dalam kategori | Tips Kesehatan

Plak gigi meningkatkan resiko kanker

Plak gigi meningkatkan resiko kanker

Plak gigi yang persisten berpotensi meningkatkan resiko kematian dini akibat kanker (British Medical Journal)

Plak gigi dibentuk oleh bakteri yang menempel pada permukaan gigi dan gusi, menyebabkan kerusakan gigi dan radang gusi, yang mengakibatkan hilangnya gigi, serta menyebabkan masalah kesehatan sistemik.

Para peneliti meneliti apakah plak gigi dapat mempengaruhi resiko kematian dini dari kanker akibat infeksi gigi dan peradangan, karena kedua faktor tersebut diyakini memainkan peran pada satu dari lima jenis kanker yang mematikan.

Dari 1.400 sampel orang dewasa yang dipilih acak, berusia antara 30-40 tahun pada awal studi 1985-2009. Pada awal penelitian, semua peserta ditanyai mengenai faktor yang dapat meningkatkan resiko kanker, seperti kebiasaan merokok. Para peneliti juga memeriksa kebersihan mulut setiap peserta dengan memperhatikan tingkat plak gigi, karang gigi, penyakit gusi, gigi yang hilang dan menemukan hasil awal penelitian semua sampel tidak ada yang menderita penyakit gusi, tapi mereka memiliki tingkat plak yang besar.

Pada akhir studi 2009, peneliti mendata 58 kematian (35,6%), 35 wanita kematian akibat kanker. Usia rata-rata 61 untuk wanita dan 60 untuk laki-laki. Harapn hidup wanita sekitar 13 tahun lebih lama dari laki-laki. Wanita didominasi meninggal karena kanker payudara, kematian pria disebabkan oleh kanker yang berbeda-beda.

Para peneliti mengamati bahwa almarhum memiliki indeks plak gigi yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang masih hidup. Setelah diperhitungkan plak gigi yang mengakibatkan infeksi gigi dan peradangan gusi memperparah dan mengakibatkan 2 kali resiko terhadap kanker yang berakibat kematian.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu