dalam kategori | Layanan Kesehatan

Selamatkan Ibu Hamil Lewat Twitter

Selamatkan Ibu Hamil Lewat Twitter

Menyadari risiko kematian ibu hamil saat melahirkan yang tinggi, komunitas online Selamatkan Ibu gencar melakukan edukasi dan informasi seputar proses persalinan. Mereka ingin semua calon ibu mendapatkan informasi yang cukup terkait proses persalinan yang aman.

Pasalnya, menurut hasil riset pada tahun 2007 yang dilakukan Lancet, institusi riset internasional bidang kesehatan, tiap 30 menit, seorang ibu di Indonesia meninggal karena komplikasi persalinan.

“Tiga puluh persen itu merupakan rata-rata kematian ibu sebanyak 228 dari 100.000 ibu yang melahirkan,” ujar salah satu pendiri komunitas online Selamatkan Ibu, Sophia Hage, di sela-sela Pesta Bloggger 2011, di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta, Sabtu 3 Desember 2011.

Komunitas ini memberikan informasi dan edukasi seputar kesehatan ibu hamil, proses melahirkan dan masa nifas. Komunitas ini hanya bergerak di Twitter saja. “Tapi kami akan segera buat website, tinggal diluncurkan saja pada 22 Desember, bertepatan dengan hari ibu,” kata wanita yang berpofesi sebagai dokter ini.

Selama ini, komunitas ini rutin menyampaikan info melalui Twitter, seputar kesehatan ibu hamil. Ternyata, responnya sangat banyak dan bukan hanya dari kalangan ibu saja. Banyak juga follower yang berkonsultasi mengenai kondisinya.

“Follower sampai saat ini 14 ribuan sejak akun didirikan 1 Juni, tahun lalu,” ujar Sophia, yang berpraktek di Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo.

Untuk menyasar ibu-ibu menengah ke bawah, komunitas ini juga beberapa kali mengadakan penyuluhan ke berbagai wilayah. Mereka bekerja sama dengan lembaga yang mempunyai anggota ibu-ibu menengah ke bawah. Bersama timnya, Sophia juga akan memperluas jaringan ke berbagai daerah. “Semua bisa selamatkan ibu, baik bapak, tetangga, atau siapapun,” ujarnya.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu