dalam kategori | Tips Kesehatan

Penanggulangan Penyakit batu empedu dengan buah Apel

Penanggulangan Penyakit batu empedu dengan buah Apel

Gejala sakit dikarenakan batu empedu adalah mula – mula adanya rasa ‘mual’ – eneg pada perut, dibarengi rasa kembung ketika sesudah makan, dan kadang – kadang sakit pinggang ketika bangun tidur, bahkan bisa terjadi muntah – muntah saking terasa mualnya.

Gejalanya memang hampir sama seperti penyakit mag. Dokterpun awalnya memprediksi bahwa ‘sakit dilambung’ tersebut sepertinya gejala penyakit mag. Namun apa yang dirasakan adalah bukan hanya lambung saja yang sangat terasa sakit, mual, kembung/perasaan selalu kenyang tersebut, akan tetapi kalau sudah parah, dibarengi adanya sakit – nyelekit rasa menusuk-nusuk hingga ke ulu hati bahkan linu sampai ke bagian belakang/punggung kanan. Karena sakitnya ulu hati tersebut, bisa saja seseorang pingsan dikarenakan rasa sakitnya tak tertahankan (aku ngga sampe pingsan sih,..Cuma sakitnya ngga ketulungan..).

Dokter menduga juga seperti ini adalah gejala Hepatitis, namun belum diketahui jenis Hepatitis A, B atau C. beberapa cirinya adalah badan lemah, sakit di uluhati, kembung mual dan warna air seni berubah pekat – seperti teh botol. Setelah menjalani tes darah ternyata hepatitisnya negative. Lagi, Dokter mendiagnosa bahwa sepertinya ‘Hati’ ini keracunan obat atau keracunan makanan sehingga mengakibatkan ulu ‘hati’ sakit dan berefek ke lambung menjadi kembung dll.

Akhirnya karena masih penasaran juga, dokter melakukan USG untuk memastikan ‘jeroan’ atau hati atau empedu , gerangan apakah yang menyebabkan sakit tersebut.

Weleh – weleh,..ditemukannya beberapa batu di empedu yang cukup besar berukuran 1,12 cm. Inilah yang menyebabkan fungsi empedu tidak berjalan normal yang pada akhirnya muncul gejala-gejala tersebut di atas.

Selang 2 hari setelah di lakukan USG, maka dilakukan ‘BNO’ (ngga ngerti gua..) maksudnya harus dilakukan photo di bagian Radiologi guna melihat apakah batu empedu tersebut lunak atau keras. Kalo bersifat lunak berarti masih bisa di obati, tapi bila batu itu keras, maka mau tidak mau harus diangkat, harus di operasi. Setelah seminggu di rumah sakit, dokter menyarankan untuk pulang dulu dan menunggu hasil photo tersebut.

Selama menunggu hasil tersebut (seminggu), Seorang teman dan saudara memberikan sebuah artikel tentang penyakit batu empedu dan cara penanggulanannya dengan Tanpa Operasi. Sebuah therapy buah Apel dari daratan cina yang dibuat oleh seorang dokter cina bernama Dr. Prof. Lui Chiu Nan (di artikel yang lain juga di tulis dr. Lai Chiu-Nan).

Alhamdulillah, berkat pertolongan Allah, setelah 6 hari berturut-turut melakukan terapi tersebut, rasa sakit di ulu hati dan mual-mual kembung serta sakit di pinggang telah lenyap sama sekali.

Berikut inti dari therapy buah apel tersebut:

  • BAHAN : Buah apel merah segar, garam Inggris, Olive oil (minyak Zaitun ) dan buah lemon segar.
  • ALAT : Fruit Processor listrik, gelas takaran, dan kawat nyamuk plastik yang sudah dirakit sesuai ukuran kloset.
  • CARA : Biji apel dibuang kemudian di Juice dengan alat fruit processor listrik, ampas buang, juice 250 cc langsung diminum 1 jam sebelum makan pagi, makan siang, makan malam dan sebelum tidur ( jadi 4 X 250 cc sehari ) selama 5 hari berturut-turut. Hari ke 6 juice hanya minum pagi dan siang saja, selanjutnya puasa tetapi boleh minum air putih, sore pukul 18.00 minum 1 gelas air putih campur satu sendok makan garam Inggris dan pukul 20.00 minum lagi 1 gelas air putih campur 1 sendok makan Garam Inggris , pukul 22.00 minum 1/2 gelas Olive Oil (125cc) dan ½ gelas lemon juice (125 cc ) yang sudah diaduk merata.
  • REAKSI : Setelah minum garam Inggris 2 kali akan buang air besar beberapa kali, keesokan harinya buang air besar harus disaring dengan kawat nyamuk, setelah siram air, bila ada butiran warna hijau, besar seperti cendol hijau atau seperti pasir itulah batu empedu yang keluar melalui kotoran, hal ini dapat keluar tiga kali dari pagi sampai sore. Cara pengobatan ini kemungkinan harus dilakukan beberapa kali tergantung kondisi masing-masing, bila ingin tahu apakah masih ada atau sudah habis batu empedu harus periksa ke Dokter.(USG)

Catatan: Bila anda merasa repot dengan harus membuat jus, anda juga bisa langsung memakan apel tersebut tanpa harus di jus, namun buang dulu kulitnya.

Dan bila anda malas untuk menyaring ‘BAB’ anda dengan kawat nyamuk plastic tersebut, just no problem, let it go to the WC, ngga usah di saring lah,..BAB aja seperti biasa.

Yang terpenting, sakit anda sudah hilang dan untuk memastikan apakah batu di kandung empedu sudah hilang, secara medik anda bisa melakukan USG di rumah sakit (harganya sekitar Rp 168.000).

Demikian semoga bermanfaat.

Menjaga kesehatan adalah lebih baik dari pada pengobatan. Maka cegahlah penyakit – penyakit berat dengan cara menjaga makanan.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu