dalam kategori | Pola Hidup

Resolusi tahun baru Anda

Resolusi tahun baru Anda

Resolusi tahun baru yang Anda susun harus mencerminkan pembelajaran atas kesalahan masa lalu. Jangan mengulangi kegagalan. Begitu kira-kira resolusi yang semestinya dilakukan.

Resolusi biasanya melibatkan hal-hal baik seperti meningkatkan prestasi kerja, menjaga kebersihan, dan yang paling penting adalah menjaga kesehatan. Menjaga kesehatan merupakan resolusi tahun baru yang harus diprioritaskan dan menjadi target yang harus dicapai sepanjang tahun baru ini.

Nah, berikut ini ada beberapa resolusi tahun baru yang bisa menjadi referensi Anda demi mendapatkan kesehatan yang optimal.

Pengetahuan Kesehatan
Pengetahuan kesehatan mencakup hal-hal seperti berat badan ideal, nutrisi penting, postur tubuh yang benar, waktu tidur yang ideal, dan masih banyak lagi. Dengan berbekal pengetahuan ini, Anda akan mampu mengenali dan mencegah berbagai penyakit. Bila Anda belum melakukannya, mulai saat ini jadikan membaca buku, majalah dan situs kesehatan sebagai bagian dari kebiasaan baru

Latihan Teratur
Bagi Anda yang lebih banyak menghabiskan waktu di sofa untuk menonton televisi atau bekerja di kursi kantor sebaiknya mulai menghindari kebiasaan ini. Jadikan tahun 2013 ini sebagai permulaan untuk mengubah gaya hidup dengan melakukan lebih banyak aktivitas fisik dan olahraga teratur. Ini harus menjadi kebiasaan baru Anda yang terpenting karena menjadi kunci mengatasi hampir semua masalah kesehatan. Olahraga teratur memberikan manfaat kesehatan lebih dari apa pun yang dikenal manusia. Olahraga menjaga otot-otot dalam keadaan baik, merangsang aliran darah dan membuat Anda merasa bugar secara fisik dan mental. Cobalah untuk berolah raga 3 kali seminggu, selama sekitar 30 menit. Lakukanlah secara konsisten dalam 3 bulan, tak peduli seberapa sibuknya Anda, maka kebiasaan baru pun akan terbentuk. Seperti orang bilang, first you make a habit, later the habit makes you. Pertama Anda akan menciptakan kebiasaan, selanjutnya kebiasaan akan membentuk Anda. Anda tidak dapat lepas darinya.

Makan makanan sehat
Apa yang Anda makan berpengaruh besar pada cara kerja tubuh Anda. Diet seimbang sangat penting untuk kesehatan yang baik. Perkaya diet Anda dengan serat dari buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Kurangi makanan buruk yangkelebihan garam, berpemanis/ berpewarna/ bercitarasa buatan danberlemak tidak sehat. Bila perlu, tuliskan dalam buku catatan apa saja yang Anda makan selama seminggu. Mengetahui apa saja yang Anda makan dari hari ke hari dapat mendorong Anda untuk disiplin menjaga pola makan.

Konsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral
Vitamin dan mineral sangat penting bagi kesehatan Anda. Nutrisi dari makanan saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin dan mineral. Mulailah mengkonsumi suplemen vitamin dan mineral untuk menjaga vitalitas dan daya tahan Anda

Cek Kesehatan Rutin
Untuk mengetahui kondisi fisik Anda, maka kunjungilah dokter dan lakukan pemeriksaan medis secara menyeluruh. Medical check-up berkala sangat disarankan terutama bila usia Anda sudah di atas 40 tahun. Bila Anda belum pernah menjalaninya, tahun ini adalah saat yang tepat untuk Anda. Fokus Anda paling tidak pada masalah kesehatan potensial yang Anda/dokter Anda curigai atau keluarga Anda memiliki riwayat mengenainya. Banyak penyakit degeneratif yang menurun di dalam keluarga. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Semakin cepat Anda mendeteksi masalah, semakin besar peluang Anda mengatasinya.

Say No To Alcohol
Kecanduan alkohol dapat menyebabkan Anda terkena penyakit seperti hepatitis dan sirosis. Minum alkohol dalam jumlah yang sangat banyak akan merusak hati Anda, yang mengakibatkan sistem pembersihan darah pada tubuh Anda tidak berfungsi.

Berhenti Merokok
Selain alkohol, kebiasaan merokok juga harus diberikan perhatian khusus. Masukkan rencana berhenti merokok pada resolusi 2013 Anda agar tehindar gangguan kesehatan terutama paru-paru. Jika Anda telah memutuskan untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda tahun ini, lakukanlah. Bahkan jika Anda pernah mencoba untuk berhenti sebelumnya dan gagal, janganlah berputus asa. Rata-rata, perokok mencoba sekitar empat kali sebelum mereka berhenti untuk selamanya.

Kontrol Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi diibaratkan seperti bom waktu. Anda tidak tahu kapan tekanan darah ini akan memicu serangan jantung atau stroke. Kontrol tekanan darah Anda, mulailah gaya hidup sehat.

Istirahat Cukup
Di zaman sekarang ini, Anda lebih berisiko mengalami gangguan tidur, sehingga kurang tidur. Hal ini benar-benar berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Cobalah mencuri waktu di sela-sela kesibukan Anda untuk istirahat. Kurang tidur berkaitan dengan stres, depresi, penekanan sistem kekebalan, dan obesitas. Menurut sebuah studi, orang yang tidur rata-rata enam jam semalam berisiko 42% lebih tinggi terkena hipertensi dibandingkan mereka yang tidur tujuh jam. Secara umum, Anda disarankan tidur selama tujuh jam sehari. Namun, setiap orang membutuhkan waktu yang sedikit berbeda.

Nikmati Hidup
Tanamkan lebih banyak pikiran positif. Kesehatan fisik dan mental harus dijaga tetap seimbang. Hal ini akan membuat hidup Anda lebih ringan, bahagia dan terbebas dari penyakit.

Mengurangi stres
Dalam kehidupan modern ini, semua orang menjalani hidup penuh stres. Stres kronis dapat menyebabkan hipertensi, pencernaan buruk, sistem kekebalan tubuh lemah dan masalah kesehatan lainnya. Kita semua perlu relaksasi. Ambil langkah-langkah mengurangi stres jika Anda merasa kewalahan. Stres berkontribusi pada banyak masalah kesehatan yang parah, sehingga sangat penting untuk mengatasi stres lebih awal.

Turunkan Berat Badan
Ini dia yang ditunggu-tunggu. Bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan, resolusi Tahun Baru Anda harus memasukkan program menurunkan berat badan. Dan bagi yang tidak bermasalah dengan berat badan, tetap kontrol berat badan Anda. Kelebihan berat badan adalah sumber berbagai macam penyakit. Bila Anda kelebihan berat tetapkan sasaran yang wajar dan fokuslah padanya sampai berhasil. Penurunan berat badan bertahap sekitar 3-4 kg per bulan adalah tingkat yang direkomendasikan para ahli. Kunci pengurangan berat badan adalah kedisiplinan dalam menjaga asupan kalori dan meningkatkan pembakarannya.

Mulailah tahun 2013 ini dengan membangun fisik dan mental yang kuat untuk hidup yang lebih sehat. Tetapkan tujuan yang realistis dan berfokuslah pada resolusi Anda. Semoga berhasil!

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu