dalam kategori | Layanan Kesehatan

Perangi Obesitas, Denmark kenakan pajak Lemak

Perangi Obesitas, Denmark kenakan pajak Lemak

Memerangi obesitas bukan semata-mata masalah estetika, tapi kesehatan jangka panjang. Tak heran jika pemerintah Denmark merasa perlu campur tangan demi mencegah ledakan warga obesitas di negaranya.

Mulai akhir pekan ini, Pemerintah Denmark akan mengenakan pajak tambahan untuk pembelian sejumlah makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi: mentega, keripik, dan daging cincang.

Harapannya, penerapan pajak tambahan itu akan memaksa masyarakat untuk mengurangi asupan lemak pemicu obesitas. Masyarakat akan membatasi konsumsi karena harganya menjadi mahal.

“Ini pertama kalinya ada pajak untuk konsumsi lemak,” kata Mike Rayner, Direktur Kelompok Riset Promosi Kesehatan Universitas Oxford, yang sejak lama memperjuangkan penerapan pajak atas makanan yang tidak sehat di Inggris, seperti dikutip Telegraph.

“Ini sangat menarik. Kami belum pernah mempraktekkannya. Sekarang kita akan melihat dampaknya secara nyata bagi kesehatan masyarakat,” katanya. “Akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan pengurangan pajak untuk buah dan sayuran.”

Kebijakan serupa berlaku di Hongaria. Mulai awal bulan ini, pemerintah setempat memberlakukan pajak tambahan untuk semua jenis makanan kemasan tak sehat yang mengandung kadar tinggi gula, garam, karbohidrat, dan kafein.

Menurut penelitian yang dilakukan Institute for Food and Economic-Denmark memperkirakan bahwa hampir 4 persen kematian dini di negara tersebut disebabkan oleh konsumsi lemak jenuh berlebih. Data menyebutkan kurang dari 10 persen warga denmark menderita obesitas. Sementara di Inggris, diperkirakan sekitar 20 persen warganya mengalami obesitas. Sehingga dapat diasumsikan angka kematian dini akibat lemak jenuh lebih tinggi.

Sebuah studi yang dilakukan kelompok Rayner di tahun 2007 menyimpulkan bahwa kombinasi kebijakan  pajak terhadap makanan sehat, dan pemotongan pajak atas sayur dan buah dapat menyelamatkan 3200 jiwa di Inggris setiap tahunnya.

Menteri kesehatan Inggris, Andrew Lansley, sampai saat ini masih menolak usulan untuk memberlakukan pajak untuk makanan tak-sehat.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu