dalam kategori | Layanan Kesehatan

Menkes telah lama mengetahui dirinya mengidap kanker

Menkes telah lama mengetahui dirinya mengidap kanker

Kepergian Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih untuk selama-lamanya menggoreskan duka mendalam di hati berbagai pihak. Ucapan duka cita, doa, dan berbagai kenangan tentang Menkes semasa hidupnya terus mengalir.

“Kita merasa kehilangan seorang wanita terbaik di republik ini. Beliau cerdas dan rendah hati. Beliau pernah menjadi dokter PTT di NTT, tepatnya di Kabupaten Sikka. Masyarakat NTT merasa kehilangan,” kata Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya.

Ia mengungkapkan sebagai dokter yang pernah bertugas di wilayah Nusa Tenggara Timur, pemerintah dan rakyat daerah itu merasa sangat kehilangan atas kepergian almarhum.

Frans menjelaskan Endang datang ke NTT beberapa saat setelah dilantik menjadi menteri sekaligus bermalam selama beberapa hari di Kabupaten Sikka, tempat dimana ia pernah bertugas sebagai dokter PTT.

“Saya atas nama pemerintah dan rakyat Nusa Tenggara Timur menyampaikan turut berduka cita dan mendoakan agar arwahnya diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa,” katanya.

Ungkapan duka juga disampaikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Gumelar yang mengenang almarhumah sebagai sosok wanita yang kuat semasa hidupnya.

Linda menjelaskan, meskipun Menkes telah lama mengetahui dirinya mengidap kanker namun dalam kesehariannya tetap menunjukkan ketegaran.

“Beliau tetap menjalankan aktivitasnya sebagai menteri dengan enerjik dan penuh semangat,” katanya.

Bahkan, kata Linda, saat dirinya menjenguk menkes beberapa hari yang lalu, wanita kelahiran 1 Februari 1955 tersebut tetap menunjukkan semangat berjuang melawan penyakitnya.

“Ibu Endang merupakan wanita inspiratif dan puteri terbaik bangsa, dia merupakan simbol wanita kuat dan selalu berjuang hingga akhir hidupnya,” katanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Andry Hudaya Wijaya mengaku memiliki kesan mendalam terkait kebijakan di bidang kesehatan pada masa kepemimpinan Endang Rahayu di Kemenkes.

“Beliau sangat membuka peluang serta ruang bagi dialog antara pemerintah pusat dan daerah,” katanya.

Ia menuturkan, ada sejumlah program unggulan yang dihasilkan semasa kepemimpinan Endang Rahayu Sedyaningsih bagi Kalbar terutama untuk daerah perbatasan.

“Ada dua pejabat, satu direktur dan setingkat direktur di Kementerian Kesehatan, berasal dari Kalbar,” kata Andry Hudaya.

Ia berharap, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono segera dapat menemukan pengganti Endang Rahayu Sedyaningsih.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu