dalam kategori | Layanan Kesehatan

Premarital check up idealnya 6 bulan sebelum menikah

Premarital check up idealnya 6 bulan sebelum menikah

Pasangan yang akan menikah biasanya lebih sibuk mengurus segala macam urusan pernikahannya ketimbang melakukan pemeriksaan pra nikah (premarital check up).

Selalu ada waktu untuk mengurus tetek bangek acara perkawinan, tapi tak ada waktu untuk tes kesehatan. Padahal dengan pemeriksaan ini bisa diketahui penyakit yang nantinya dapat diturunkan ke anak.

“Jarang banget pasangan mau melakukan premarital chek up, saya yakin kurang dari 10 persen pasangan yang melakukan premarital check up,” ujar dr Boyke Dian Nugraha, SpOG.

dr Boyke menuturkan kebanyakan pasangan lebih memilih mengurus pernikahannya dan biasanya semua urusan lengkap. Tapi untuk melakukan pemeriksaan seperti ada infeksi atau tidak biasanya pasangan tidak memiliki waktu.

“Idealnya premarital check up dilakukan 6 bulan sebelum menikah, jika memang diketahui ada suatu penyakit infeksi masih bisa dilakukan konsultasi lebih lanjut. Masalahnya banyak masyarakat yang takut nantinya tidak jadi menikah,” ujar dr Boyke.

Pemeriksaan pra nikah merupakan salah satu tahap dalam persiapan yang tidak boleh dilewati. Banyak konflik dalam pernikahan yang mungkin berujung pada perceraian diakibatkan oleh masalah kesehatan, kesuburan dan keturunan. Tapi dengan saling mengenal kondisi kesehatan masing-masing, masalah itu bisa diantisipasi sejak awal.

Tes kesehatan sebelum pernikahan bisa mendeteksi kemungkinan berbagai penyakit menular, menahun dan genetik yang diturunkan seperti:

  1. Diabetes Mellitus
  2. Kelainan jantung bawaan
  3. Hipertensi
  4.  Hepatitis B
  5. HIV/AIDS
  6. TORCH (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes simplex virus tipe 2).
  7. Penyakit menular seksual (PMS) seperti sifilis, herpes, gonorrhea (kencing nanah).
  8. Ketidakcocokkan golongan darah ABO dan rhesus

Penyakit-penyakit tersebut bisa sangat mempengaruhi kesehatan pasangan dan keturunannya kelak. Jadi pemeriksaan pra nikah ini penting untuk bisa mendapatkan keturunan yang sehat.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu