dalam kategori | Tips Kesehatan

Perhatikan kandungan produk kecantikan kulit

Perhatikan kandungan produk kecantikan kulit

Saat menggunakan produk kecantikan kulit, Anda juga harus memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya, sebab jika asal memakai kosmetik, justru bisa merusak kulit Anda.

Untuk itu, ketahuilah kandungan dan manfaat dari produk kecantikan sebelum Anda menggunakannya. Ini penting agar kulit tetap terjaga kecantikannya. Berikut isi kandungan dan manfaat dari produk kosmetik yang perlu Anda kenali.

Vitamin C
Dikenal sebagai asam askorbat, L-asam askorbat, askorbat, magnesium ascorbyl phosphate, ascorbyl palmitate. Baik untuk semua jenis kulit, kecuali untuk kulit yang sensitif. Kandungan dari vitamin C ini bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan mencegah penuaaan dini.

Cara kerjanya: vitamin C bisa menetralkan radikal bebas yang terbentuk ketika kulit terkena sinar matahari, polusi, asap rokok, dan unsur-unsur berbahaya lainnya. Kerusakan kolagen akibat radikal bebas bisa menyebabkan keriput, bercak-bercak dan peradangan.

Asam salisilat
Juga dikenal sebagai Beta hydroxy acid (BHA), kandungannya bagus untuk kulit normal dan kulit berminyak. Asam salisilat bisa membantu Anda mengatasi masalah jerawat dan iritasi.

Cara kerjanya: asam salisilat dapat menembus sebum yang menyumbat pori-pori, membersihkan komedo. “Bila digunakan secara teratur, dapat mengurangi frekuensi dan keparahan letusan jerawat,” kata Leslie Baumann, profesor dermatologi di University Miami, di Florida. Hindari kandungan ini jika Anda memiliki kulit kering, sensitif atau alergi terhadap aspirin. Terkadang asam salisilat juga digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit.

Ferulic acid
Biasa disebut sebagai 4-hydroxy-3-methoxycinnamic asam. Bagus untuk kulit kering dan kulit normal. Manfaat dari kandungan ini sangat baik untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan penuaan dini.

Cara kerjanya: Biasanya dikombinasikan dengan vitamin C dan E. “Asam ferulic membantu menstabilkan kulit,” ujar Barbara R. Reed, seorang profesor klinis dermatologi di University Colorado Health Science Center, di Denver. Ferulic Acid memiliki kekuatan dua kali lipat sebagai agen pelindung matahari dan meningkatkan kemampuan kulit untuk menetralisir radikal bebas.

Retinol
Biasa dikenal sebagai retinoic acid atau retinyl palmitate. Bagus untuk kulit normal dan kulit berminyak. Sangat bermanfaat untuk menghindari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, menyembuhkan jerawat dan melindungi kulit dari proses penuaan dini.

Cara kerjanya: retinol yang ringan berubah bentuk menjadi retinoid yang terdapat dalam Retin-A dan Renova, telah terbukti merangsang produksi kolagen dan pembentukan jaringan elastis serat. Hindari penggunaan retinol jika jenis kulit Anda termasuk jenis sensitif dan memiliki masalah kulit seperti peradangan pada kulit dan eksim.

Idebenone
Juga dikenal sebagai Ubiquinone, koenzim Q-10. Baik untuk semua jenis kulit. Bisa melindungi kulit dari sinar matahari dan mencegah iritasi serta penuaan dini.

Cara kerjanya: Idebenone adalah salah satu antioksidan kuat yang terkandung dalam kosmetik. “Kandungan antioksidannya bisa membantu melindungi kolagen dan elastin, yang memberikan dukungan dan ketahanan kulit,” ujar Lisa Donofrio, associate profesor dermatologi klinis di Yale University School of Medicine.

Hyaluronic Acid
Juga dikenal sebagai Natrium hyaluronate. Baik untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering. Bermanfaat untuk melindungi kulit dari proses penuaan dini.

Cara kerjanya: Hyaluronic asam dan stempel menarik air ke dalam kulit. “Ketika kulit berkeringat, kandungan ini bisa menyamarkan garis-garis halus yang terlihat,” ujar Susan Weinkle, asisten profesor dermatologi klinis di University of South Florida, di Tampa. Hindari hyaluronic acid jika Anda tinggal di iklim dengan kelembaban rendah. Sebab kandungan ini tidak akan bekerja dengan baik karena tidak bisa menyerap air yang ada di permukaan kulit Anda, sehingga bisa menyebabkan dehidrasi pada kulit.

Green Tea
Dikenal sebagai Epigallocatechin gallate (EGCG). Baik untuk semua jenis kulit. Khasiat Green Tea bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari, menyembuhkan iritasi dan mengatasi masalah kerut dan penuaan.

Cara kerjanya: “Teh hijau adalah salah satu yang paling ampuh sebagai bentuk perlindungan,” kata Patricia Farris, asisten klinis profesor dermatologi di Tulane University, di New Orleans. Khasiatnya, bisa melindungi kerusakan kulit akibat sinar matahari, dan penelitian telah menunjukkan bahwa produk yang mengandung setidaknya 5 % ekstrak teh hijau dapat membantu mencegah kanker kulit bila diterapkan sebelum paparan sinar matahari bersama dengan tabir surya.

Niacinamide
Juga dikenal sebagai Nikotinamid, baik digunakan untuk kulit kering. Khasiatnya bisa melindungi dari berbagai problema seperti kerusakan, iritasi dan penuaan kulit.

Cara kerjanya: “Niacinamide menstimulasi mikrosirkulasi dan mencegah hilangnya air di kulit,” kata Reed. Selain itu, kata Donofrio, “jauh di dalam kulit, khasiat dari kandungan ini bisa meningkatkan produksi ceramides, berupa lem yang memegang sel bersama-sama dan mencegah kehilangan air.” Hasilnya bisa memberikan kulit yang sehat, muda dan berseri.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu