dalam kategori | Tips Kesehatan

Masalah flek hitam pada wajah wanita

Masalah flek hitam pada wajah wanita

Masalah flek hitam pada wajah pastinya menjadi momok bagi siapa saja, khususnya bagi para wanita. Bagaimana tidak, wajah juga merupakan mahkota yang menjadi faktor utama dalam menarik perhatian bagi lawan jenis dan tentunya juga sebagai faktor pendukung untuk menjaga kepercayaan diri.

Saat ini cukup banyak di temukan wanita yang mengeluh karena adanya flek di wajah mereka, baik itu wanita muda maupun yang sudah berumur. Terkadang banyak dari para wanita yang sebelumnya tidak menghiraukan faktor-faktor yang akan memicu munculnya flek hitam pada wajah mereka. Sehingga banyak dari mereka yang tanpa sadar, melakukan hal-hal ataupun kegiatan yang dapat memicu munculnya flek tersebut.

Para ahli kulit sering menyarankan kepada para wanita untuk sedini mungkin mengumpulkan, mengenal dan mengetahui informasi-informasi penting yang menjadi jalan pencegahan munculnya flek hitam pada wajah. Dengan begitu wajah bersih dan mulus yang diidam-idamkan, akan senantiasa terjaga dan menjadi modal dasar untuk selalu tampil awet muda.

Berikut ini, akan dipaparkan secara ringkas dan sederhana mulai dari penyebab hingga cara menghilangkan flek hitam secara satu per satu, guna memudahkan para pembaca.

Mengenal Jenis Kulit Yang Mempunyai Flek Hitam Pada Wajah

Kenali terlebih dahulu jenis kulit yang mempunyai flek hitam pada wajah agar mempermudah dalam perawatannya

Sebelum melakukan perawatan wajah, ada baiknya kenali dulu jenis kulit yang terkena flek hitam. Pada dasarnya kulit wajah terbagi dalam empat jenis, yaitu:

Kulit Normal

  1. Biasanya di daerah T (seperti dahi, hidung dan dagu) memproduksi minyak berlebihan, pori-pori pun lebih besar dari pada bagian wajah lainnya.
  2. Setelah wajah dibersihkan, kulit pipi akan terasa kencang.
  3. Kerutan seiring bertambahnya usia akan ada di sekitar mata, dahi, dan bagian atas bibir.
  4. Kulit mudah terbakar sengatan matahari, sehingga terlihat kemerahan atau kecokelatan.

Kulit Berminyak

  1. Umumnya memiliki pori-pori besar dan berkomedo.
  2. Kulit wajah tampak mengkilap serta riasan mudah luntur.
  3. Kerutan di wajah lebih lambat ketimbang jenis kulit lainnya.

Kulit Kering

  1. Mudah terkelupas dan terbakar jika terkena sengatan matahari.
  2. Di udara dingin mudah teriritasi atau gatal-gatal.
  3. Daerah T kadang seperti bersisik dan kulit wajah terasa kencang sesaat setelah dibersihkan.
  4. Kerutan lebih cepat muncul, bukan hanya pada wajah, tapi juga pada kulit tubuh lainnya.

Kulit Sensitif

  1. Mudah teriritasi jika kena kosmetik tertentu atau terkena paparan sinar matahari.
  2. Kulit umumnya kering dan terkesan “tipis” sekali.
  3. Kulit akan terasa kencang sesaat setelah dibersihkan.

Jika jenis kulit yang mempunyai flek hitam sudah diketahui, maka perawatan dan kosmetik kulit wajah yang dibutuhkan selanjutnya pun akan mudah didapatkan yang cocok.

Flek Hitam Pada Wajah Akibat Sinar Matahari Dan Polusi

Seringnya kulit wajah terpapar sinar matahari dan kotornya polusi menjadi penyebab flek hitam pada wajah

Cukup banyak orang yang tidak menyadari bahwa kulit yang sering terpapar sinar matahari yang menyengat dan polusi udara yang kotor merupakan faktor utama munculnya flek hitam pada wajah. Ketika umur semakin bertambah, produksi kolagen secara alami akan mulai menurun yang berdampak pada timbulkan keriput halus dan kulit kendur karena kulit tidak lagi elastis seperti sedia kala dan disaat itulah, para wanita rawan terkena flek hitam pada wajah mereka.

Bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar, masalah polusi memang sudah menjadi masalah yang kronis dan sulit dihindari, itulah mengapa kotoran polusi yang menempel di wajah mereka dapat dengan mudah mengendap dan berubah menjadi flek hitam. Saran para ahli, untuk menghindari munculnya flek hitam pada wajah ini yaitu dengan jangan terlalu lama terkena paparan sinar matahari yang menyengat, karena pigmen yang ada pada kulit akan rusak dan menghitam bila terkena sinar matahari secara terus menerus.

Adapun hal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi masalah ini ialah dengan melindungi wajah agar tidak terkena sinar matahari secara langsung, baik dengan menggunakan tangan, topi, buku, maupun dengan cara lainnya. Begitupula mengenai polusi yang berkeliaran yang menjadi faktor pemicu munculnya flek hitam pada wajah ini, ialah ada baiknya selalu menjaga kulit tetap bersih, seperti rutin membersihkan wajah sehabis berada dijalanan maupun tempat-tempat lainnya yang sekiranya tidak bersahabat dengan kebersihan wajah.

Flek Hitam Pada Wajah Akibat Mengkonsumsi Obat Pencegah Kehamilan

Seringnya mengkonsumsi obat pencegah kehamilan secara berlebihan dapat memicu munculnya flek hitam pada wajah

Mengkonsumsi obat pencegah kehamilan yang biasanya kita sebut dengan pil KB (Keluarga Berencana) memang dapat memicu timbulnya flek hitam pada wajah. Hal ini disebabkan karena adanya unsur progesteron dalam obat yang dapat membuat hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang, yang selanjutnya membuat pigmen kulit menjadi berubah warna kemerah-merahan dan cenderung kehitam-hitaman yang pada akhirnya menjadi flek hitam. Penggunaan yang berlebihan dan dalam rutinitas yang jangka panjang memiliki peluang terkena flek hitam yang lebih besar dibandingkan yang tidak mengkonsumsinya.

Oleh karena itu mengapa, biasanya flek hitam sering diderita oleh mereka yang telah berkeluarga dan sedang menjalani KB. Ada baiknya konsultasikan kepada dokter ahli mengenai kandungan pada obat KB tersebut dan sesuaikan dosisnya dengan kondisi fisik dan hormon masing-masing, guna meminimalisir munculnya flek hitam pada wajah.

Flek Hitam Pada Wajah Akibat Penggunaan Kosmetik

Penggunaan kosmetik yang berlebihan dan dalam tenggang waktu yang lama dapat mengakibatkan flek hitam pada wajah

Saat ini banyak wanita yang tidak percaya diri bila belum mempercantik diri dengan berbagai macam kosmetik. Hal ini dapat dimaklumi karena kosmetik sangat berperan dalam memberikan warna tersendiri dalam menambah kecantikan pada seorang wanita. Namun, tidak melulu hanya kecantikan yang bisa didapatkan dari kosmetik tersebut melainkan juga akan berdampak munculnya flek hitam pada wajah. Hal ini bisa terjadi karena didalam kosmetik terkandung merkuri dan asam salisilat yang jika terlalu lama dan terlalu sering menempel di kulit, akan membekas menjadi flek hitam.

Permukaan kulit tubuh, khususnya kulit wajah sangat membutuhkan oksigen untuk metabolisme regenerasi kulit agar tetap baik. Namun dengan tertutupnya kulit wajah akibat kosmetik yang digunakan, dapat menghambat proses perbaikan sel-sel kulit wajah yang baru. Ditambah lagi dengan berbagai zat-zat negatif yang terkandung di dalam kosmetik dapat mempercepat kerusakan sel kulit pada wajah yang berujung pada munculnya flek tersebut. Ada baiknya bagi para wanita untuk selektif dalam memilih kosmetik yang ada di pasaran dengan menghindari adanya kosmetik yang mengandung merkuri dan asam salisilat.

Jangan mudah terbujuk rayu akan merk-merk terbaru yang murah, karena tidak ada jaminan keamanan terhadap kandungan pada kosmetik tersebut. Begitupula dengan penggunaannya, sebaiknya jangan gunakan kosmetik secara berlebihan karena kulit butuh untuk “bernafas”. Gunakanlah kosmetik seperlunya saja dan jangan lupa untuk membersihkannya sebelum tidur, agar kulit wajah dapat rileks sehingga dapat terhindar dari flek hitam pada wajah.

Flek Hitam Pada Wajah Akibat Penggunaan Obat-Obat Lainnya

Obat-obat lainnya yang mempunyai efek samping terhadap kulit dapat berdampak pada munculnya flek hitam pada wajah

Ketidaktahuan dan keterpaksaan mengkonsumsi obat-obatan seperti obat antibiotik, antiepilepsi, antiperadangan dan beberapa obat lainnya biasanya juga menjadi faktor munculnya flek hitam pada wajah. Hal ini dikarenakan banyak dari obat-obat tersebut mempunyai kandungan yang berefek samping khususnya pada kulit dan dalam hal ini adalah kulit wajah. Konsumsi obat-obatan tersebut dalam jangka waktu yang panjang, pastinya akan memperbesar kemungkinan munculnya flek hitam pada wajah.

Penimbunan zat-zat negatif yang sering dan dalam jumlah yang banyak juga dapat merusak keseimbangan hormon dan regenerasi kulit khususnya kulit wajah. Ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli mengenai kandungan dan efek samping pada obat-obat tersebut dan bila dimungkinkan, gunakanlah obat-obatan yang paling aman diantara semua pilihan obat yang tersedia. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan munculnya flek hitam pada wajah.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah Dengan Facial

Berikut ini ada cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah dengan facial

Melenyapkan flek hitam pada wajah, bukan perkara mudah karena membutuhkan perawatan rutin agar flek dapat hilang dan tak muncul kembali. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah, mulai dari memakai masker hingga pemakaian krim pemutih (bleaching cream) yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Fungsi krim pemutih adalah untuk mengangkat lapisan tanduk pada kulit, melenyapkan komedo, melancarkan peredaran darah di bawah kulit, mencerahkan dan menambah kekenyalan kulit wajah. Namun dengan adanya peralatan modern saat ini, flek hitam dapat dengan cepat dihilangkan. Tapi untuk dapat melakukannya, biaya yang harus dikeluarkan pun tak sedikit.

Pertama-tama yang harus dilakukan, adalah melakukan facial. Tujuannya untuk membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati, sehingga wajah menjadi lebih cerah serta mencegah dan mengikis flek hitam pada wajah.

Caranya:

  1. Usapkan krim pada wajah dan diamkan selama 15 menit.
  2. Bersihkan wajah, lalu gosok dengan menggunakan scrub untuk melenyapkan sel kulit mati.
  3. Cuci wajah, lalu lumuri wajah dengan masker.
  4. Setelah masker mengering, wajah kembali dibersihkan, selanjutnya gunakan pelembab.

Manfaatnya akan terasa bila melakukan facial secara rutin selama 10 kali. Tingkat keberhasilannya tergantung seberapa parah flek hitam pada wajah yang diderita. Bagi yang memiliki kulit wajah dengan flek hitam yang agak meluas, sebaiknya lakukan facial seminggu sekali dan dibantu dengan krim malam.

Salah satu bahan facial yang kini mulai banyak dipakai dan dianggap cukup berkhasiat membersihkan flek, adalah spirulina. Spirulina adalah ganggang laut yang sudah dikemas dalam bentuk masker semacam lumpur, fungsinya untuk mengurangi flek karena strukturnya seperti scrub. Spirulina juga tersedia dalam bentuk kapsul dan diminum sebagai suplemen.

Dengan perawatan seminggu sekali, selama sepuluh kali perawatan facial, flek hitam pada wajah akan memudar. Namun tentu saja, efeknya akan lebih memuaskan jika perawatan dilakukan dengan rajin dan rutin.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah Dengan Facial Buah- Buahan dan Bahan Alami

Berikut ini ada cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah dengan facial buah-buahan dan bahan alami

Perawatan facial untuk menghilangkan flek hitam pada wajah sebenarnya dapat dilakukan sendiri di rumah, asal cukup mengetahui bahan-bahan apa saja yang diperlukan. Selain menggunakan bahan-bahan masker yang dijual, bisa juga melakukan facial dengan buah-buahan atau bahan alami. Berikut beberapa alternatif pilihan yang dapat dilakukan guna menghilangkan flek hitam yang diderita.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah Dengan Masker Bengkuang atau Mentimun

Bengkuang dan mentimun mempunyai zat-zat yang dapat membantu menghilangkan flek hitam pada wajah

Bengkuang sejak dulu dikenal mampu mengatasi flek hitam. Begitu pun mentimun. Buah-buah tersebut tinggal diblender, kemudian lumurkan di wajah agar flek hitam pada wajah memudar. Akan tetapi gunakanlah buah-buahan yang masih segar dan kondisinya baik, sebab bila tak hati-hati, alih-alih menyembuhkan flek hitam, kulit wajah malah akan gatal-gatal. Jika wajah terlanjur perih dan gatal-gatal, hal inilah yang harus dilakukan. Yaitu dengan mengoleskan tipis-tipis madu asli di wajah selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Setelah itu, basuh wajah dengan air es, tepuk-tepuk perlahan dan merata sampai terasa segar. Perawatan menghilangkan flek hitam dengan bengkuang atau mentimun yang diblender, baik bagi wanita yang aktif bekerja di luar ruang. Efek sari bengkuang atau mentimun yang dingin, akan terasa sejuk di wajah sesaat setelah digunakan dan dapat membantu menghilangkan flek hitam pada wajah.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah Dengan Irisan Jeruk Nipis

Irisan jeruk nipis juga bisa menjadi pilihan dalam usaha menghilangkan flek hitam pada wajah

Bagi wanita yang berusia di atas 40 tahun, irisan jeruk nipis yang merata di kulit wajah dan seluruh tubuh mampu mengangkat sel-sel kulit mati, termasuk flek hitam pada wajah. Diamkan hingga kering, lalu bilaslah dengan air hangat-hangat kuku agar pori-pori terbuka. Setelah itu, bilas kembali dengan air dingin agar pori-porinya merapat. Hal ini dapat membantu menghilangkan flek tersebut.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah Dengan Teh

Ternyata teh juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah

Selain jeruk nipis, kandungan antioksidan yang terdapat di dalam teh juga baik untuk mencegah penuaan dini dan membantu menghilangkan flek hitam pada wajah. Teh yang mengandung tanin sangat baik untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari, mengencangkan bibir, merawat kulit wajah dan menghitamkan rambut.

Caranya, yaitu dengan menginapkan secangkir teh kental selama satu malam. Kemudian oleskan air teh ke seluruh kulit wajah serta tubuh dan biarkan kering dengan sendirinya. Setelah itu, bilaslah dengan air hangat untuk membuka pori kulit, lalu terakhirnya bilas dengan air biasa.

Teh juga bermanfaat untuk menyegarkan mata lelah, hal ini dapat dilakukan dengan meletakkan sekantong teh celup yang sudah dingin langsung pada kelopak mata. Sambil berbaring, dengan sekaligus melakukan perawatan kulit wajah dan mata.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah Dengan Menghindari Toner Wajah

Penggunaan toner justru menghambat penghilangan flek hitam pada wajah bahkan dapat merusak kulit wajah

Saat proses membersihkan dan menghilangkan flek hitam dengan menggunakan susu pembersih di malam atau pagi hari, cukup bilas wajah dengan air bersih biasa. Wajah tidak perlu diberikan toner, astringent ataupun face tonik, karena pemakaiannya akan berlebihan sehingga bukannya flek hitam pada wajah yang menghilang, hal ini justru mengakibatkan kulit wajah bertambah kering. Terkecuali jika jenis kulit wajah berminyak.

Jika rajin melakukan facial sendiri di rumah, pastikan kulit wajah sudah lebih dulu dibersihkan menggunakan scrub. Perlu diingat, penggunaan bahan alami dalam hal ini untuk menghilangkan flek hitam pada wajah memang hasilnya tidak bisa terjadi secara instan seperti yang dilakukan dengan laser atau cara lainnya di salon-salon. Akan tetapi bila dilakukan secara rutin dan benar, hasilnya tak kalah bersihnya. Dan cara alami justru dianggap lebih aman tanpa ada efek samping.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu