dalam kategori | Featured, Layanan Kesehatan

Pendekatan Terapi Rasional

Pendekatan Terapi Rasional

Obat-obatan hanya boleh diresepkan ketika mereka diperlukan, dan dalam semua kasus manfaat dari pemberian obat harus dipertimbangkan dalam kaitannya dengan risiko. Kebiasaan buruk peresepan menyebabkan pengobatan tidak efektif dan tidak aman, eksaserbasi atau perpanjangan dari penyakit, kesedihan dan membahayakan pasien, dan biaya lebih tinggi. Panduan resep baik; WHO menyediakan pelatihan dalam proses peresepan rasional.

Langkah-langkah berikut akan membantu untuk mengingatkan dokter untuk melakukan pendekatan terapi rasional:

1. Tentukan masalah pasien
Jika dimungkinkan, membuat diagnosis yang tepat didasarkan pada integrasi banyak potongan-potongan informasi: keluhan seperti yang digambarkan oleh pasien; anamnesis yang rinci; pemeriksaan fisik, tes laboratorium dan sinar-X dan penyelidikan lain. Ini akan membantu dalam resep rasional, selalu ingat bahwa penyakit adalah proses evolusi.

2. Tentukan tujuan terapeutik
Dokter harus dengan jelas menyatakan tujuan terapi berdasarkan patofisiologi yang mendasari situasi klinis. Sering dokter harus memilih lebih dari satu tujuan terapi untuk setiap pasien.

3. Pilih strategi terapeutik
Strategi yang dipilih harus disepakati dengan pasien; perjanjian ini pada hasil, dan bagaimana hal itu dapat dicapai, disebut konkordansi. Perawatan yang dipilih dapat non-farmakologis dan/atau farmakologis; itu juga perlu mempertimbangkan biaya total semua terapeutik pilihan.

a. Pengobatan non-farmakologi
Hal ini sangat penting untuk diingat bahwa pasien tidak selalu butuh obat untuk pengobatan kondisi mereka. Sangat sering, masalah kesehatan dapat diselesaikan dengan perubahan gaya hidup atau diet, penggunaan fisioterapi atau latihan, penyediaan dukungan psikologis yang memadai, dan perawatan non-farmakologis; ini sama pentingnya dengan obat resep, dan petunjuk untuk seperti perawatan harus ditulis, menjelaskan, dan dipantau dengan cara yang sama.

b. Pengobatan farmakologi, Memilih kelompok obat yang benar
Pengetahuan tentang patofisiologi termasuk dalam situasi klinis dari setiap pasien dan yang dipilih dan farmakodinamik kelompok obat-obatan, adalah dua prinsip mendasar terapi rasional.

– Memilih obat dari grup yang dipilih
Proses seleksi harus mempertimbangkan manfaat/risiko/informasi biaya. Langkah ini didasarkan pada bukti-bukti klinis tentang manfaat maksimal dari obat untuk suatu indikasi (kemanjuran) dengan minimum efek samping (keselamatan). Harus diingat bahwa setiap obat memiliki efek samping dan diperkirakan bahwa sampai 10% dari penerimaan pasien rumah sakit di negara-negara industri disebabkan oleh efek samping obat. Tidak semua penyakit akibat obat dapat dicegah tetapi sebagian besar disebabkan oleh pilihan obat-obatan yang tidak tepat. Perbandingan antara biaya obat-obatan, biaya total perawatan dan tidak hanya biaya unit obat harus dipertimbangkan.

– Memeriksa kesesuaian farmasi yang dipilih pengobatan untuk setiap pasien
Dokter harus memeriksa apakah zat aktif dipilih, maka bentuk sediaan, dosis standar jadwal, dan standar durasi perawatan yang cocok untuk setiap pasien. Obat harus individual dengan kebutuhan masing-masing pasien.

– Menulis resep
Resep yang dihasilkan dari hubungan antara dokter, apoteker (atau dispenser), dan pasien, sangat penting untuk keberhasilan pengelolaan kondisi medis yang diajukan.

– Memberikan informasi, instruksi, dan peringatan
Langkah ini penting untuk memastikan kepatuhan pasien

– Pemantauan pengobatan
Evaluasi terhadap tindak lanjut dan hasil pengobatan memungkinkan menghentikan pengobatan (jika masalah pasien diselesaikan) atau reformulasi bila diperlukan. Langkah ini menimbulkan informasi penting tentang efek obat-obatan, memberikan kontribusi bagi pembangunan pengetahuan tentang farmakovigilans, yang diperlukan untuk mempromosikan penggunaan obat rasional.

Diambil dari: WHO Model Formulary, (c) WHO 2009

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu