dalam kategori | Asupan Sehat

Pentingnya minyak ikan sebagai tambahan sumber zat gizi

Pentingnya minyak ikan sebagai tambahan sumber zat gizi

Anda mungkin sering membaca berbagai anjuran untuk mengonsumsi ikan, khususnya ikan laut, minimal dua kali seminggu. Rekomendasi tersebut karena ikan adalah bahan pangan yang kaya akan omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan otak sampai jantung.

Tubuh manusia tidak bisa menghasilkan asam lemak omega-3, sehingga kita perlu memperolehnya dari makanan. Omega-3 banyak dijumpai pada berbagai ikan laut seperti salmon, tuna, ikan cod, dan sebagainya.

Sayangnya konsumsi ikan di Indonesia tergolong rendah. Dalam laporan tahun 2007 diketahui konsumsi protein orang Indonesia yang berasal dari ikan baru sekitar 14 persen, jauh lebih rendah dari Kamboja yang mencapai 17,9 persen, atau Malaysia yang sudah mencapai 22 persen.

Mengingat pentingnya kandungan gizi dalam ikan para ahli gizi sepakat bahwa suplemen minyak ikan sebaiknya dikonsumsi sebagai tambahan sumber zat gizi.

Menurut Dr.Fiastuti Witjaksono, Sp.GK, ada tiga jenis asam lemak pada minyak ikan, yakni asam lemak tidak jenuh, asam lemak tidak jenuh tunggal, serta asam lemak tidak jenuh ganda.

Asam lemak di dalam minyak ikan akan membantu proses kecerdasan anak, meningkatkan perkembangan indra penglihatan, serta sistem kekebalan tubuh bayi dan balita.

Pada orang dewasa, minyak ikan juga berperan sangat besar dalam mengurangi inflamasi sehingga kita terhindar dari penyakit jantung, artritis rematoid, hingga penyakit demensia pada usia lanjut.

Meski berasal dari ikan, namun menurut Fiastuti suplemen minyak ikan tergolong aman untuk mereka yang mempunyai alergi ikan. “Untuk mereka yang alergi sebaiknya pilih minyak ikan yang bersumber dari ikan yang menyimpan minyaknya dalam hati (fish liver oil),” katanya.

Selain kandungan asam lemak omega-3, sebaiknya pilih produk suplemen yang juga mengandung vitamin.

Kendati begitu menurut Fiastuti orangtua harus bijak sebelum memberikan suplemen untuk anak. “Harus diperhatikan dulu apakah anaknya memang kekurangan nutrisi atau tidak. Jika nutrisi sudah terpenuhi dari makanan ya tidak perlu suplemen,” kata ahli nutrisi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Untuk mengetahui apakah kebutuhan nutrisi anak sudah terpenuhi bisa diperhatikan dari pola makan anak. Apakah ia tergolong anak yang susah makan atau tidak, melihat berat badannya, serta tumbuh kembangnya. Bila tidak yakin, bisa berkonsultasi dengan dokter anak.

Fiastuti mengingatkan bahaya dari kelebihan vitamin. “Beberapa jenis vitamin kalau kelebihan akan mengganggu fungsi hati dan menyebabkan proses oksidasi jadi berlebih,” katanya.

Manfaat lebih minyak ikan pada anak

Pada awalnya orangtua memberikan vitamin minyak ikan ke anak untuk menambah nafsu makannya. Dalam perkembangannya, vitamin minyak ikan diberikan kandungan Omega-3 dan DHA untuk menambah kecerdasan anak. Oleh karena itu, vitamin minyak ikan masih sering orangtua berikan ke anaknya, karena tidak hanya memperbaiki nafsu makan anak tapi juga menambah kecerdasannya.

Kelebihan yang dimiliki oleh vitamin minyak ikan tidak hanya sampai disitu, karena dalam penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh sekelompok ilmuwan di Oxford University menemukan bahwa vitamin minyak ikan dapat juga meningkatkan kemampuan baca anak. Mereka menguji sejumlah anak berusia 7-9 tahun yang diberikan vitamin minyak ikan yang di dalamnya terkanduk 600 mg asam lemak Omega-3 selama 16 minggu.

Dan hasilnya anak yang diberikan vitamin minyak ikan mengalami peningkatan minat membaca sebesar 20 persen. Serta berkat 2 kandungan vitamin minyak ikan yakni Omega-3 dan DHA sehingga anak-ana tersebut mampu mengejar pelajaran yang dilewatinnya. Tetapi, ada yang perlu diperhatikan bahwa pemberian vitamin minyak ikan hanya boleh diberikan jika anak tidak nafsu makan, karena manfaat tersebut tidak akan tercipta jika diberikan kepada anak yang sehat bugar.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu