dalam kategori | Tips Kesehatan

Olahraga dan diet Anti Stress

Olahraga dan diet Anti Stress

Mungkin Anda memiliki banyak proyek yang harus diselesaikan dalam waktu terbatas. Atau mungkin selalu bergelut dengan kemacetan setiap pagi. Stress tampaknya sudah menjadi “garis” hidup di era sekarang ini. Tapi sebenarnya, stress ini dapat dilewati dengan olahraga.

Ketika kita dihadapkan pada situasi sulit, tubuh akan bereaksi membentuk hormon stress. Salah satu hormon yang dapat melawan stress adalah toroksin. Hormon yang diproduksi oleh kelenjar toroid untuk meningkatkan metabolisme sehingga kita dapat melewati strss dengan mulus.

Stress ini bukan hanya masalah tidak dapat berpikir, panik, ataupun stuck. Jika berkelanjutan, stress juga dapat berbuntut pada masalah kesehatan lainnya. Kenaikan berat badan dan jantung misalnya.

American Heart Association merekomendasikan agar kita melakukan olahraga aerobik setiap hari. Tidak harus lama. Cukup sepuluh menit untuk meningkatkan denyut jantung, seperti di kutip My Daily Moment.

Saat denyut jantung meningkat, artinya oksigen dalam tubuh akan meningkat juga. Demikian juga dengan gula alami dan kelancaran peredaran darah di seluruh tubuh, termasuk otak. Oksigen dan gula akan sangat membantu otak untuk berfikir lebih jernih. Sedangkan aliran darah akan mengakumulasikan energi yang dikeluarkan melalui proses berpikir.

Kabar baiknya, olahraga ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri terhadap kemampuan Anda. Latihan fisik akan mendongkrak serotonin yang akan meningkatkan suasana hati, sehingga Anda bebas dari rasa marah dan perasaan negatif lainnya. Selain itu, Anda juga dapat tidur nyenyak pada malam harinya. Ini sangat memungkinkan sel orak beristirahat untuk memulihkan fungsinya kembali.

Berdasarkan hasil penelitian, stress dapat mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan, seperti:

  • Obesitas. Stess dapat menaikkan bobot tubuh. Stress menyebabkan tubuh mengeluarkan cortisol, hormon yang dihasilkan kelenjar adrenal. Cortisol dapat menghambat leptin, yakni hormon yang membantu Anda merasa kenyang.
  • Kerusakan DNA
  • Penyakit jantung dapat meningkat 68% pada pekerja yang mengalami stress secara kronis.
  • Gangguan pencernaan, gastritis, sembelit, hemoroid.
  • Gangguan silkus haid lebih panjang atau tidak haid sama sekali.

Diet sehat ketika stress

  • Perhatikan jam makan, karena jam makan yang teratur dapat menyeimbangkan kadar hormon cortisol di dalam tubuh. Waktu makan sehat adalah 3 kali makan berat (pagi, siang, dan malam). Diselingi makanan ringan/snack diantara makan pagi dan siang serta makan siang dan makan malam.
  • Jangan lupakan sumber protein hewani dan nabati serta karbohidrat di setiap waktu makan anda. Makanan ini dapat meningkatkan jumlah tryptophan dan tyrosine. Kedua komponen ini membantu menenangkan sistem saraf pusat.
  • Tidak ada salahnya memanjakan diri dengan coklat. Satu potong kecil dark coklat dapat merangsang produksi zat kimia di dalam otak. Zat kimia ini berperan menghilangkan rasa sakit (endorphin).
  • Konsumsi makanan untuk meningkatkan system imun tubuh. Makanan kaya antioksidan, vitamin dan mineral. Seperti buah kiwi, jeruk, jambu biji, brokoli, daun singkong, dan bayam, madu, kurma/ sari kurma, habbatussauda/minyak habbattusauda.
  • Minum air putih minimal sebanyak 2,5 L/hari untuk menghindari konstipasi.
  • Makanlah yoghurt/susu fermentasi. Bakteri probiotik dapat mengubah bahan kimia dalam otak dan dapat digunakan untuk mengobati kecemasan dan depresi.
  • Jika Anda tipe orang yang melampiaskan stress dengan makan maka hindari mengemil makanan di luar waktu makan. Jika tergoda untuk menyantap makanan tetapi tidak lapar maka segeralah menarik nafas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut lakukan minimal sebanyak 5 kali.

4 respon to “Olahraga dan diet Anti Stress”

  1. duniaku says:

    saya suddah menerapkan cara diet sehat yg ada di artikel diatas. tp kok msih berat badan blm bza trun ya,?kra2 btuh brp bln utk mndptkan hasilnya?

  2. Fandi says:

    makasih yah atas info bermanfaatnya…. semoga bisa diet

  3. Lahiya says:

    izin jadi referensi ya

  4. Kaharudin says:

    Saya mulai rutin olahraga untuk diet. Plus minum jahe dan madu setiap hari 3kali. tapi berat badan masih belum bisa turun ya.



Trackbacks/Pingbacks


Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu