dalam kategori | Featured, Pola Hidup

Pagi Hari Paling Bagus untuk Olahraga

Pagi Hari Paling Bagus untuk Olahraga

Banyak orang memilih olahraga di sore dan malam hari karena ingin menghindari panas atau hanya punya waktu di saat itu. Tapi menurut penelitian ternyata olahraga yang paling baik adalah saat pagi hari. Mau tahu kenapa?

Banyak orang yang belum menyadari bahwa olahraga di pagi hari sangat berguna untuk keseluruhan kebugaran dan juga proses penurunan berat badan. Meskipun hanya berolahraga lari atau berjalan kaki selama 10 menit setiap hari, tetap bisa memberikan manfaat yang besar bagi tubuh.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan prima tidak harus mahal dan pergi ke pusat kebugaran. Banyak olahraga sederhana dan murah meriah, namun tetap menyehatkan dan bisa memberikan mafaat yang besar bagi tubuh.

Ini dia manfaat yang bisa didapatkan jika berolahraga di pagi hari, seperti dikutip dari Health24, Sabtu (31/10/2009):

  1. Olahraga pagi hari bisa membangkitkan semangat dan mempertahankan metabolisme sehingga dapat membakar kalori lebih banyak sepanjang hari. Berdasarkan penelitian olahraga di pagi hari bisa membakar kalori 2 sampai 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan waktu lainnya. Selain itu juga bisa membantu mengatur nafsu makan agar tidak berlebihan.
  2. Saat tidur semua hormon yang terlibat dalam aktivitas meningkat, sehingga tubuh akan merasa lebih aktif dan segar saat pagi hari. Meskipun hanya olahraga ringan berjalan kaki sudah cukup hebat untuk melawan kelelahan. Selain itu membuat pikiran menjadi lebih tajam selama 4 sampai 10 jam setelah berolahraga dan meningkatkan energi alami yang jauh lebih efektif dalam jangka panjang dibandingkan dengan minum secangkir kopi.
  3. Meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak sepanjang malam. Jika olahraga di malam hari justru membuat seseorang menjadi susah untuk tidur malam dengan tenang. Olahraga di pagi hari juga membantu mengatur jam biologis tubuh menjadi normal.
  4. Memiliki jadwal olahraga lebih teratur karena memiliki sedikit gangguan. Jika Anda sudah terbiasa untuk bangun pagi maka tidak ada halangan untuk tidak berolahraga, tapi jika olahraga siang atau malam mungkin akan mandapat gangguan untuk pergi dengan teman atau sudah lelah bekerja seharian.

Mulai sekarang tidak ada salahnya menyempatkan sedikit waktu di pagi hari untuk melakukan olahraga seperti berlari atau hanya berjalan-jalan di sekitar halaman rumah.

Vera Farah Bararah – detikHealth

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu