dalam kategori | Asupan Sehat

Singapura Melarang Penjualan Keju Mozzarella

Singapura melarang penjualan semua jenis keju mozzarella yang terbuat dari susu kerbau, setelah Italia pada Jumat (28/3) memerintahkan penarikan produk tersebut. Penarikan itu terkait dengan dugaan kandungan dioxin penyebab kanker dalam keju tersebut.

Badan Pangan Pertanian dan Hewan Singapura ( AVA ) telah menghentikan semua penjualan yang telah dites di laboratorium sebagai langkah pencegahan.

Seperti dilaporkan Reuters, Sabtu (29/3), impor terakhir dari keju kerbau mozzarella Italia ke Singapura pada 6 Januari, tapi karena informasi yang terbatas, keju impor tersebut belum jelas statusnya dan baru diputuskan kemudian.

Kementerian Kesehatan Italia pada Jumat mengatakan, telah menarik produk dari 25 perusahaan di wilayah Campania , di mana produk ini dibuat. Bahkan, Perancis sebelum ini juga melarang penjualan keju produk Italia ini.

Namun, Prancis menarik kembali larangan tersebut setelah ada jaminan dari Italia bahwa tidak ada keju yang diekspor ke Prancis.

Sedangkan, Jepang dan Korea Selatan sudah memblokir impor produk itu.

Sementara di Brussel, Belgia, dilaporkan spektral dari kelangkaan makanan baru, mulai terdengar di Eropa pada Kamis (27/3) ketika Italia menghadapi kemungkinan larangan Uni Eropa (UE) pada impor keju mozzarella karena dioxin tingkat tinggi pada susu yang terkandung di dalamnya. UE mengingatkan Italia bahwa UE dapat mengikuti Jepang dan Korea Selatan untuk melarang.

Setelah pukul 18..00 waktu setempat, batas waktu yang diberi untuk Italia agar menyediakan informasi lengkap, badan eksekutif UE meminta tindakan mendesak dan peringatan untuk langkah “Komisi percaya bahwa ukuran yang dipakai tidak cukup untuk meyakinkan bahwa produk yang tidak terkontaminasi dapat memasuki pasar,” demikian salah seorang pejabat UE Kamis.

Italia memproduksi 33.000 ton mozzarella per tahun, 80 persen di antaranya dibuat di Campania , di mana seperempat dari jutaan kerbau di wilayah itu diternakkan untuk produksi susu.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu