dalam kategori | Pola Hidup

Olahraga setengah jam lebih banyak menurunkan berat badan

Olahraga setengah jam lebih banyak menurunkan berat badan

Banyak orang berpikir untuk menurunkan berat badan dibutuhkan latihan fisik yang intens dengan durasi yang panjang. Namun sebuah studi mengemukakan bahwa pemahaman semacam itu ternyata salah besar.

Sebuah studi menemukan pria yang melakukan latihan fisik seperti lari, bersepeda atau mendayung selama 30 menit sehari akan kehilangan berat badan sekitar 3,6 kg selama tiga bulan. Sebaliknya pria yang berolahraga selama 1 jam hanya kehilangan sekitar 2,7 kg.

Studi ini menemukan bahwa pria sehat yang mengalami kelebihan berat badan ringan dan berolahraga selama setengah jam setiap harinya justru dapat menurunkan berat badan lebih banyak dibandingkan pria yang berolahraga dengan durasi dua kali lebih panjang.

Tim peneliti dari University of Copenhagen yang melakukan studi ini tak yakin mengapa para pria yang berolahraga lebih lama tidak mengalami penurunan berat badan lebih banyak.

“Kami menduga pria yang berolahraga lebih lama justru makan lebih banyak setelah melakukan latihan fisik atau kalau tidak pria yang berolahraga selama 30 menit bisa jadi memiliki lebih banyak energi yang tersisa agar dapat tetap aktif sepanjang hari,” ungkap peneliti seperti dilansir dari dailymail, Jumat (24/8/2012).

Departemen Kesehatan AS pun merekomendasikan orang dewasa untuk melakukan olahraga berat seperti lari atau sepakbola selama satu seperempat jam dan dua setengah jam olahraga ringan seperti jalan cepat dalam setiap minggunya.

Selain itu, latihan penguatan otot sebanyak dua kali seminggu juga sangat dianjurkan.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu