dalam kategori | Tips Kesehatan

Pengobatan tradisional masuk angin

Pengobatan tradisional masuk angin

Masuk angin sebenarnya tidak tercantum dalam daftar penyakit medis. Istilah yang ada adalah Flu atau Cold, untuk menunjukkan gejala demam. Namun, banyak pakar kesehatan yang meyakini bahwa gejala awal Flu adalah masuk angin.

Masuk angin terjadi karena karena udara dingin yang menyebabkan menciutnya pembuluh darah pada kulit. Akibatnya aliran darah kurang memberikan nutrisi yang baik ke jaringan tubuh yang menyebabkan rasa tidak enak badan.

Tradisi pengobatan masuk angin disebut dengan kerokan. Daerah punggung diolesi balsam kemudian dikerok dengan uang logam. Banyak yang mengira garis merah pada tubuh setelah dikerok merupakan penanda bahwa angin sudah keluar dari tubuh. Namun, secara medis hal tersebut tidak benar. Garis merah sebenarnya adalah tanda pecahnya pembuluh kapiler tepi yang berada di kulit.

Oleh karena itu, secara medis kerokan sangat tidak dianjurkan bagi penderita gejala Flu ini. Pecahnya pembuluh darah akan membikin tubuh semakin rentan terkena penyakit. Mengobati penyakit ini bisa dengan pelbagai cara, misalnya dengan obat. Namun, ada baiknya penderita tidak mengonsumsi obat-obat farmasi karena memiliki efek samping yang cukup banyak. Salah satu alternatifnya adalah pengobatan tradisional penghangat badan.

Sup Ayam

Para peneliti dari Nebraska University menemukan bahwa sup berguna sebagai anti radang yang meredakan gejala masuk angin. Kuahnya yang mengandung rempah membikin badan terasa hangat dan memulihkan metabolisme tubuh ketika masuk angin.

Bawang Putih

Mengandung senyawa allicin, yang terbukti punya fungsi antibakteri dan antijamur. Senyawa ini menghasilkan antibiotik yang berfungsi menangkal serangan virus yang membikin lemah tubuh.

Jus Jeruk

Vitamin C merupakan antioksidan alami dan membantu tubuh melawan infeksi. Buah jeruk penuh dengan vitamin C, jadi cobalah minum jus saat masuk angin. Namun ketika membikin jus sebaiknya tidak ditambah dengan es.

Teh Pappermint

Pappermint punya berbagai fungsi sebagai dekongestan, ekspektoran dan antivirus yang dapat meredakan nyeri tenggorokan dan melegakan batuk.

Jahe

Rempah dari akar ini sudah lama disebut-sebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari mual danartristis sampai infeksi saluran nafas atas.

Dilansir Kompas, ada tiga faktor yang membikin orang rentan terkena masuk angin.

Pertama adalah kurang tidur. Dari studi yang diadakan Carnegie Mellon University yang dimuat dalam Jurnal Archives of Internal Medicine, kekurangan tidur bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Kedua karena terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC. Penelitian yang dilakukan Dr Dan Teculescu di Inggris, Italia, dan Skandinavia menemukan, terlalu lama berada di ruangan ber-AC bisa menimbulkan berbagai keluhan kesehatan. Dari yang berat, seperti infeksi pernapasan, hingga yang ringan, seperti sakit kepala. Kebanyakan responden juga mengeluh sering bersin-bersin karena sensitif terhadap sirkulasi udara yang kurang baik.

Ketiga, sering telat makan. Jadwal makan yang tidak tertaur membikin perut mudah kembung dan menyimpan banyak gas. Ara DerMarderosian, PhD, pakar di bidang pangan alami di University of the Sciences, Philadelphia menganjurkan agar kita jangan sampai telat makan.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu