dalam kategori | Featured, Herbal

Obat Hipertiroid di Kebun Kita

Obat Hipertiroid di Kebun Kita

Riau, Jakarta, Singapura. Itulah kota-kota tempat Albertus Suharno mencari kesembuhan. ‘Bola mata berputar dan serasa akan keluar,’ kata pria kelahiran Yogyakarta, 8 Agustus 1944 itu. Suhu tubuhnya 40 oC, jakun membesar, dan sekujur tubuh bergetar.

Albertus Suharno langsung mendatangi dokter perusahaan di Batam, Riau. Ia bekerja sebagai penyelia di perusahaan minyak asing. Hasil diagnosis menyebutkan Suharno positif hipertiroid. ‘Dokter juga tidak tahu penyebabnya, tapi yang paling mungkin adalah stres akibat pekerjaan,’ kata suami Sri Widawati itu. Walau sakit, karyawan yang bertanggung jawab terhadap operasional pengeboran tetap bekerja.

Setiap akhir pekan, ia terbang ke Jakarta untuk memeriksakan diri ke Rumah Sakit Pusat Pertamina sesuai rujukan dokter perusahaannya. ‘Awalnya, saya juga dirawat inap di rumahsakit itu selama 2 minggu,’ kata Suharno. Saat itu, ia diberi radioaktif yodium. Setelah mengkonsumsi kapsul cair berwarna bening itu, kerabatnya yang masih kecil, perempuan hamil, dan lanjut usia dilarang menjenguk. Sebab, obat itu berefek radiasi yang mampu mengubah peta gen.

Hiperaktif

Menurut Prof dr Slamet Suyono SpPD-KE, endokrinologis Rumahsakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, radioaktif yodium diberikan oral dalam bentuk pil atau cairan. Gunanya untuk mengatasi kelenjar yang hiperaktif. ‘Lebih dari 80% pasien hipertiroid sembuh dengan dosis tunggal yodium radioaktif,’ katanya. Setelah mengkonsumsi pil radioaktif, tiroid Suharno memang mengempis.

Selain itu, suhu tubuh normal dan gemetar pada tubuh pun hilang. Sayang, seminggu setelah pulang ke Batam, penyakit itu kambuh kembali disertai rambut rontok. Menurut Prof Slamet Suyono rontoknya rambut akibat obat radiasi untuk mengatasi hipertiroid. Disebut hipertiroid bila kadar hormon T4 melebihi ambang normal, 4,3-12,4 ug/dl. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher, di bawah jakun. Bobotnya kurang dari 28,4 g.

Meski ringan, jangan anggap enteng tiroid alias gondok. Jika tiroid rusak menimbulkan dampak besar bagi tubuh. Setiap aspek metabolisme tubuh, dari detak jantung, pertumbuhan tinggi badan, hingga kecepatan tubuh membakar kalori, melibatkan kerja hormon pada tiroid. ‘Terganggunya fungsi tiroid menyebabkan metabolisme tubuh terhambat,’ kata endokrinologis alias ahli penyakit dalam yang berhubungan dengan hormon itu. Kelainan itu disebut trauma kelenjar.

Disebut rusak jika fungsi kelenjar menyimpang dari fungsinya untuk memproduksi dua macam hormon, T4 dan T3. Kondisi kelainan kelenjar bermacam-macam, yakni hipotiroid, hipertiroid, dan eutiroid. Hipo artinya kelenjar gagal memproduksi hormon seperti keadaan normal. Eutiroid terjadi bila kelenjar membesar, tapi fungsinya berjalan normal. Hipertiroid justru sebaliknya, kelenjar terlalu aktif memproduksi hormon hingga kadar T3 dan T4 melambung. Bobot tubuh pasien hipertiroid biasanya anjlok, mata melotot, dan badan sering berkeringat. Penderita juga sering marah-marah karena tidak bisa mengendalikan emosi.

Tinggi

Hipertiroid mempengaruhi fungsi kelenjar hipotalamus dan testis. Beberapa penyebab hipertiroid adalah penyakit graves, berlebihnya konsumsi hormon tiroid, terjadi peradangan pada kelenjar tiroid, atau sekresi TSH (thyroid stimulating hormone) oleh kelenjar pituitari secara abnormal.

Karena tak kunjung membaik, Suharno mencari kesembuhan ke Singapura. Dokter Mount Elizabeth Hospital, Singapura, mengatakan Suharno memang terjangkit hipertiroid. Itu sesuai hasil laboratorium yang menunjukkan nilai hormon tiroid T4 sebesar 18,0 ug/dl. Nilai FTI sebesar 21,4 ug/dl; kadar normal, 3,9-14,0 ug/dl. Sedangkan T3 sebesar 567 ng/dl; normal 80-220 ng/dl nilai TSH hanya 0,03 uIU/ml; kadar normal, 0,50-4,00 uIU/ml.

Dengan hasil laboratorium itu, dokter memberikan kembali pil radioaktif yodium 131 sebanyak 2 kali dan menyuruh mengkonsumsi propylthiouracil (PTU) 100 mg selama 2 pekan. Ia menjalani perawatan di Singapura 6 kali dalam 3 bulan. Hasilnya, bukan kesembuhan yang didapat tetapi tubuh menghitam dan kurus. Bobotnya tersisa 48 kg; sebelum sakit, 54 kg.

Bahkan nilai T3 tetap di atas ambang batas, yaitu 383 ng/dl; FTI 14,2 ug/dl, dan TSH kurang dari 0,03 uIU/ml. Suharno hampir putus asa mencari kesembuhan dengan obat kimia. Oleh karena itu ia menuruti saran temannya, Karno, untuk mengkonsumsi ciplukan. Tanaman asal Peru itu tumbuh di ladang atau lahan kosong. Buahnya bulat tertutup dalam kantong mirip lampion. Sekilas bentuknya persis kantong kemih.

Itulah sebabnya ia diberi nama ilmiah Physalis peruviana. Dalam bahasa Yunani physalis berarti kantong kemih. ‘Untung ada tanaman ciplukan di sekitar rumah,’ kata Suharno yang tinggal di Cibinong, Kabupaten Bogor. Ayah 4 anak itu mencabut 3 tanaman setinggi rata-rata 50 cm beserta akarnya. Kemudian, pria 64 tahun itu mencuci bersih dan merebus ke-3 tanaman itu, termasuk buah dan akar, dalam 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas.

Ampuh

Ia meminum segelas ramuan itu 1 kali sehari. Dua hari kemudian kegiatan mengekstrak ramuan ciplukan berulang. ‘Rasanya sangat pahit,’ kata kakek 1 cucu itu. Sehari setelah 2 kali konsumsi ekstrak ciplukan, Suharno merasakan perubahan. Seluruh gejala penyakit yang hinggap di tubuhnya hilang. Saat bangun tidur, ia tak merasakan kelelahan.

Jantung yang semula berdetak kencang atau tidak teratur alias palpitasi, suhu tubuh tinggi, gelisah, berkeringat, sesak napas, tangan gemetaran, dan otot lemah semuanya membaik. Yang menakjubkan jakunnya kempis. Sejak itu ia sembuh dari hipertiroid. Sudah 16 tahun penyakit itu tak pernah kembali merasuki tubuh Suharno.

Anggota famili Solanaceae itu terbukti ampuh mengatasi hipertiroid. Ciplukan mengandung senyawa asam sitrun, fisalin, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, dan vitamin C. Di Indonesia belum ada riset ilmiah yang membuktikan kemujaraban kerabat tomat itu.

Namun, di mancanegara banyak ahli menelitinya. Mahmood Vessal dari Departemen Biokimia Shiraz University of Medical Sciences, Iran, misalnya, membuktikan keampuhan ciplukan mengatasi hipertiroid. Ia menginjeksi ekstrak ciplukan ke tikus betina dewasa. Hasilnya, aktivitas lysyl-aminopeptidas e (Lys-AP) pada pituari meningkat 50% dan 45% basomedial hypothalamus (BMH). Nilai itu mirip dengan pemberian beta estradiol 15 ?g selama 5-8 hari ke tikus.

Jika tikus diberikan beta estradiol sekaligus larutan ciplukan meningkatkan aktivitas enzim pituitari sebanyak 9% dan hipotalamus 5%. Dengan meningkatnya aktivitas enzim hipotalamus dan pituari, sekresi TSH yang tidak beraturan dapat dicegah. Departemen Farmasi Universitas Cartagena, Kolumbia menemukan ciplukan bersifat imunomodulator alias peningkat kekebalan dan juga antipembengkakan. Tumbuhan yang di sini disia-siakan itu ternyata berkhasiat mengatasi hipertiroid. (Vina Fitriani).

22 respon to “Obat Hipertiroid di Kebun Kita”

  1. linda says:

    saya sangat senang membaca artikel ini, saya nenek 4 cucu berumur 53 th mempunyai benjolan dileher sejak 7 th lalu, menurut dokter bukan tiroid cuma kelenjar biasa yg bengkak, cek t3 n t4 juga hanya lebih sedikit dari batas normal, cuma jantung suka berdebar, gelisah, gampang tersinggung, cepat capek dan benjolan tidak berkurang malah tambah, leher tambah gak nyaman dan tambah besar, mau ke dokter lagi malas, karena terakhir nasehat dokter cuma disuruh banyak olah raga dan zikir, jadi saya sangat berterimakasih ketemu artikel ini, semoga ciplukan cocok untuk masalah saya, amien

  2. elvin says:

    ciplukan jenis tanaman seperti apa ya? apakh ada gambar yg bisa ditayangkan thx

  3. pawang says:

    Ini ada link yang bisa di cek untuk mengetahui lebih lengkap tentang tumbuhan ini; http://ccrcfarmasiugm.wordpress.com/ensiklopedia-tanaman-anti-kanker/c/ciplukan/

    juga yang ini

    http://atanitokyo.blogspot.com/2009/06/harga-sebuah-ciplukan-empat-ribu.html

    salam sehat

  4. John Dean says:

    Yang digunakan untuk hyperthyroid Physalis peruviana, L atau physalis Angulata?

    thanks a lot

  5. Christian says:

    Istri saya juga sakit hipertiroid hampir 2 bulan berjalan ini. Mata sebelah agak kiri menonjol keluar, jantung berdebar, nafsu makan besar tp tetap kurus 42 kg. Kadar TSH 2 minggu lalu: 0,01 uIU/ml. T3 and T4 normal. Dia telah mengonsumsi obat2an dari salah satu dokter internist terkenal di Surabaya. Baru seminggu ini mengonsumsi ciplukan segar (buah dan daun) setiap hari 1 gelas. Kemarin baru test lagi. TSH naik dikit jadi: 0.02 uIU/ml. Tp matanya tetap menonjol dan terasa kering terus. Jadi rutin diberi obat tetes mata.
    Pertanyaan: Apa seharusnya istri saya diperiksa DR. Mata dan DR. Syaraf? Kenapa Ciplukan efeknya tidak significant? Apa memang lama pengobatan Hipertiroid. ini? Berapa lama? Terima kasih banyak atas masukannya.

  6. virna says:

    alhamdlah… trnyata saya bs menemukan obt tradisional untuk penyakit saya ini… hipertiroid!!!! saya sudah jenuh mnum obt2an, setiap 10 hari obt abis kontrol lg eh dpt obt lgi… spae sebel!!!!mudah2an dg buah dan daun ciplukan bs menyembuhkan penyakit saya… amin.

  7. nefrida says:

    saya sudah 4 th mengidap hipertiroid, makan obat terus sampai saya jenuh, dimana saya bisa mendapatkan buak cipluk?

  8. bener nggk ya ini bisa di jadikan obat ?

  9. pratiwi says:

    tadinya saya hipertiroid.stlh di operasi,sy skrng jd hipotiroid.sy msh bingung obat herbal apa yg bs menyembuhkan penyakit sy ini.adakah diantara anda yg bs memberikan informasi ttg obat herbal yg sy butuhkan?

  10. yanti says:

    pak dimana saya dapat memperoleh ciplukan, apa saja tanaman yang dapat dijadikan obat thyroid,thks

  11. devi says:

    saya menderita hipotyroid, thanks infonya dimanakah saya bisa mendapatkan daun ciplukan saya tinggal di daerah jaksel.

  12. Namyra says:

    @devi & yanti. Biasanya di tukang tanaman pinggir jalan juga ada sih, atau coba trubus : 8721201

  13. Rizal says:

    aslm, bagi yang sakit hipertiroid gak apa2 dicoba, daun sirsak + mengkudu + ciplukan . semuanya direbus jadi satu kmudia diminum 3 kali sehari, semoga cepat sembuh. amin

  14. dian f.a says:

    Trmksh infonya, mhn info lanjutan utk hipotiroid mana yg lbh baik ciplukan atau maca (lepidium piruvianum)? Mana yg lbh baik dosis tunggal atau dikombinasi dgn herbal lain, trmksh.

  15. liefy says:

    dua tahun lalu, saya menderita hipertiroid, saya mengalami gejala seperti diatas.Kemudian saya ditangani Oleh Prof.Asman Budi Santoso (ABS), beliau juga bertugas di RSCM. Pengobatan saya dengan cara oral menggunakan yodium Radioaktif. Kini, saya sdh sembuh dr tiroit.Tetapi tiap tahun saya wajib perikksa darah utk mengetahui kondisi TSH dan T4. Proses sakit hingga pengobatan hanya 6 bl.

  16. fajar maulana says:

    apakah benar tentang semua ini,,, soalnya saya mempunyai saudara yang mempunyai penyakit ini… terimakasih infonya,,, mudah2n bisa bermanfaat….

  17. Icha says:

    Di manakah mencari buah Ciplukan di daerah Lampung, dan bagaimana cara pengolahan nya menjadi obat..

  18. oke says:

    kebetulan saya juga penderita hyperthyroid udh sekitar 7 tahun saya menderita penyakit ini. untuk bisa dapet buah ciplukan gampang ga ya? terus cara ngolahnya gimana? ada efek sampingnya ga ya? berpengaruh ga kalau saya sambil minum obat jg?

  19. yanti says:

    minta informasi tentang buah ciplukan dunk??? klo ada info atau foto bolh d kirim ke email saya. thx

  20. via says:

    sy juga hiperthyroid 2 tahun ini,, tapi malas ke dokter,,,
    baru 1 x ke dokter dan melakukan tes lab,, hasilnya positif,,
    di beri obat tapi cman minum 3 hari,,,
    trus berahlih ke tanaman ciplukan,,
    dapetinnya gampang,,, dikampung byk tuh,,
    tapi aduh,,, pahitnya bukan main,,,
    ga tau nih, bakal tahan minum brapa lama,,
    skrg udah seminggu berjalan,,,
    doain yah,,, cepet sembuh,,
    nanti sy infokan lagi,, perkembangan setelah 1 bln minum ciplukannya..
    tq

  21. key says:

    Trimakasih atas infonya,suami saya terkena hypertiroid semula minum obat kimia tp kambuh lg setelah membaca info ini saya praktekkan,alhamdulillah suami saya merasakan perubahannya.



Trackbacks/Pingbacks


Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu