dalam kategori | Layanan Kesehatan

Sembuh dari leukemia berkat terapi baru CTL091

Sembuh dari leukemia berkat terapi baru CTL091

Peneliti terus mengembangkan teknologi terbaru untuk menyembuhkan kanker darah (leukemia). Salah satunya adalah gadis 7 tahun yang berhasil sembuh dari leukemia berkat terapi baru memprogram ulang sistem imun.

Sebuah studi baru menunjukkan seorang gadis usia 7 tahun berhasil ‘sembuh’ dari leukemia setelah menjalani terapi terbaru yang mana T-cell (sel pembunuh di sistem kekebalan tubuh) direkayasa sehingga menjadi rudal untuk mencari dan menghancurkan sel kanker.

Gadis ini sebelumnya telah menjalani pengobatan konvensional untuk acute lymphoblastic leukaemia (ALL). Namun pengobatan yang dijalaninya ini belum memberikannya kesembuhan.

“Ini adalah studi kecil yang hanya melibatkan 12 pasien. Uji klinis yang lebih besar diperlukan untuk menentukan seberapa efektif pengobatan ini dan bagaimana hasilnya,” ujar Ken Campbell dari Clinical Information Officer at Leukaemia & Lymphoma Research, seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (11/12/2012).

Campbell menuturkan perawatan yang memodifikasi sistem kekebalan tubuh untuk melawan leukemia telah menunjukkan banyak janji dalam beberapa tahun terakhir. Hal yang penting adalah terapi ini memberikan efek samping berat yang sangat berkurang bila dikombinasikan dengan obat-obatan lain.

Dalam studi baru ini, terapi CTL091 yang memprogram T-sel untuk mengenali dan menyerang sel-sel spesifik terkait dengan penyakit tersebut, dalam hal ini sel kanker B-cell.

Hasil dari uji klinis mengungkapkan 9 dari 12 pasien dengan kondisi leukemia termasuk 2 anak-anak memberikan respons yang baik terhadap pengobatan ini. Salah satu dari 9 pasien adalah gadis berusia 7 tahun dengan acute lymphoblastic leukemia (ALL).

Para peneliti menemukan aktivitas yang menghancurkan sel-sel leukemia juga mendorong sistem kekebalan tubuh aktif. Untuk menetralkan efek samping beracun digunakan obat immunomodulasi dan obat untuk gejala.

Obat-obatan immunomulasi ini tidak mengganggu terapi anti-leukemia CTL019 yang bermanfaat. Hasil ini begitu efektif sehingga pendekatan yang ada sekarang ingin memasukkan pengobatan CTL091 untuk orang dewasa juga.

“Rekayasan T-sel ini telah terbukti aktif dalam B-sel leukemia di orang dewasa. Kami sangat antusias untuk melihat CTL091 ini efektif dalam semua kasus ALL,” ujar onkologis pediatrik Dr Stephan Grupp dari Children’s Hospital of Philadelphia.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu