dalam kategori | Featured, Pola Hidup

Stres dapat memicu pertumbuhan Tumor

Stres dapat memicu pertumbuhan Tumor

Stres atau tekanan batin diketahui memang bisa memperparah kondisi tumor ganas alias kanker, bahkan bisa memicu kekambuhan bagi yang sudah pernah dinyatakan sembuh. Bagi yang masih berjuang melawan kanker, stres dapat memperkecil peluang kesembuhan.

Penelitian terbaru yang dilakukan Carolyn Fang, PhD dari Fox Chase Cancer Center kembali membuktikan hal itu. Dalam penelitian tersebut, jenis kanker yang perkembangannya terbukti bisa memburuk akibat stres adalah kanker di sekitar leher dan kepala.

Kondisi kanker yang memburuk terlihat dari peningkatan Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF), yakni sejenis protein yang menandai pertumbuhan sel-sel kanker. Makin tinggi kadar VEGF dalam tubuh, tandanya kanker mengalami pertumbuhan lebih cepat.

“Unsur kimia tubuh yang berhubungan dengan stress, seperti norepinephrine, dapat memicu peningkatan produksi VEGF,” ungkap Dr. Fang. “Namun hal sebaliknya¬† juga masih dapat diperdebatkan yaitu mereka yang menderita penyakit ganas stadium lanjut tentunya akan cenderung untuk mengalami stress karena kondisi mereka tersebut,” tambahnya.

Hasil pengamatan terhadap sejumlah penderita kanker leher dan kepala menunjukkan, kadar VEGF tertinggi dimiliki oleh pasien yang paling stres. Dikutip dari MensHealth.com, Rabu (11/5/2011), kadar VEGF diukur melalui pemeriksaan laboratorium sementara kadar stres diamati dari hasil psikotes.

Selain itu, peneliti juga mengungkap bahwa pasien kanker leher dan kepala yang memiliki VEGF tinggi cenderung memiliki peluang kesembuhan lebih kecil. Kalaupun sama-sama tidak bisa sembuh, pasien yang memiliki kadar VEGF tinggi cenderung meninggal lebih cepat.

Fang menambahkan, stres tidak hanya mempengaruhi VEGF pada kanker leher dan kepala saja melainkan jenis kanker lainnya seperti kanker indung telur (ovarium). Diduga, peningkatan VEGF pada orang stres dipicu oleh pelepasan senyawa tertentu termasuk epinefrin.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu