dalam kategori | Herbal

Nigella Sativa, stimulan alami

Nigella Sativa, stimulan alami

Nigella Sativa pertama ditemukan di daerah Tutankhamen, Mesir dan memiliki peranan penting dalam praktek kehidupan Mesir Kuno. Tanaman ini tumbuh liar di negara-negara Mediterania, dan dikembangbiakkan di Mesir dan Siria.

Tumbuhan ini sudah digunakan untuk pengobatan dalam bentuk herba ataupun minyak selama berabad-abad di Asia, timur tengah dan Afrika. Secara tradisional digunakan untuk pengobatan sakit pernafasan, perut, ginjal, liver dan memperkuat system kekebalan tubuh.

Dioscoredes, ahli fisika Yunani di abad ke satu, melaporkan bahwa Nigella Sativa dipakai untuk mengobati Sakit Kepala, Hidung tersumbat, sakit gigi, dan penyakit dalam. Selain itu juga digunakan untuk membantu masa menstruasi dan meningkatkan produksi Air Susu Ibu.

Ibnu Sina (980-1037), dalam karya terbesarnya “The Canon of Medicine”, yang dianggap banyak orang sebagai buku paling terkenal di dunia kedokteran, baik di Timur atau di Barat, menyatakan Nigella Sativa bermanfaat “Menstimulasi energi di tubuh dan membantu penyembuhan dari kelelahan atau kurang semangat”.

KANDUNGAN NIGELLA SATIVA

Kandungan Nutrisi Nigella Sativa selain membangunan sistem kekebalan tubuh sepanjang hari, juga menyediakan sumber yang optimal untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit. Nigella Sativa kaya akan kandungan Nutrisi Monosakarida (molekul gula tunggal) dalam bentuk glukosa rhamnose, xylose dan arabinose yang dengan mudah dapat diserap oleh tubuh sebagai sumber energi, juga mengandung non-starch polisakarida yang berfungsi sebagai sumber serat yang sangat berguna untuk diet.

Lima belas asam amino pembentuk protein, delapan diantaranya asam amino esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh, dimana tubuh tidak dapat mensistensis-nya sendiri sehingga perlu asupan dari luar. Kandungan Arginin didalamnya sangat penting untuk masa pertumbuhan, analisis kimia lanjutan menemukan bahwa ia mengangung Karotin, yang diubah menjadi Vitamin A oleh Liver.

Nigella Sativa juga sebagai sumber Kalsium, Zat Besi, Sodium dan Potassium yang berperan penting dalam membantu peran Enzim. Ia juga mengandung Asam Lemak, terutama Asam Lemak Esensial tak jenuh (Asam Linoleic dan Linolenic). Asam Lemak Esensial terdiri dari Asam Alfa-Linolenic (Omega-3) dan Asam Linoleic (Omega-6) sebagai pembentuk sel yang tidak dapat dibentuk sendiri dalam tubuh sehingga harus mendapat asupan atau makanan dari luar yang memiliki kandungan Asal Lemak Esensial yang tinggi.

NIGELLA SATIVA DALAM PENGOBATAN MODERN :

Black Cumin memiliki peranan yang penting pada pencegahan tumor & kanker. Pada pemakaian dalam waktu yang lama minyak Black Cumin memperkuat sistim kekebalan tubuh. Selain itu dapat mempercepat pembelahansel. ( Dr. Stanley Kopok, University of Arizona, USA )

Nigella Sativa kaya akan beta-sitosterol, yang dikenal memiliki kemampuan mencegah kanker ( Dr. Michael Tierra L. AC. O.M.D. )

Dengan mengkonsumsi Nigella Sativa dari Mesir dapat melawan kelelahan. Sebagai tambahan sebaiknya Nigella Sativa dimakan dengan Royal Jelly dengan perbandingan 2:1. ( Dr. Mohammed Saleh, Kairo-Mesir )

Ekstrak Black Cumin memiliki khasiat anti-tumor tanpa efek sampingan seperti pada yang terjadi pada Chemotherapi dan penyinaran. (Study of Nigella sativa on humans, University of South Carolina. USA)

Nigella S. mempunyai lebih dari 100 active ingredients dengan berbagai khasiat penyembuhan. Salah satunya adalah impotensi ( Black Cumin, The Magical Egyptian Herb, Dr. Peter Schleicher, M. D. & Dr. Moh . Saleh, M. D., Egypt )

Nigella S. terbukti memiliki efek anti-histamin, anti-oxidant, anti-biotic, anti-mycotic dan penghambat Bronchitis (Study of Black Seed Oil on Humans, American Scientists)

Kombinasi lipid portion dan struktur hormon dalam Nigella S. dapat meningkatkan air susu bagi ibu menyusui ( University Pochefstroom )

Terapi baru yang efektiv, mudah dicerna dan tidak mahal pada penyakit alergi adalah penggunaan asam lemak tidak jenuh dari minyak biji tanaman, terutama minyak Nigella Sativa. (Dr. Lutz Bannasch, München – Jerman)

Nigella Sativa mengandung minyak eter yang dapat membantu pencernaan & mengurangi masalah usus. (Prof. Dr. Hildebert Wagner, Institut fur Pharmazeutische Biologie, München – Jerman)

Nigella S. mengandung asam lemak tak jenuh, Linoleic & Gammalinolenic yang masuk dalam tubuh. Asam ini memungkinkan untuk pencapaian sintesis yang merupakan sistem kekebalan tubuh yang penting menyebabkan penyakit kronis seperti jerawat dan demam karena alergi, hingga kanker. (Dr. Peter Schleicher, M. D., Immunologist, Munich Germany)

Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh (US. Patents Section, Antiviral Agents Bulletin # 5, 482, 711)

Nigella S. menstimulasi sumsum di tulang & imunitas sel serta produksi interferon, melindungi sel2 normal melawan virus perusak sel, melawan sel tumor, dan meningkatkan antibodi yang memproduksi sel B (Cancer Immuno-biology, South Carolina)

Black Cumin terbukti menyembuhkan 70 % pasien alergi, termasuk di dalamnya alergi serbuk dan debu juga jerawat, serta neurodermitis (penyakit kulit), asthma dan lemahnya daya kekebalan tubuh. Mengkonsumsi jintan hitam secara teratur dapat menahan secara baik penyakit flu. (Dr. Peter Schleicher, Immunologie, München-Jerman)

DEFINISI UMUM NIGELLA SATIVA

Nigella sativa merupakan salah satu spesies dari genus Nigella yang memiliki kurang lebih 14 spesies tanaman yang termasuk dalam famili Ranunculaceae. 14 spesies tersebut diantaranya adalah : Nigella arvensis, Nigella ciliaris, Nigella damascena, Nigella hispanica, Nigella integrifolia, Nigella nigellastrum, Nigella orientalis, dan Nigella sativa.

Nama lain Nigella Sativa diantaranya adalah : Kalonji (bahasa Hindi), Kezah (Hebrew), Chamushka (Rusia), Habbatus Sauda’ (Arab), Siyah daneh (Persian), Fennel Flower / Black Carraway / Nutmeg Flower / Roman Coriander / Black Onian Seed (English), atau Jintan Hitam (Indonesia).

Klasifikasi Nigella Sativa adalah sebagai berikut :

  • Kingdom : Plantae
  • Divisio : Magnoliophyta
  • Class : Magnoliopsida
  • Ordo : Ranunculales
  • Family : Ranunculaceae
  • Genus : Nigella
  • Species : Nigella sativa

MORFOLOGI NIGELLA SATIVA

Nigella sativa atau Jintan Hitam Pahit ini merupakan jenis tanaman bunga , tumbuh setinggi 20-50 cm , berbatang tegak, berkayu dan berbentuk bulat menusuk..

Daun runcing ,bercabang, bergaris (namun garis daunnya tidak seperti benang ; tidak seperti ciri daun tumbuhan genus Nigella pada umumnya), daunnya kadang-kadang tunggal atau bisa juga majemuk dengan posisi tersebar atau berhadapan. Bentuk daunnya bulat telur berujung lancip. Di bagian permukaan daunnya terdapat bulu halus.

Tumbuhan jintan hitam memiliki bunga yang bentuknya beraturan. Bunga ini kemudian menjadi buah berbentuk bumbung atau buah kurung berbentuk bulat panjang. Bunganya menarik dengan warna biru pucat atau putih, dengan 5-10 mahkota bunga.

Buahnya keras seperti buah buni. Berbentuk besar, menggembung, berisi 3-7 unit folikel, masing-masing berisi banyak biji atau benih yang sering digunakan manusia sebagai rempah-rempah. Memiliki rasa pahit yang tajam dan bau seperti buah strawberry. Digunakan terutama pada permen dan minuman keras. Bijinya berwarna hitam pekat.

Khasiat yang dimiliki jintan hitam ini berasal dari kandungan kimia yang ada di dalamnya. Kandungan kimia jintan hitam terdiri dari minyak atsiri, minyak lemak, d-limonena, simena, glukosida, saponin, zat pahit, jigelin, nigelon, dan timokonon. Berbagai kandungan ini didapat dari biji jintan hitam.

2 respon to “Nigella Sativa, stimulan alami”

  1. marhamah says:

    trimakasih info nya 🙂 akhirnya ktmu jg yg bahasa indonesia 😀

  2. AlexAxe says:

    Hello,
    Not sure that this is true:), but thanks for a post.



Trackbacks/Pingbacks


Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu