dalam kategori | Herbal

Melati sebagai obat herbal

Melati sebagai obat herbal

Selama ini, orang mengenal bunga melati hanya sebatas tanaman hias, kosmetika, dan bahan campuran pembuat parfum atau teh.

Lebih dari itu, bunga melati sebenarnya menyimpan banyak manfaat sebagai obat. Melati adalah salah satu obat herbal yang paling dikenal di wilayah Mediterania dan telah banyak dimanfaatkan sebagai obat selama berabad-abad.

Banyak pakar herbal menyadari bahwa bunga melati kaya akan komponen alam seperti minyak eteris—zat berbau yang terkandung dalam tanaman. Melati juga memiliki sejumlah senyawa kimia penting, seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alkohol benzilic, dan jasmon, yang apabila dimanfaatkan dapat menawarkan banyak manfaat kesehatan seperti disebutkan di bawah ini:

  • Sejak zaman sejarah kuno, teh dan minyak melati dikenal sebagai afrodisiak alami yang sangat kuat sehingga obat herbal ini direkomendasikan untuk meningkatkan libido, kekuatan seksual, merangsang dorongan seksual, dan bahkan mungkin mengobati infertilitas baik pada pria dan wanita.
  • Melati dianggap sangat efektif khususnya dalam mengatasi nyeri otot, sendi, dan sakit kepala.
  • Menambahkan minyak melati ke dalam campuran minyak esensial dapat mengobati gejala yang paling umum dari infeksi pernapasan.
  • Teh melati dikenal sebagai tonik alami yang dapat merangsang semua fungsi sistem tubuh utama dan organ.
  • Melati memiliki sifat antiseptik yang dapat direkomendasikan untuk mengobati segala macam infeksi kulit.
  • Melati adalah obat alami yang dapat digunakan untuk merangsang dan meningkatkan fungsi dari sistem pencernaan.
  • Riset menunjukkan bahwa melati bisa menjadi alat detoksifikasi aman yang dapat digunakan oleh hampir semua orang untuk menghilangkan racun dan membersihkan tubuh.
  • Teh dan ekstrak melati dapat membantu dalam menurunkan berat badan lebih efektif.
  • Dalam aromaterapi, minyak bunga melati dapat sangat efektif untuk mengobati ketegangan saraf, apatis, kecemasan, dan gangguan saraf yang lebih serius.
  • Dapat dimanfaatkan untuk memerangi depresi dan efek negatif lain dari stres.

TERAPI KASIAT BUNGA MELATI UNTUK KESEHATAN

DEMAM BERDARAH

Rebus 7 lembar daun melati dan 1,25 gram belimbing dalam 250 ml air hingga menjadi 1 gelas saja. Setelah dingin, saring dan minumkan pada penderita demam berdarah. Lakukan tiga hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas perhari.

DEMAM DAN SAKIT KEPALA

Ambil 1 genggam daun melati dan 10 bunga melati lalu diremas-remas, kemudian rendam dengan air dalam rentang, gunakan air ini untuk mengompres dahi.

SAKIT MATA

Penyakit mata yang ringan seperti mata merah karena iritasi, bisa diatasi dengan segengam daun melati, caranya ambil 1 genggam daun melati tumbuk halus kemudian tempelkan padadahi. Bila sudah mengering ganti dengan yang baru ulangi sampai sembuh.

RADANG USUS

Ambil satu genggam daun melati poncosuda ( nama lain melati hutan atau melati gambir ) rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saring, minum 2 kali sehari.

BENGKAK AKIBAT SENGATAN LEBAH

Ambil satu genggam bunga melati lalu remas remas sampai halus tempelkan pada bagian yang tersengat lebah.

MENGATASI NYERI SAAT HAID

Siapkan 5 gram bunga melati yang masih segar, cuci sampai bersih. Rebus bunga melati tersebut dengan volume air satu gelas selama kurang lebih 15 menit. Saring ambil airnya, biarkan sampai dingin, minum saat haid

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu