dalam kategori | Asupan Sehat, Featured

Nutrisi sehat anti kerontokan rambut

Nutrisi sehat anti kerontokan rambut

Cemas melihat setumpuk rambut yang berjatuhan setiap kali menyisir? Tak usah panik. Rata-rata manusia kehilangan antara 50 – 100 lembar rambut setiap hari. Namun bagaimana jika lebih dari itu? Tenang! Ada sejumlah makanan bernutrisi yang bisa dimakan tiap hari agar kulit kepala tetap sehat dan dapat mencegah kerontokan rambut.

Memiliki rambut sehat, tebal dan hitam berkilau, adalah dambaan setiap orang. Perawatan rambut bisa dilakukan dengan shampo, kondisioner dan perawatan dari luar. Tetapi dengan makan makanan yang tepat, rambut indah, sehat berkilau bisa didapat.

Beberapa jenis makanan sehat ini bisa mencegah rambut rontok dan memelihara kulit kepala tetap sehat.

Telur dan daging ayam
Rambut sebagian besar terbuat dari protein. Makan ayam, telur, keju rendah lemak, almond, kedelai, dan yogurt bisa mendorong pertumbuhan dan mencegah kerusakan atau kerontokan pada rambut.

Gandum
Makan gandum secara teratur tidak hanya bisa meningkatkan energi, tapi juga bisa membantu mempertahankan warna dan mencegah rambut rontok.

Buah kering dan kacang – kacangan
Buah kering dan kacang – kacangan mengandung zat besi, sulfur, dan biotin. Mineral tersebut menjadi sumber vitamin E yang bisa meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, dan inositol yang bisa mempertahankan kesehatan akar rambut, sehingga mencegah kerontokan.

Tauge
Kecambah jenis satu ini mengandung gizi yang penting untuk memelihara kesehatan rambut yang dikenal sebagai silika. Silika digunakan tubuh membantu menyerap vitamin dan mineral, serta membentuk sel – sel baru yang membuat rambut kuat dan sehat.

Sayuran hijau
Bayam dan brokoli memiliki kandungan vitamin A dan C. Vitamin ini diperlukan tubuh untuk menghasilkan sebum yang berfungsi sebagai kondisioner alami untuk melembabkan dan memperkuat akar rambut.

Buah segar
Melon, pisang, jeruk, apel dan buah – buahan lainnya dapat memberikan tubuh sejumlah nutrisi penting yang baik untuk mengurangi kerontokan.

Seafood
Kandungan zinc yang berlimpah pada seafood seperti kerang, udang dan tiram bisa membantu mencegah rambut rontok dan memperkuat akar rambut. Zinc berperan dalam produksi hemoglobin, unsur darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tingkat hemoglobin yang baik akan membuat oksigen dapat disalurkan sempurna ke seluruh tubuh, sampai ke akar rambut yang berefek pada pertumbuhan rambut yang sempurna. Zinc juga membantu membangun sel–sel tubuh untuk menjaga hormon dalam penyerapan vitamin yang baik untuk pertumbuhan rambut.

Salmon
Merupakan sumber protein, asam lemak esensial omega-3, vitamin B12 dan zat besi yang diperlukan untuk memelihara kesehatan kepala dan mengurangi kekeringan pada rambut serta kulit kepala.

Kunyit dan jintan
Rempah-rempah seperti kunyit dan jintan merupakan makanan rambut yang baik untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Air
Minum setidaknya delapan gelas air per hari akan membantu memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk rambut, sehingga rambut menjadi kuat dan sehat. Kelembaban yang dihasilkan oleh konsumsi air selain akan membuat rambut bersinar dan lembut, juga akan memperkuatnya.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu