dalam kategori | Pola Hidup

MEDITASI dan Proses Penuaan

MEDITASI dan Proses Penuaan

Meditasi merupakan keheningan, bebas dari pemikiran-pemikiran, emosi, ambisi, keinginan, rasa takut, atau apapun.

Robert Keith Wallace melakukan pengukuran pada sekelompok meditator dewasa didasarkan pada umur biologis mereka. Wallace menemukan bahwa para meditator, secara kelompok, umur biologis-nya jauh lebih muda daripada umur kronologis mereka. Perbedaannya cukup menyolok – pada wanita yang memiliki nilai terbaik, umur biologis mereka ternyata hampir dua puluh tahun lebih muda dibandingkan umur kronologis mereka. Yang lebih mengagumkan adalah bahwa kondisi tersebut sangat terkait dengan lamanya orang tersebut melakukan meditasi. Wallace berhasil membuat garis pemisah antara mereka yang melakukan meditasi kurang dari lima tahun dan mereka yang sudah melakukan meditasi lebih dari 5 tahun.

Kelompok pertama rata-rata lebih muda lima tahun dari umur biologis mereka, sedangkan kelompok kedua rata-rata 12 tahun lebih muda dari umur biologis mereka. Sebuah studi lain di Inggris, menemukan bahwa setiap tahun latihan meditasi akan mengurangi penuaan selama setahun. Penemuan lain yang benar-benar mengesankan tim penelitian Wallace adalah kenyataan bahwa pada kelompok subyek yang lebih tua, hasil yang diperoleh lebih baik dibandingkan pada kelompok yang lebih muda. Seorang yang berusia 60 tahun dan melakukan meditasi selama 5 tahun atau lebih, memiliki usia fisiologis 48 tahun.

Pada 1986, sebuah perusahaan asuransi bernama Cross-Blue Shield melakukan penelitian terhadap 2000 meditator di negara bagian Iowa. Hasil penelitian menunjukkan orang-orang ini jauh lebih sehat dibandingkan penduduk Amerika secara keseluruhan yang tinggal di 17 daerah, yang penduduknya banyak terserang penyakit, baik mental maupun fisik. Ini merupakan peningkatan yang sangat baik. Misalnya, kelompok meditator yang dirawat di rumah sakit karena kelainan jantung lebih rendah 87% jumlahnya daripada mereka yang tidak melakukan meditasi, sedangkan untuk segala jenis tumor, angka itu sebesar 50%. Jumlah penderita penyakit sistem pernapasan, saluran pencernaan, depresi klinis, dan sebagainya pada kelompok meditator juga menurun tajam.

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, penemuan terpenting dari penelitian Wallace adalah, bahwa meditasi jangka panjang benar-benar menghambat terjadinya penurunan umur lima sampai 12 tahun (Wallace menemukan sejumlah besar hormon DHEA (dehydroepiandrosteron) yang masih sulit dipahami; DHEA diduga membantu menghambat penuaan, dan kemungkinan bisa menghambat tumbuh dan berkembangnya kanker).

Perilaku positif, kewaspadaan mental, keinginan hidup, dan berbagai kualitas kejiwaan yang positif bisa memperlambat penuaan.

Pada 1980, seorang dokter muda, ahli jiwa dari Universitas Harvard, Charles Alexander, melakukan penelitian di tiga panti jompo yang terletak diluar kota Boston. Dia memilih 60 penghuni panti jompo, yang berusia sedikitnya 80 tahun, dan mengajarkan tiga tehnik pikiran-tubuh. Ketiga tehnik tersebut adalah tehnik relaksasi umum (sejenis tehnik yang biasa diterapkan pada program penanggulangan stres), meditasi transendental, dan sejumlah permainan kata-kata yang dilakukan setiap hari untuk mengasah pikiran.

Setiap kelompok mempelajari satu tehnik pikiran-tubuh, dan masing-masing kelompok diizinkan untuk menggunakannya tanpa pengawasan. Ketika dilakukan tes untuk memeriksa peningkatan kemampuan, rendahnya tekanan darah, dan kesehatan mental – faktor yang akan menurun sejalan dengan meningkatnya usia, maka para meditator memperoleh nilai tertinggi. Para manula tersebut juga melaporkan bahwa mereka merasa lebih bahagia, dan tidak merasa setua sebelumnya. Tetapi, hasil yang menakjubkan baru tampak tiga tahun kemudian. Ketika Alexander kembali ke panti jompo tersebut, sepertiga penghuni rumah jompo yang lama sudah meninggal, termasuk 24 persen kelompok peserta percobaan yang tidak melakukan meditasi. Angka kematian di antara kelompok meditasi ternyata nol.

Sekarang, orang-orang itu mencapai usia rata-rata 84 tahun, sebuah kejadian yang jarang dan indah, sebuah percobaan ilmu pengetahuan, yang membawa hadiah langsung berupa kehidupan….. Dikatakan bahwa peningkatan kesadaran cukup untuk memperpanjang hidup anda.

 

Quantum Healing (1989), Deepak Chopra M.D, Penerbit Nuansa 2002.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu