dalam kategori | Tips Kesehatan

Skipping, melatih otot kurangi resiko Osteoporosis

Skipping, melatih otot kurangi resiko Osteoporosis

Skipping adalah suatu jenis olahraga yang menggunakan alat bantu berupa tali dan diputar dengan menggunakan pergelangan tangan sebagai tumpuan atau poros. Olahraga skipping merupakan salah satu olahraga yang efektif membakar lemak, disamping lari atau jogging. Pun juga skipping bisa dilakukan dalam tempat yang tidak terlalu luas, sehingga efektif diterapkan di sekitar rumah. Selain membakar lemak tubuh, skipping juga bermanfaat melatih keseimbangan otot pergelangan tangan dan pernapasan.

Melompat tali selama 10 menit adalah setara dengan berjalan sejauh satu mil dalam delapan menit. Satu jam tali skipping akan membakar 1.300 kalori. Menurut Asosiasi Rope Skipping Inggris, melewatkan 10 menit dapat memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan berjalan 45 menit.

Olahraga skipping dilakukan dengan kombinasi gerakan melompat seiring dengan rintangan berupa tali yang bergerak pada kedua poros pergelangan tangan. Karena jenis gerakan yang dilakukan, seringkali timbul pertanyaan Olahraga skipping, baikkah untuk wanita? Timbulnya pertanyaan ini, mungkin dikarenakan gerakan melompat yang terlalu sering ketika melakukan skipping, sehingga dikhawatirkan menjadi penyebab turunnya serviks atau rahim pada wanita.

Berkembangnya mitos olahraga bahwa skipping bisa menyebabkan turunnya rahim pada wanita, mengakibatkan jenis olahraga yang satu ini sering dihindari oleh wanita. Agar tidak timbul anggapan yang keliru, ada baiknya mengetahui fakta dan manfaat yang berhubungan dengan skipping.

Membakar sejumlah kalori

Olahraga lompat tali atau skipping yang dilakukan selama 30 menit dapat membakar sejumlah 600 hingga 800 kalori. Hal tersebut tentu saja sangat membantu program menurunkan berat badan yang sedang dilakukan. Semakin lama melakukan lompat tali maka akan semakin banyak kalori yang terbakar.

Melatih otot

Olahraga lompat tali dilakukan dengan melibatkan berbagai otot di tubuh, diantaranya adalah otot lengan, bahu, dada, betis dan otot lutut. Hebatnya, lompat tali adalah salah satu latihan yang dapat melatih otot bagian tubuh atas dan bagian tubuh bawah.

Menurunkan berat badan

Skipping jika dilakukan secara teratur, maka sejumlah kalori di tubuh akan dibakar sehingga cadangan lemak yang disimpan dalam jaringan lemak di beberapa bagian tubuh akan diambil. Dengan demikian beberapa bagian tubuh akan mulai menunjukkan penurunan bobot, alhasil bobot badan secara keseluruhan pun akan berkurang. Pergerakan sederhana yang konstan ini melatih hampir keseluruhan tubuh. Berfokus pada kekuatan kaki sehingga kalori yang terbakar cukup besar. Dalam 30 menit latihan skipping dapat membakar hingga 450 kalori.

Mengurangi resiko Osteoporosis

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Osteoporosis Society di Inggris diketahui bahwa olahraga lompat tali atau skipping yang dilakukan rutin selama masa hidup seseorang akan membuat orang tersebut memiliki resiko yang kecil untuk mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Dan, olahraga lompat tali akan melindungi dirinya dalam melawan osteoporosis. Untuk mendapatkan manfaat ini, maka Anda bisa melakukan lompat tali 2 sampai 5 menit setiap harinya.

Meningkatkan stamina, kelenturan, koordinasi dan keseimbangan tubuh

Olahraga seperti lompat tali jika dilakukan secara rutin juga akan berkontribusi dalam peningkatan stamina, kelenturan, koordinasi dan keseimbangan tubuh seseorang.

Olahraga lompat tali mengkombinasikan irama gerakan dan ketepatan waktu

Hal ini akan membuat otak bekerja cepat dan tepat dalam mengkalkulasi gerakan dan waktu yang tepat untuk melompat, berarti dengan melakukan gerakan lompat tali maka melatih otak agar terbiasa bekerja dengan cepat dan tepat. Dengan kata lain, olahraga lompat tali akan meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh, memperbaiki kemampuan gerak reflex dan keseimbangan tubuh, seperti yang telah dikatakan di atas.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu