dalam kategori | Tips Kesehatan

Menurunkan berat badan dengan cepat

Menurunkan berat badan dengan cepat

Dengan banyaknya orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, maka semakin banyak pula orang yang sudah sadar akan bahaya kelebihan berat badan. Mulai dari ancaman berbagai penyakit seperti diabetes, jantung, stroke, dan lain-lain sampai ke masalah penampilan. Yang pasti, kelebihan berat badan sudah menjadi momok tersendiri bagi yang mengalaminya.

Semakin banyaknya kebutuhan untuk menurunkan berat badan menimbulkan banyaknya penawaran produk, servis, dan berbagai cara untuk menurunkan berat badan dengan iming-iming ‘CEPAT’. Hal itu akhirnya membuat banyak orang berlomba-lomba mencari cara tercepat untuk menurunkan berat badan dan mengabaikan apa yang disebut ‘good progress’.

Bagaimana cara atau pola diet yang baik, olahraga yang rutin dan istirahat yang cukup sudah semakin dilupakan dan mereka lebih mementingkan ‘result’. Yang penting berat badan turun sebanyak mungkin dalam waktu yang sesingkat mungkin. Masih banyak yang mempertimbangkan bahaya operasi sedot lemak, tetapi kebanyakan cuek terhadap hal-hal yang lebih sederhana seperti misalnya ada pil diet dari china yang tidak jelas komposisinya. Mereka berani saja mengkonsumsinya tanpa tahu resiko apa yang bakal dihadapi.

Balik ke topik utama, kesalahan terbesar ketika DIET adalah ‘ingin cepat’ dan terlalu berorientasi terhadap hasil akhir itu sendiri. Lemak kita harus dibakar sebagai energi kalau kita ingin membuang lemak kita. Ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda perhatikan ketika ingin menurunkan berat badan dengan cepat.

Ketika ada orang mengatakan ‘saya ingin turun 5kg dalam waktu 7 hari’. Coba kita kalkulasi. 1gram lemak, itu mengandung 9 Kalori. 1000gram lemak atau 1kg itu berarti 9000 Kalori. Berarti kalau 5kg, sama dengan 45,000 Kalori. Nah, olahraga apa yang kira-kira bisa membakar 45,000 Kalori dalam waktu 1 minggu? Atau kalau dibagi 7, berarti 1 hari kita harus membakar lemak sebanyak 6,428 Kalori. Padahal kita sehari olahraga 1 jam saja kurang lebih hanya membakar 400-500 Kalori saja. Mungkinkah ini terjadi? Secara perhitungan logika saja pemintaan turun 5kg dalam waktu 7 hari itu sama sekali MUSTAHIL.

Pembakaran lemak, itu terjadi ketika kita berolahraga. Lemak akan dibawa dari sel-sel lemak, tempat penyimpanannya, menuju ke dalam sel otot tempat terjadinya pembakaran. Lemak tidak dikeluarkan lewat keringat, urine maupun BAB. Pikirkan saja, kalau turun 5kg lemak dalam 7 hari, berarti sehari ada 700gram lemak masuk melewati darah kita. Ingat, bahwa proses pengangkutan lemak menuju sel-sel otot adalah melalui darah.

Kalau memang benar ada 700gram lemak sehari yang melewati darah kita, maka kita akan STROKE secara instant! Mau kurus atau mati? Kenyataannya hal tersebut juga tidak akan bisa terjadi, walaupun dalam tingkat extreme, memang akan terjadi peningkatan trigliserida (lemak dalam darah) ketika Anda sedang berusaha membakar lemak sebanyak mungkin.

Tujuan saya menulis artikel ini adalah bahwa penurunan berat badan, itu sebaiknya berdasarkan pemikiran bahwa pola hidup (makan dan olahraga) kita selama ini keliru, sehingga terjadi penimbunan lemak. Dan yang sebaiknya dilakukan adalah perubahan pola hidup menjadi lebih sehat, sehingga tubuh kita juga akan beradaptasi terhadap pola hidup yang baru dan bentuk badan akan mengikutinya.

Bagaimana menurut Anda tentang sudut pandang logika penurunan berat badan ini. Silahkan bagikan info ini ke teman-teman Anda yang selalu ingin menurunkan berat badan dengan cepat dan dengar apa komentar mereka.

Salam

@dennysantoso

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu