dalam kategori | Asupan Sehat

Menurunkan kolesterol jahat tanpa obat kimia

Menurunkan kolesterol jahat tanpa obat kimia

Yth. Dokter di PJNHK,

Saya mau tanya bagaimana menurunkan LDL (kolesterol jahat) tanpa menggunakan obat-obat kimia yang diresepkan dokter seperti lipitol dll? Untuk info dokter, saya pria 35 tahun, tinggi badan 174 cm, berat badan 70 kg. Sudah 2 bulan ini berturut 2 saya periksa kolesterol lengkap hasil kolesterol total 198 – 200 mg/dL, LDL direk 140 – 149 mg/dL, HDL 49, trigliserida 63 – 65. Setiap pagi saya selalu makan bubur gandum dan makan sayur.

Juga tiap hari minum vitamin coenzym Q10 dan omega 3 300 mg. Kenapa LDL saya tidak bisa turun ? Tolong nasehat dokter. Terima kasih sebelumnya. Regards, Johny

Jawab:

Kepada saudara Johny yang baik, terima kasih atas pertanyaannya.

Kami sangat berapresiasi dengan usaha yang bapak lakukan guna mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh anda. Sebenarnya apa yang sudah saudara Johny lakukan sudah benar, tapi kami akan melengkapinya lagi sehingga target kolesterol yang normal dapat lebih mudah tercapai. Berikut adalah ringkasan mengenai apa yang harus dilakukan untuk menurunkan kolesterol anda:

1) Turunkan berat badan bila anda kegemukan. Dari hasil perhitungan tinggi badan dan berat badan diatas, kami menilai anda tidak termasuk dalam kategori kegemukan. Meskipun demikian ada baiknya Anda tetap mempertahankan berat badan ideal anda dengan makan makanan yang sehat.

  • Rendah lemak. Batasi semua jenis lemak, termasuk lemak jenuh (minyak kelapa, mentega, santan, keju dan lemak hewani (sapi,kambing) dan gantikan dengan lemak tidak jenuh (minyak zaitun, minyak biji kapas, minyak wijen, minyak kelapa sawit, minyak jagung, minyak kedelai, minyak kacang tanah, minyak biji bunga matahari dan minyak ikan)
  • Rendah kolesterol. Kolesterol hanya ada pada produk hewani, sebagian besar pada jeroan (usus, babat, otak, limpa, dll), kuning telur, sea food ( udang, cumi, kerang, kepiting) dan lemak hewani. Batasi penggunaan bahan makanan yang mengandung kolesterol rata- rata maksimal 250 mg/hari.

2) Makan lebih banyak serat dan hindari minuman beralkohol. Serat banyak terdapat pada havermouth, sereal, buah dan sayuran, kacang panjang dan semua jenis kacang-kacangan dalam jumlah terbatas dapat membantu menetralisir kadar kolesterol dalam darah anda.

3) Jangan merokok

4) Olah raga. Kurangnya olah raga berhubungan langsung dengan rendahnya kadar kolesterol HDL. Coba lakukan olah raga secara rutin sedikitnya 30 – 45 menit / hati sebanyak 5 kali per minggu. Seperti ; jalan santai, berenang atau bersepeda.

5) Obat-obatan. Jika kadar kolesterol anda cukup tinggi, biasanya dokter memang akan memberikan obat untuk segera menurunkan kolesterol anda. Tapi ingat, obat tidak bertujuan merubah pola hidup yang sehat.

Tips lainnya:

  • Batasi makanan / minuman yang terlalu manis
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya akan air
  • Batasi penggunaan garam dan hindari penggunaan penyedap rasa serta makanan yang diawetkan dengan garam.

Perlu diketahui, target kolesterol yang perlu dicapai berdasarkan risiko individual bervariasi. Bagi penderita dengan risiko sangat tinggi (mengalami infark miokard baru –baru ini atau ada riwayat infark miokard / unstable angina /stable angina/pernah melewati prosedur angioplasti atau operasi bypass yang ditambah dengan manifestasi klinis penyakit aterosclerosis non koroner (peripheral arterial diseases, aneurisma aorta, dll), diabetes dan atau metabolik sindrom, target LDL yang harus dicapai adalah <70 mg/dL. Sedangkan target kolesterol LDL untuk penderita dengan risiko tinggi saja (riwayat infark miokard/unstable angina/stable angina/pernah melewati prosedur angioplasti atau operasi bypass atau adanya manifestasi klinis penyakit aterosclerosis non koroner (peripheral arterial diseases, aneurisma aorta, dll), diabetes dan atau metabolik sindrom, targetnya  adalah < 100 mg/dL, risiko sedang-tinggi (2 + faktor risiko merokok, hipertensi,HDL rendah, riwayat keluarga dan usia adalah < 130 mg/dL (optional < 100) risiko sedang < 130 mg/dL dan risiko rendah target LDLnya < 160 mg/dL.

Semoga dengan mengikuti saran diatas, target kolesterol berdasarkan risiko individual anda dapat tercapai.

Demikian, semoga bermanfaat

Salam,
Dr Suko Adiarto, PhD, SpJP

Satu respon to “Menurunkan kolesterol jahat tanpa obat kimia”

  1. olah raga rutin sangat efektif untuk menurunkan kolesterol dan menjaga endurance.have a nice day.



Trackbacks/Pingbacks


Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu