dalam kategori | Layanan Kesehatan

Pelaksanaan Resep Elektronik di Puskesmas vs Mati Listrik

Pelaksanaan Resep Elektronik di Puskesmas vs Mati Listrik

Penerapan resep elektronik dan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) akan sangat memudahkan para petugas di Puskesmas. Namun bagi Puskesmas yang tidak punya genset, sistem ini malah merepotkan terutama jika mendadak listrik padam.

Sistem pencatatan yang seharusnya serba otomatis harus kembali dilakukan secara manual saat mendadak terjadi pemadaman listrik. Bahkan bisa jadi malah lebih repot, karena begitu listrik menyala data-data manual tadi harus dimasukkan lagi ke komputer.

“Repotnya memang kalau mati listrik mas, harus mengingat-ingat nomer register terakhir lalu dilanjutkan catat manual di kertas. Begitu listrik menyala, baru di-entry ke komputer,” ungkap Rusdi, petugas pendaftaran Puskesmas Kedung Waringin Bekasi saat ditemui di tempat kerjanya disela-sela acara kunjungan Kemkes untuk penerapan SIKDA, Kamis (20/10/2011).

Padahal di daerah Kedung Waringin, listrik mati bukan sesuatu yang langka. Menurut Rusdi, dalam sebulan paling tidak terjadi 3-4 kali pemadaman listrik sehingga terasa agak merepotkan kalau harus melakukan entry ulang (memasukkan data ke komputer) dari data manual yang dicatat di kertas.

Namun Rusdi mengakui, penerapan resep elektronik sebagai bagian dari SIKDA secara umum sangat mempermudah. Sejak diterapkan di Puskesmas Kedung Waringin tahun 2009, SIKDA dan resep elektronik sangat membantu menghemat tenaga misalnya saat harus membuat laporan tentang catatan-catatan pengobatan.

Kalaupun ada yang perlu dibenahi, menurut Rusdi pengadaan genset termasuk salah satu yang harus diprioritaskan. Melakukan entry ulang saat listrik mati bukan hal yang mudah, mengingat dalam sehari Puskesmas Kedung Waringin melayani lebih dari 100 pasien.

“Untuk pengadaan genset, kami sudah mengajukan ke dinas (dinas kesehatan Bekasi) namun sampai sekarang memang belum ada. Memang harus dicatat manual kalau listrik padam, lalu datanya dimasukkan komputer kalau sudah menyala,” terang kepala Puskesmas Kedung Waringin, Asep Ruhiyat, SKM.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu