dalam kategori | Pola Hidup

Tari membakar kalori dan membantu melawan penyakit

Tari membakar kalori dan membantu melawan penyakit

Anda seorang penari? atau anda senang berdansa? Selain menyenangkan danca atau lebih akrab disebut dance juga memiliki manfaat kesehatan dalam tubuh. Beberapa jenis tarian seperti tango, salsa, tarian perut dan beberapa tarian lainnya tidak hanya berguna untuk membakar kalori, karena tari ini juga dapat membantu melawan penyakit. Asyik bukan?

Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari jenis tarian berikut ini:

1. Salsa bisa melawan depresi
Studi di University of Derby pada 2007 menunjukkan bahwa seseorang yang belajar salsa bisa membantu memerangi depresi. Para peneliti mengungkapkan bahwa menari bisa memicu pelepasan hormon bahagia di otak dan membantu meningkatkan konsentrasi dan percaya diri. Salsa juga sangat baik untuk membantu mobilitas punggung bagian bawah.

2. Tari country dapat memperkuat tulang
Studi yang dilakukan di Glasgow Caledonian University tahun lalu menunjukkan bahwa tarian dari negara Skotlandia ini dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Gaya tarian ini dapat memberikan kekuatan untuk stabilitas, pergelangan kaki dan keseimbangan.

3. Tango meningkatkan keseimbangan tubuh
Para peneliti di Washington University menemukan bahwa tarian ini dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan mobilitas pasien penyakit Parkinson, yaitu kondisi gangguan saraf progresif. Gerakan berputar dan berjalan mundur sangat relevan untuk orang dengan kondisi tersebut. Tango juga membantu meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas.

4. Tari Foxtrot dapat menunda demensia
Peneliti dari Albert Einstein College of Medicine di New York mengatakan bahwa para lansia yang mencoba tarian ini mungkin mengalami penurunan risiko penyakit Alzheimer dan membuat tubuh bugar mereka memberikan perlindungan terhadap penyakit.

5. Belly dancing dapat meningkatkan stamina seksual
Belly dancing dapat membantu memperkuat otot perut dan panggul bawah perempuan. Hal ini dapat membantu meningkatkan sensitivitas dan orgasme selama berhubungan seks. Hal ini juga bisa mengurangi masalah wanita seperti kontrol kandung kemih, terutama setelah melahirkan. Tarian ini juga membuat perut rata, memperkuat lengan dan otot punggung secara efektif.

6. Jive bisa mencegah diabetes
Jive adalah salah satu latihan kardiovaskular terbaik dengan fokus pada mobilitas kaki, dan tarian ini bisa membuat orang banyak berkeringat. Perlu diketahui bahwa tubuh berkeringat akan membantu Anda menurunkan berat badan, sehingga mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Bagaimana? Tentu saja anda jadi semakin menyukai dansa kan? Tapi tetaplah menjaga asupan nutrisi untuk tulang jika anda senang berdansa. Dan juga janganlah lupa, segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu