dalam kategori | Featured, Herbal

Oyong Sebagai Antidiabetes

Oyong Sebagai Antidiabetes

Sayur oyong tentu tak asing bagi masyarakat Indonesia . Oyong yang memiliki nama latin, Luffa Cylindrica sering pula dikenal dengan gambas atau ceme. Buahnya bersiku-siku memanjang kulitnya keras layaknya katus sedangkan dagingnya lunak dan halus berwarna hijau.Tak berbeda dengan komoditas lainya, oyong tumbuh subur di daerah penggunungan.

Sayangnya, masih banyak orang yang tidak memahami manfaat oyong untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satu daerah yang tahu akan khasiat Oyong adalah Jawa Barat.

Konon, sebagian besar masyarakat Jawa Barat mengkonsumsi biji buah itu setiap kali pemeriksaan darah menjelang berhaji. Mereka cukup mengkonsumsi 2 biji setiap hari selama 2 minggu untuk mendapatkan kadar gula dalam darah yang tidak terlalu tinggi. Secara otomatis, saat gula darah akan diukur, para calon haji lolos dari jeratan angka kadar gula yang terlalu tinggi.

Lantas apa rahasia dibalik khasiat oyong? Kandungan Cucurbitasin jawabannya. Kandungan senyawa cucurbitasin dalam biji oyong berperan dalam menurunkan gula darah. Beragam penelitian memang membuktikan senyawa yang terkandung pada anggota famili Cucurbitaceae ini sebagai antidiabetes

Tak hanya berkasiat bagi diabetes, oyong dapat menyembuhkan penyakit semisal, Radang usus, asma hingga meningkatkan air susu ibu (ASI). Berikut langkah yang perlu dilakukan :

  • Bagi penderita radang usus, disarankan ambil oyong yang sudah tua secukupnya. Potonglah oyong dan jemur hingga kering dan tumbuklah hingga halus. Setiap 20 gram bubuk oyong diseduh air panas setengah gelas dan minumlah 1-2 kali sehari.
  • Bagi penderita asma, ambil oyong muda beserta tangkainya dan buatlah jus. Minumlah jus oyong ini 2 kali sehari secara teratur.
  • Sedangkan, untuk radang tenggorokan, bisa mengkonsumsi satu buah oyong muda dalam bentuk jus dan tambahkan ke dalamnya gula batu atau gula pasir. Minumlah 2-3 kali sehari secara teratur.
  • Oyong juga berkhasiat menambah volume Air Susu Ibu. Caranya, buah oyong dan bijinya dipanggang, lalu ditumbuk halus. Seduhlah setiap 6 gram bubuk oyong dengan setengah gelas air panas, minumlah 1-2 kali sehari.
  • Untuk anak-anak yang menderita cacingan bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi biji oyong hitam 30 gram sedangkan untuk dewasa 40-50 gram. Oyong ditumbuk halus, seduhlah bubuk biji oyong itu dengan air panas secukupnya, minumlah sehari sekali.
  • Penderita radang kelenjar telinga juga bisa memanfaatkan oyong sebagai obat alternatif. Caranya, Ambil oyong 500 gram dipotong kecil-kecil dan campurkan dengan daun sambiloto sebanyak 50 buah. rebuslah kedua bahan itu dengan air 2 liter, biarkan hingga air rebusan tersisa 500 cc, dan minumlah 2-3 kali sehari.
  • Untuk melancarkan peredaran darah, ambil oyong 205 gram dan jamur kuping hitam 20 gram, masaklah sesuai selera dan masakan tersebut berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah. Tertarik, selamat mencoba.

ROBERT SOM

Rekan2,  Jika ada teman2/keluarga/ kerabat/tetangga yang memiliki riwayat diabetes, boleh dicoba apa yang ditulis oleh Robert Som tsb diatas, saya sendiri memiliki riwayat turunan diabetes, dan setelah saya coba mengikuti terapi tsb, ternyata memiliki khasiat dan manfaat, sekarang ini tingkat gula saya berkurang secara bertahap, dan saya mulai menghentikan penggunaan obat Glucopage850 yang selama ini saya konsumsi secara rutin. Namun dianjurkan tetap menghindari makanan yang terlalu manis dan batasin asupan karbohidrat.

Lady Finger di Malaysia dikenal sebagai sayur tambahan dalam memasak gulai agar kuahnya terasa kental, dan pada saat kita mau minum rendaman air tersebut, akan terdapat lapisan rada kental dalam air, saya biasanya membuang potongan lady fingernya terlebih dahulu, baru dicampur sedikit garam agar lebih “enak” meminumnya. Lady finger tsb dapat diBeli pada supermarket.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semuanya. Tq.

Share with your friends. Who knows, maybe someone will be thankful to you because of this article.

  • Please note that another name for Lady Finger (Bhindi ) is ” OKURA “.
  • Last month in one of TV program I learnt of a treatment of Sugar (Diabetes).
  • Since I am diabetic, I tried it and it was very useful and my Sugar is in control now.
  • In fact I have already reduced my medicine. Take two pieces of Lady Finger (Bhindi) and remove/cut both ends of each piece.
  • Also put a small cut in the middle and put these two pieces in glass of water. Cover the glass and keep it at room temperature during night.
  • Early morning, before breakfast simply remove two pieces of lady finger (bhindi) from the glass and drink that water.
  • Keep doing it on daily basis.
  • Within two weeks, you will see remarkable results in reduction of your SUGAR.

My sister has got rid of her diabetes. She was on Insulin for a few years, but after taking the lady fingers every morning for a few months, she has stopped Insulin but continues to take the lady fingers every day.

But she chops the lady fingers into fine pieces in the night, adds the water and drinks it all up the next morning.

Please. try it as it will not do you any harm even if it does not do much good to you, but U have to keep taking it for a few months before U see results, as most cases might be chronic.

Satu respon to “Oyong Sebagai Antidiabetes”

  1. Wah artikel yang sangat bermanfaat. Terima kasih.



Trackbacks/Pingbacks


Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu