dalam kategori | Asupan Sehat

Nanas, sumber antioksidan, menghambat sel kanker

Nanas, sumber antioksidan, menghambat sel kanker

Buah nanas yang manis dan agak asam tak hanya menyegarkan saat disantap. Buah ini banyak mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan. Juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain. Bromelain berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan seratnya dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit.

Buah nanas yang telah masak bersifat dingin, dapat mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan, membantu pencernaan makanan di lambung, antiradang, peluruh kencing (diuretik), membersihkan jaringan kulit yang mati, mengganggu pertumbuhan set kanker, menghambat penggumpalan trombosit.

Sementara buah yang masih muda, berkhasiat memacu enzim pencernaan, antelmintik, diuretik, peluruh haid, peluruh dahak, dan pencahar.

Pemanfaatan nanas sebagai obat alami cukup sederhana. Nanas dapat dikonsumsi langsung dengan mengupas dan memotongnya kecil-kecil, atau dibuat jus. Jus buah nanas ini dapat mengatasi rasa penuh akibat kembung atau masalah pencernaan. Minum segelas jus nanas setengah jam sebelum menyantap makanan.

  • Air perasan buah nanas yang terbuat dari 1 buah nanas yang benar-benar masak, dapat digunakan sebagai obat cacingan, radang tenggorokan, beri-beri, dan dapat digunakan sebagai terapi penurunan berat badan.
  • Untuk mengobati sembelit, minum air perasan dari 3 buah nanas, namun pilihlah buah yang belum matang benar dan agak sedikit asam.
  • Untuk mengobati peradangan kulit, sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya, lalu parut. Hasil parutannya dipakai untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas. Lakukan sekali sehari, malam sebelum tidur. Keesokan paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari.
  • Ketombe, atasi dengan nanas. Sediakan 1/4 buah nanas masak. Kupas kulitnya, lalu parut, peras, dan saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam sebelum tidur. Keesokan paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.
  • Untuk luka bakar, gatal dan bisul, gunakan daun nanas. Cuci daun nanas sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Balurkan pada bagian yang sakit.

Efek samping

Meski memiliki banyak khasiat, nanas juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai. Itu sebabnya, tidak semua orang bebas mengonsumsi nanas.

  • menggugurkan kandungan. Nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Karena itu, nanas dapat digunakan untuk melancarkan terlambat haid. Karena itu, perempuan hamil dilarang mengkonsumsi nanas muda.
  • memicu rematik. Di dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Ini bisa memicu kekambuhan rematik gout. Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.
  • meningkatkan gula darah. Buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Jadi, bagi penderita diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.
  • menimbulkan rasa gatal. Terkadang sehabis makan nanas segar, mulut dan lidah terasa gatal. Untuk menghindarinya, sebelum dimakan, rendamlah potongan buah nanas dengan air garam.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu