dalam kategori | Featured, Tips Kesehatan

Sup sayur pencegah kanker

Sup sayur pencegah kanker

Sudah hampir tiga bulan Lelarati Lukman (70) mengonsumsi sup sayuran yang dianjurkan suaminya, Karmaka Surjaudaja, Chairman Emeritus Bank OCBC NISP. Penglihatannya yang semula terganggu dengan kondisi mata sering lelah dan sakit berubah menjadi terang, berbinar, dan tidak sakit lagi.

Manfaat positif sup sayuran dirasakan pula sebelumnya oleh Karmaka. Pria ini sudah divonis tidak akan hidup lama karena sekujur tubuhnya diserang kanker, mulai dari ginjal, lever, sampai penampungan air kemih. Perkembangan terakhir menunjukkan, 3-5 buah tumor kanker harus diangkat dari penampungan air kemihnya sehingga setiap dua minggu sekali Karmaka harus menjalani kemoterapi.

“Vonis dokter itu sudah lama sekali, tetapi saya bersyukur masih bisa bertahan sampai sekarang. Selain pengobatan medis, saya memang memilih hidup sehat antara lain dengan menjalani senam pernapasan chi qung, tidak merokok, dan sudah enam bulan ini mengonsumsi sup sayuran,” ujarnya.

Resep sup sayuran diperolehnya dari buku yang berjudul “Kesehatan dalam Sup Sayuran.” Kemudian buku itu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan diberikan Karmaka kepada sahabat-sahabatnya secara cuma-cuma.

Dari alam meminta ke alam

Seperti yang diceritakan Karmaka dan tercantum dalam buku, sup sayuran ditemukan pertama kali oleh seorang peneliti Jepang bernama Dr. Kazu Tateishi. Sejak tahun 1992, Kazu meneliti sup sayuran yang kini sudah menolong ratusan orang.

Menurut Kazu, manusia berasal dari alam, tetapi karena pengaruh alam manusia terjangkit penyakit, manusia harus meminta tolong kembali kepada alam. Pertolongan alam yang dimaksud Kazu adalah menggunakan lima jenis sayuran yang kaya akan vitamin untuk membantu kesehatan manusia. Kelima jenis sayuran itu adalan wortel, lobak, daun lobak, burdock root (gobo), dan jamur hitam.

Sama halnya Karmaka, Kazu diperkirakan akan mengalami nasib serupa dengan ayah dan kakaknya yang meninggal karena kanker. Beliau sendiri menderita kanker lambung.

“Karena vonis dokter itu, mendorong Dr. Kazu meneliti berbagai obat-obatan yang bersumber dari alam. Dalam waktu cepat ia menemukan 1,500 jenis pencegah kanker yang kemudian lima di antaranya diformulasikan dalam bentuk sayur sup,” ujar Karmaka.

Di bawah mikroskop, Kazu melihat, dengan mencampurkan kelima sayuran tadi, bibit kanker dapat dibasmi dalam hitungan menit. Dari sana, Dr. Kazu sadar bahwa sup ini sangat membantu membasmi kanker. Dalam kurun waktu 30 tahun ia mengonsumsi sayur sup ini, Kazu sampai saat ini tidak saja masih hidup, tetapi kian sehat.

1. Lobak pembersih racum paling ampuh

Setiap 100 gram lobak mengandung protein 0,9 gram, gula 4,0 gram, fiber 0,6 gram, energi 20 kkl, mineral 93,9 gram, kalium 173 mg, natrium 62,8 mg, kalsium 36 mg, dan vitamin C 70 mg.

Lobak dapat mengobati kembung, asam lambung, susah buang air besar, batuk berdahak, asma, radang tenggorokan, paru, suara serak, sariawan, sakit kepala, tangan dan kaki dingin, dan sering buang air kecil pada malam hari. Lobak juga berkhasiat untuk membasmi radang tenggorokan, pilek, dan mencegah kanker.

Kandungan enzim dalam lobak dapat mencegah kelebihan asam lambung, radang lambung, dan borok. Sangat berkhasiat dalam menyembuhkan selaput lendir, pencernaan. Lobak juga sebagai antioksidan dan memperlambat penuaan, mencegah kegelisahan, dan mencegah osteoporosis.

2. Daun lobak nutrisi sangat besar

Setiap 100 gram daun lobak mengandung 14,000 IU vitamin A. Ini adalah tiga kali 400 IU dari vitamin A yang dikandung dalam brokoli.

Setiap 300 gram mengandung 210 mg kalsium. Jumlah ini empat kali lipat yang dikandung bayam 55 gram. Kandungan vitamin C sepuluh kali lipat yang dikandung lemon. Kandungan besi tiga kali lebih banyak dari hati dan lele. Perbandingan vitamin B1 adalah 60% lebih banyak dari kacang hitam. Vitamin B2 dua kali lipat daging sapi.

3. Wortel si “permata merah alam”

Setiap 100 gram wortel mengandung 1,0 gram protein, lemak 0,2 gram, gula 7,7 gram, fiber kasar 1,1 gram, energi 155 kkal, mineral 89,2 gram, kalium 190 mg, natrium 71,4 mg, kalsium 32 mg, magnesium 14 mg, besi 1,0 mg, mangan 0,24 mg, Zn 0,23 mg, Cu 0,08 mg, P 27 mg, beta karotin 4130 mikrogram, vitamin B1 0,04 mg, dan vitamin B2 0,41 mg.

Wortel berkhasiat untuk kesehatan paru-paru, mata, kulit, dan membantu memperkuat sistem imun tubuh. Wortel juga dapat digunakan untuk mencegah buta malam, sakit mata, batuk, gatal, dan ketombe. Wortel mengandung beta karotine yang sangat kaya dan bermanfaat memperbaiki fungsi pembuluh, menekan gula darah, mencegah darah tinggi, dan jantung, baik juga untuk penderita kencing manis.

4. Jamur hitam pencegah kanker

Setiap 100 gram jamur kering mengandung 20,2 gram protein, lemak 1,2 gram, gula 30,1 gram, fiber kasar 31,6 gram, kalium 464 mg, Na 11,2 mg, kalsium 83 mg, magnesium 147 mg, besi 25,3 mg, Zn 8,57 mg, Cu 1,03 mg, P 258 mg, Se 6,42 mikrogram, beta karotin 20 mikrogram, vitamin B1 0,19 mg, vitamin B2 1,26 mg, vitamin C 5 mg, vitamin E 0,66 mg, dan vitamin D 260 mg.

Menurut Kazu, sifat jamur adalah manis, tawar, mempunyai khasiat menambah tenaga, menghilangkan angin, dan pencahar dahak. Jamur juga mengandung protein yang tinggi, polisakarida, fiber tinggi, rendah lemak, dan beberapa elemen vitamin tinggi lainnya.

Jamur dapat digunakan untuk mencegah kelemahan lambung, tidak punya nafsu makan, kurang bertenaga, pencegah penyakit Inggris (childhood rickets), dan osteoporosis pada orang dewasa.

Dalam jamur terdapat unsur pencegah kanker yang sangat tangguh sehingga jamur disebut alat pembasmi kanker. Jamur juga membangun sistem imun dengan memperbanyak T-cell. Karena jamur kaya vitamin D1, maka jamur berperan dalam penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh.

5. “Burdock root” (gobo) mampu melawan kanker

Burdock root dapat digunakan untuk mencegah sakit kepala dan gatal-gatal. Tanaman semacam akar ini juga menghasilkan semacam zat yang sangat berguna untuk menangkal kanker. Setiap 100 gram burdock root mengandung protein 4,6 gram, lemak 0,8 gram, gula 3 gram, energi 38 kkal, fiber kasar 2,4 gram, kalsium 242 mg, P 61 mg, besi 7,6 mg, beta karotin 3,9 mg, dan vitamin C 25 mg.

Dalam semua jenis burdock root mengandung fiber paling tinggi. Berguna untuk mencegah sembelit. Akhir-akhir ini, kata Kazu dalam buku itu, dunia kedokteran Jepang menemukan burdock root sangat efektif untuk pengobatan kulit.

Reaksi tubuh

Dalam bukunya, Kazu menggaris bawahi beberapa poin. Pertama, bibit kanker sudah ada dalam tubuh manusia dan akan bertumbuh atau mati sesuai kondisi imun sistem tubuh manusia. Bila tubuh memiliki imun yang baik, otomatis bibit kanker tidak akan berkembang. “Untuk itu, sup ini sangat membantu,” ujarnya.

Sup campur lima sayuran ini mengandung folat dan menambah protein. Bila sup sayuran ini masuk ke dalam tubuh akan menimbulkan efek kimia dan mengubah lebih kurang 30 unsur penangkal kanker. Akibatnya sel kanker dapat dihancurkan hanya dalam waktu tiga hari.

Sup sayuran juga dapat mengubah sel dalam tubuh manusia yang berfungsi menangkal kanker. Kendati begitu, sesuai pengalaman dan anjuran Kazu, Karmaka menambahkan tentang pentingnya cara mengolah sup itu.

Sementara itu, manfaat dan reaksi bergantung pada setiap individu. Ada yang cepat, ada juga yang lambat. “Jangan panik dan jangan berhenti bila muncul gejala-gejala karenanya,” ujar Kazu dalam tulisannya.

Reaksi (dampak) yang mungkin muncul saat seseorang mengonsumsi sup sayuran adalah, muka, kaki, tangan, dan seluruh badan akan muncul bintik-bintik merah kecil dan gatal. Ini merupakan ciri dari detoks.

Bagi orang yang mengonsumsi obat dalam jangka panjang, efek detoks akan terlihat jelas. Orang yang menderita eksim, sup sayuran harus diminum sedikit demi sedikit dan harus dikurangi jumlahnya.

Bila terdapat luka bakar di kepala, penyumbatan darah di otak, dalam 2-3 hari akan terasa sakit kepala. Tetapi jangan takut. Begitu juga pada bagian mata, setiap orang yang mengonsumsi akan merasakan mata tidak jelas penglihatannya, buram, dan di sekitar mata terasa gatal. Namun setelah tiga bulan minum, semua efek itu akan hilang. Penglihatan akan menjadi baik.

Secara keseluruhan, efek detoks paling sedikit terjadi sepuluh hari, paling lama selama tiga puluh hari. Namun bukan berarti terus menerus, tetapi kadang muncul kadang tidak.

Cara Membuat Sup Sayur

Bahan:

Sayuran pokok (untuk dua hari)

  1. Lobak putih (ukuran sedang), 600-750 gram dipotong agak besar-besar
  2. Daun lobak 250-400 gram
  3. Wortel 250-400 gram
  4. Burdock root (gobo) 250-300 gram (sudah tersedia di sejumlah swalayan)
  5. Jamur kering 3-5 buah (harus dijemur kering)

Cara membuat

  1. Sayuran dicuci bersih, kulit jangan dibuang
  2. Masukkan air tiga kali dari jumlah sayuran, gunakan panci stainless atau panci kaca yang tahan panas, rebus sampai mendidih dengan api besar, lalu kecilkan api, rebus satu jam. Setelah dingin masukkan ke botol, taruh dalam lemari es, habiskan dalam waktu dua hari. Ampas sayuran boleh juga dimakan.

Yang harus diperhatikan: Selama direbus, tidak boleh membuka tutup panci, tidak boleh membuang buih yang ada di atas sup.

Catatan:

  1. Untuk penderita sakit paru-paru atau kanker paru-paru, campurkan madu dengan lobak untuk mencegah batuk. Minum 48 jam (sehari 5-6 kali) baru mengonsumsi sup sayur (karena efeknya akan batuk-batuk).
  2. Bagi wanita yang sakit kewanitaan, bagian pinggang akan terasa pegal linu, keputihan akan bertambah banyak.
  3. Bagi penderita darah tinggi, setelah mengonsumsi sup sayur selama tiga bulan, darah tinggi akan turun. Oleh karena itu setelah tiga bulan, obat harus dikurangi dosisnya secara pelan-pelan dan setelah sekitar lima bulan, obat boleh dihentikan. (Efek mendadak menghentikan penggunaan obat, akan terlihat gejala koma. Jadi tolong diperhatikan).
  4. Mengonsumsi sup dianjurkan di atas enam bulan. Saat yang paling baik adalah diminum pada pagi dan malam hari. Bila dilaksanakan sepanjang hidup, tidak akan mudah sakit. Sebaliknya akan tampak lebih muda 30 tahun.

(Sumber: “Organic Vegetable Broth”/REV/30 Juni 2009)

Dosis yang saya pakai adalah:

  1. Lobak 600 gram
  2. Daun lobak 250 gram
  3. Wortel 250 gram
  4. Gobo 250 gram

_______________________

Total 1350 gram+ Jamur Hioko 4 buah

Cuci bersih sayur-sayur di atas lalu potong-potong (tidak usah terlalu kecil), lalu rebus dengan air sebanyak 3 x 1350 gr —— 4050 cc (4.05 liter) sampai mendidih setelah itu rebus terus dengan api kecil selama satu jam.

Setelah dingin siap diminum, untuk pengobatan minum 2 liter per hari.

Selamat mencoba.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu