dalam kategori | Featured, Tips Kesehatan

Memantau Resiko Stroke dan Jantung dengan Jogging

Memantau Resiko Stroke dan Jantung dengan Jogging

Bagi orang yang senang lari pagi dan jogging, banyak cara mudah untuk memprediksi risiko sakit jantung dalam sepuluh tahun ke depan. Asalkan mampu menempuh jarak 1 mil (1,6 km) dalam waktu kurang dari 10 menit, kecil kemungkinannya jantung akan bermasalah.

Para peneliti dari University of Texas telah melaksanakan studi yang menyimpulkan bahwa jogging 1 mil bisa memprediksi risiko stroke dan serangan jantung khususnya pada pria paruh baya untuk periode sepuluh tahun kedepan.

Dalam studi yang berlangsung antara 1970 Р1990 ini melibatkan  11.000 pria, dibawah pengawasan para ahli medis, berlari diatas treadmill. Di tahun 2006, 1.206 diantaranya telah meninggal dunia, dan mereka adalah yang pada saat penelitian disimpulkan beresiko sakit jantung.

Dalam dunia olahraga, jarak 1,6 km atau 1 mil setara dengan 4 kali panjang lintasan lari di lapangan atletik. Jarak tersebut merupakan standar yang sering digunakan untuk uji ketahanan fisik, baik di kalangan atlet maupun institusi militer.

Makin cepat waktu tempuh pada jarak tersebut, makin kecil risiko sakit jantung dalam 10 tahun berikutnya. Waktu tempuh saat berlari mempengaruhi risiko untuk mengalami masalah pada jantung. Pengaruhnya paling tampak pada pria paruh baya yakni antara 45-55 tahun.

Pria yang butuh waktu lebih dari 15 menit untuk berlari sejauh 1,6 km risikonya untuk sakit jantung dalam 10 tahun ke depan mencapai 30 persen. Sementara pria yang hanya butuh kurang dari 8 menit, risikonya lebih kecil dari 10 persen.

Sementara itu dalam penelitian terpisah yang dipublikasikan di jurnal Circulation, kaitan waktu tempuh saat berlari dengan risiko sakit jantung tidak ditemukan pada wanita paruh baya. Oleh karena itu, tabel di atas hanya berlaku bagi pria.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu