuk mengatasi mual, disentri, atau menurunkan panas (sebagai antipiretik) . Caranya, satu sendok makan daun kemangi kering diseduh dengan setengah cangkir air, lalu diminum. Bila perlu tambahkan madu sebagai pemanis.

2. Untuk mengobati panu, ambil segenggam daun kemangi, cuci, tumbuk halus, beri sedikit air kapur sirih. Gosokkan ramuan ini pada kulit yang berpanu. Lakukan 2 kali sehari.

3. Untuk sariawan, ambil 50 helai daun kemangi, cuci bersih, kunyah sampai halus selama 2-3 menit, telan. Minum air hangat. Lakukan 3 kali sehari.

4. Untuk mengurangi bau nafas tak sedap, sering-seringlah makan lalapan daun kemangi, daun kunir dan beluntas.

5. Mengatasi bau keringat, biasakan mengkonsumsi kemangi sebagai lalapan. Sebagai permulaan, lakukan setiap hari selama 1 minggu.

6. Mengobati kutil, cuci bersih daun kemangi, gosokkan pada kutil secara teratur.

Satu respon to “Teh Daun Kemangi”

  1. MUHAMMAD TAKDIR says:

    TENYATA BERBAGAI JENIS OBAT ADA DI SEKITAR KITA



Trackbacks/Pingbacks


Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.
* = required field

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat
ads

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu