dalam kategori | Pola Hidup

Pengobatan ala MacGyver Yang Manjur

Pengobatan ala MacGyver Yang Manjur

Tidak ada yang akan mengatakan tidak pada kehebatan dari obat modern, apa yang akan kita lakukan tanpa obat semacam antibiotik penisilin untuk mencegah infeksi?

Tapi, buktinya, setiap barang itu memiliki rahasia pengobatannya sendiri juga. Lain kali jika anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk menghilangkan kutil anda, coba gunakan lakban (duct tape) untuk mengatasinya. Setelah minum dua butir aspirin tetapi belum dapat menghilangkan rasa sakit kepala anda? Sebuah pensil mempunyai trik untuk mengatasinya, Dibawah ini, temukan beberapa penjelasan mengenai rahasia pengobatan dari beberapa barang-barang yang mungkin terasa ganjil untuk dijadikan obat, pengobatan ala rumah tangga model MacGyver.

Lakban Duct Tape Untuk Menghilangkan Kutil

Pada tahun 2002, sebuah kelompok dokter kulit melakukan penelitian untuk membandingkan tingkat efektifitas lakban dengan cairan nitrogen dalam mengatasi kutil. Setelah dua bulan memakai lakban tiap hari dan menggunakan sebuah batu apung sekali seminggu untuk mengasah kulit yang telah mengeras atau mati, 85 persen kutil pasien akhirnya hilang, sedangkan cara dengan cairan nitrogen membekukan kutil hanya dapat melepaskan kutil pasien sebesar 60 persen. “Pertanyaannya adalah apakah ada sesuatu cairan kimia merekat pada lakban itu, atau ada sesuatu yang menyebabkan kutilnya kehabisan nafas dari lakban itu sehingga membuat kutilnya mati?” kata seorang dermatologis di New York City, Robin Blum, MD. “Persepsi lain adalah mungkin lakban itu mengakibatkan iritasi, sehingga merangsang sel-sel imun ditubuh kita bekerja untuk melepaskan kutilnya.”

Balsem Vicks Vapor Rub Untuk Megobati Jamur Kuku

Sementara belum ada studi yang dapat membuktikan bahwa mengobati kuku jari kaki yang terinfeksi dengan mengolesi balsem Vapor Rub sekali atau dua kali sehari adalah sebuah cara penanganan yang efektif, juga buat menangani jamur kuku. Sebuah hasil pencarian di Internet menemukan sejumlah kesaksian pribadi mengenai balsem pembunuh jamur itu. “Saya dengar banyak pasien mengatakan bahwa balsem Vapor Rub benar-benar bisa menghilangkan jamur kuku, tetapi aku belum dapat memastikannya kenapa,” kata dr. Blum. Sementara beberapa orang mengatakan bahwa menthol di dalam balsem membunuh jamurnya dan yang lain mengatakan itu adalah sebuah efek tersembunyi dari sebuah gel, jika digunakan terus menerus, Vapor Rub telah terbukti tidak hanya dapat mengusir jamur, tetapi juga kuku jari kaki yang terinfeksi itu akan berubah jadi hitam dan terlepas. Dan ketika kuku baru tumbuh, sudah terbebas dari jamur.

Oatmeal Untuk Eksim/Masalah Kulit

“Ini adalah kenyataan, karena gandum memiliki kandungan anti-peradangan,” kata dr. Blum. Baik ia digunakan sebagai sebuah pasta atau dituangkan ke dalam sebuah bathtub buat mandi, banyak ahli menganjurkan untuk memilih bubur gandum yang bagus dan oleskan ke area yang terinfeksi minimal selama 15 menit. Dan sebagai tambahan untuk mengurangi peradangan, gandum diperkirakan mempunyai efek antihistamin (mencegah alergi), kata dr. Blum. Dengan menurunkan kadar histamin, yang memicu peradangan sebagai bagian dari respon untuk memperbaiki sistem pertahanan tubuh kita, dia menjelaskan, gandum juga mencegah dan menyembuhkan kulit yang kemerah-merahan.

Yogurt untuk Mencegah Bau Mulut

Bau Mulut bisa timbul dari berbagai organ dalam tubuh kita, dua organ yang paling umum dalam menyebabkan nafas bau adalah mulut dan lambung. Daya untuk menetralkan nafas dari yogurt dan probiotik lain bisa mencegah pemicunya. “Yogurt tidak seharusnya berefek terhadap semua bakteri yang tinggal di lidah karena ia tidak lama berada di lidah,” kata Robert Meltzer, MD, seorang ahli pencernaan di New York dan dokter tetap di Rumah Sakit Lenox Hill. Bagaimanapun juga, yogurt memiliki efek untuk menetralkan asam yang berada di antara mulut dan lambung, termasuk bagian belakang kerongkongan dan esofagus, dia menjelaskan. “Saya rasa hampir semua produk susu atau makanan yang mengandung zat hidup memliki efek yang sama bila dikonsumsi.” Yogurt dapat menghilangkan nafas bau yang buruk yang disebabkan oleh berbagai proses dalam pencernaan, seperti asam yang mengalir kembali, organ yang tidak akan menyebabkan nafas bau adalah gusi, hati dan paru-paru, kata seorang dokter gigi yang tinggal di Ohio, Matthew Messina, DDS.

Sesendok Penuh Gula Untuk Menghilangkan Cegukan.

Pada tahun 1971, Edgar Engelman, MD, memimpin sebuah studi untuk mencari tahu apakah benar sesendok penuh gula bisa benar-benar efektif menghilangkan cegukan. Dia membuat sebuah kelompok yang terdiri dari 20 pasien yang sering mengalami cegukan yang susah hilang bahkan lebih dari enam jam, delapan dari mereka sering mengalami cegukan dari yang sehari sampai ada yang enam minggu. Tiap pasien diberikan sesendok teh gula pasir putih dan langsung ditelan begitu saja, hasilnya 19 dari 20 pasien ini, cegukannya langsung hilang. Andre Dubois, MD, seorang ahli pencernaan di Bethesda, Maryand, mengigatkan bahwa di buku The Doctors Book of Home Remedies dikatakan bahwa “Gula itu dapat berfungsi di mulut untuk mengatur impuls syaraf yang membuat otot-otot di diafragma berkontraksi secara tidak teratur.”

Sebuah Pensil Untuk Menghilangkan Sakit Kepala

Para dokter tidak yakin kenapa kita melakukannya, mengepalkan gigi kita adalah sebuah efek samping biasa yang menandakan stress. Menurut Fred Sheftell, MD, direktur dari Pusat Sakit Kepala New England di Stamford, Connecticut, ketika kita mengepal gigi kita, kita menegangkan otot yang menghubungkan rahang dan pelipis kita, sehingga bisa memincu sebuah sakit kepala karena tegang. Dengan menaruh sebuah pensil diantara gigi kita, tetapi tidak menggigitnya, kita bisa mengendurkan ketengangan otot rahang kita, dan menurunkan tingkat sakit kepala kita. Ingat, cara ini hanya efektif ketika kita mengalami sakit kepala karena tegang, bukan migran atau sakit kepala yang disebabkan oleh tekanan sinus, dan lain-lain.

Zaitun Untuk Mencegah Mabuk Perjalanan

Menurut Perpustakaan Nasional Kedokteran, ada sejumlah gejala-gejala yang timbul pada waktu mengalami mabuk perjalanan, termasuk meningkatnya produksi air liur, yang merupakan sebuah cara untuk menjaga gigi dari asam tinggi yang akan keluar bersama muntahan. Makanlah buah zaitun (olive), yang banyak mengandung zat samak, ketika zat samak dilepaskan di mulut, ia berfungsi untuk mengeringkan air liur, pertama-tama hal ini bisa menghilangkan gejala-gejala yang ditimbulkan dari mabuk perjalanan, Bagaimanapun juga, cara pengobatan ini hanya efektik pada awal terasa mual dan pusing, ketika air liur mulai bertambah banyak.

Kumur Dengan Air Garam Untuk Meredakan Tenggorokan Sakit

Ketika anda masih kecil dan mengalami sakit tenggorakkan, ibu anda akan membuat segelas air kumur yang hangat dengan ditambahin sedikit garam, dan dia memang benar dalam hal itu. Menurut Douglas hoffman MD,PhD, pemilik situs the Medical Consumer’s Advocate, sakit tenggorokan adalah sebuah respon peradangan terhadap jaringan yang terinfeksi, dan garam itu membantu mengeluarkan cairan yang berlebihan dan mengurangi peradangan dan rasa sakit yang ada selama sesaat. Kebanyakan pengobatan dilakukan dengan campuran perbandingan satu sendok makan garam dengan 8 ons air putih, tetapi lebih baik mencampuri garam yang lebih banyak daripada lebih sedikit dari perbandingan standarnya. Terus ingat bahwa anda hanya sedang menangani gejala-gejalanya, bukan penyakitnya. Seperti yang diutarakan oleh dr. Hoffman di situs onlinenya: “Hilangnya rasa sakit itu sangat terasa, tetapi hanya sementara saja, sebenarnya berkumur itu tidak mengobati penyebab rasa sakit tenggorokan itu.”

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu