dalam kategori | Penyakit

Sindrom Long QT diderita 1 dari 7 ribu orang

Sindrom Long QT diderita 1 dari 7 ribu orang

Kematian Alex Mitchell 35 tahun lalu, menjadi sebuah legenda komedi. Selama ini, tertawa berlebih dianggap sebagai penyebab kematian Mitchell. Hingga cucunya, Lisa Corke mengalami kejadian serupa, barulah ditemukan penyebab sesungguhnya kematian Mitchel.

Pada 4 Mei lalu, Lisa Corke yang tinggal di Isle of Sheppy, sebuah pulau di lepas pantai utara Kent, sekitar 74 km di sebelah timur London, Inggris, mengalami mati klinis selama 55 menit. Saat itu suaminya Mick langsung menghubungi 999, ia langsung melakukan CPR pada istrinya. Setelah itu membawa sang istri ke Rumah Sakit Maritim Medway.

Corke dinyatakan sangat beruntung oleh tim dokter karena berhasil selamat. Oleh dokter, Corke divonis menderita sindrom LQT . Yakni sebuah kondisi kelainan jantung yang sangat langka. Sindrom ini dapat menimbulkan serangan jantung bila dipicu oleh pengerahan tenaga atau adrenalin.

Setelah dokter mendiagnosa Corke, tim dokter menelusuri dari mana Corke mendapatkan gen penyakit tersebut. Setelah dirawat di rumah sakit, tes menunjukan bahwa sindrom LQT yang dideritanya merupakan keturunan dari sisi ayahnya. Dari sana barulah terungkap penyebab sesungguhnya kematian kakek Corke, Alex Mitchell.

Kasus kematian aneh Mitchell menjadi berita utama dan perbincangan selama bertahun-tahun. Saat itu, pada 24 Maret 1975 ia sedang asik menonton serial The Goodies episode Kung Fu Capers. Begitu asiknya ia mengikuti cerita hingga kemudian Mitchell tertawa luar biasa, sampai merosot dari sofa dan kemudian meninggal.

Sang istri Nessie Mitchell kala itu tak merasa justru berterima kasih pada The Goodies. Ia mengirim surat yang berisi ungkapan terima kasihnya karena telah membuat sang suami begitu bahagia pada saat terakhirnya.

Konsultan Kardiologi dan Direktur Laboratorium Kateter Jantung di Rumah Sakit Hammersmith London, Dr. Iqbal Malik mengatakan, menyaksikan The Goodies mungkin jadi faktor utama pemicu kematian Mitchell. Adrenalin, tenaga atau apa pun yang menciptakan respon emosional kuat, dapat menjadi pemicu.

“Dalam beberapa kasus, jantung akan kembali berdetak dalam lima hingga enam ketukan, hanya dalam kasus Mitchell ia kurang beruntung,” kata Dr. Malik.

Corke merasa takjub, karena setelah bertahun-tahun akhirnya mereka menemukan penyebab kematian sang kakek. Saat ini Corke memeriksakan anak perempuannya. Ia khawatir putrinya tersebut memiliki resiko terkena sindrom LQT. (republika.co.id)

Definisi Long QT
Sindrom long QT adalah kelainan pada sistem elektrikal jantung, yang bisa menyebabkan hilangnya kesadaran atau kematian tiba-tiba.

Penyebab
Sindrom long QT bisa diderita 1 dari 7.000 orang. Di Amerika Serikat, hal ini bisa menyebabkan kematian tiba-tiba dalam 3.000 sampai 4.000 anak dan orang dewasa muda setiap tahunnya. Pada anak, gangguan ini biasanya berhubungan dengan kelainan genetik. Seseorang dengan gangguan tersebut bisa memiliki anggota keluarga yang meninggal secara tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan. Pada kebanyakan orang dewasa, sindrom long QT disebabkan oleh penggunaan obat atau sebuah gangguan.

Gejala
Orang yang mengalami sindrom long QT mempengaruhi terbentuknya detak jantung yang cepat, yang seringkali terjadi selama kegiatan fisik atau kegembiraan emosional. Ketika detak jantung terlalu cepat, otak bisa tidak menerima cukup darah. Akibatnya adalah kehilangan kesadaran. Beberapa orang dengan sindrom long QT juga terlahir tuli. Tetapi sekitar sepertiga orang tidak mengalami gejala-gejala. Sindrom long QT bisa menyebabkan kematian tiba-tiba pada usia muda.

Diagnosa
Dokter bisa menganjurkan electrocardiogfrafi (ECG) untuk anak atau orang dewasa muda yang mengalami hilangnya kesadaran secara tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan. Prosedur tersebut kemungkinan dilakukan dengan orang tersebut ketika istirahat atau setelah menerima obat-obatan secara infus atau orang tersebut kemungkinan diminta untuk berjalan di atas treadmill atau pedal sebuah sepeda latihan dalam prosedur yang disebut tes latihan stress.

Pengobatan
Beta-blocker efektif untuk kebanyakan anak dan orang dewasa. Beberapa orang dewasa bisa menerima manfaat dari mexiletine, sebuah obat antiaritmia. Untuk anak dan orang dewasa yang tidak bereaksi terhadap obat-obatan, sebuah pacemaker atau kombinasi pacemaker-internal defibrillator kemungkinan dicoba. Internal defibrillator bisa mengejutkan jantung, menghidupkan kembali orang tersebut, kapan saja jantung tersebut membentuk kelainan ritme yang mematikan. Kadangkala, sebagai alternatif, saraf pada leher dipotong dalam prosedur yang disebut

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu