dalam kategori | Featured, Layanan Kesehatan

RSUP Sardjito Rintis Pengobatan Stem Cell Sebagai Layanan Unggulan

RSUP Sardjito Rintis Pengobatan Stem Cell Sebagai Layanan Unggulan

Dewasa ini para peneliti yakin sel terapi merupakan teknik pengobatan masa depan. Pengobatan sel menggunakan Stem Sell yang merupakan sumber dari semua sel di dalam individu. Pengobatan sell merupakan jalan revolusi untuk mengatasi penyakit dan kerusakan dengan keuntungan medis yang luas. Pengobatan Stem Sell mempunyai potensi penarapan dalam mengatasi berbagai penyakit dan kelemahan dari ovarium, otak, organ dalam, tulang dan banyak jaringan lainnya.

Berkaitan dengan itu, Rumah Sakit Umum Pusat (RUP) dr. Sardjito Yogyakarta bersama Fakultas Kedokteran UGM saat ini tengah merintis adanya pelayanan pengobatan dengan menggunakan Sel Punca (Stem Cell). Model pengobatan Sel Punca dipilih sebagai salah satu dari layanan unggulan Sardjito, mengingat Sel Punca memiliki potensi penerapan dalam mengatasi berbagai penyakit dan kelemahan, seperti lemah otak, organ dalam, tulang dan jaringan lainnya.

Sebagai contoh permulaan penerapan pengobatan dengan menggunakan sel punca adalah pengobatan kulit muka yang berlubang kecil-kecil karena bekas jerawat, dapat dipulihkan menjadi halus kembali di klinik Estetika RSUP dr. Sardjito.

“Sel punca ini bisa untuk mengatasi penyakit strike, alzheimer, parkinson, jantung, osteoporosis, diabetes, leukimia, luka bakar, serta kerusakan sumsum tulang belakang. Sebagai awal kita lakukan pengobatan kulit muka akibat jerawat,” kata Direktur Utama RSUP dr. Sardjito, Prof.Dr. Budi Mulyono, SpPK (K), MM, dalam sambutan Ulang Tahun RS dr. Sardjto ke-28, Senin (8/02). .

Sementara Kepala Divisi Fertilitas Klinik Permata Hati RSUP dr. Sardjito, dr. Hasto Wardoyo SpOG.KFER menambahkan, terapi stem cell dimungkinkan segera dilakukan termasuk pada pengobatan mengenai reproduksi, mengingat beberapa teknologi pendukung telah dimiliki. Sebelumnya, rumah sakit ini juga telah mampu memberikan pelayanan pengobatan terkait infertilitas tersebut mulai dari teknologi invitro vertilisasi (IVF), intra cytoplasmic sperm injection (ICSI), invitro maturasi oosit (IVM) dan keberhasilan menghasilkan dari sperma maupun embrio simpan beku.

“Dengan kemajuan yang sudah kita miliki ini diharapkan penelitian akan intens kita lanjutkan untuk mengembangkan stem sel embrio yang biasa digunakan sebagai sumber terapi stem cell,’ kata Hasto. (rsd)

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu