dalam kategori | Featured, Tips Kesehatan

Masa Nifas Pasca Persalinan

Masa Nifas Pasca Persalinan

Nifas adalah masa pembersihan rahim, ketika jaringan sisa-sisa plasenta dan dinding rahim dikeluarkan oleh tubuh. Beberapa jam setelah persalinan, ibu hamil akan mengalami masa nifas yang umumnya terjadi selama 6 minggu atau 40 hari.

Menurut dr.Muhammad Taufik CH, Sp.OG dari RS Bersalin Putra Delima, Bumi Serpong Damai, Tangerang, secara umum keluarnya darah nifas dapat terjadi dalam 4 tahap, yakni:

  1. Lokia lubra (merah) Seminggu pertama masa nifas darah yang keluar biasanya berupa darah segar berwarna merah bersamaan dengan jaringan sisa-sisa plasenta, dinding rahim, lemak bayi, lanugo (rambut bayi), dan mekonium (kotoran bayi saat dalam kandungan). Lokia lubra mengandung banyak kuman.
  2. Lokia sanguelenta Satu sampai dua minggu berikutnya darah yang keluar berwarna merah dan berlendir yang disebut lokia sanguelenta.
  3. Lokia serosa Dua minggu berikutnya, cairan yang keluar berwarna kekuningan. Kandungannya sekarang berupa jaringan serosa atau sisa-sisa pengaruh hormon dan lainnya.
  4. Lokia alba Selanjutnya cairan yang keluar sudah berwarna putih biasa dan bening. Ini normal dan tandanya sudah memasuki tahap pemulihan. Keempat tahapan tersebut memakan waktu berkisar 6 minggu. Kecuali bila terjadi infeksi.

Selama masa nifas sangat penting menjaga kebersihan. Tanpa kebersihan yang memadai infeksi mudah terjadi. Itu pula yang menjadi alasan dilarangnya hubungan seksual semasa masa nifas, yaitu dikhawatirkan sisa-sisa kehamilan yang seharusnya keluar dari rahim kembali terbawa ke dalam dan akhirnya menimbulkan infeksi.

Perubahan fisik Ibu pada masa nifas

Perubahan-perubahan pada alat genitalia (dalam & luar) secara keseluruhannya disebut involusi. Disamping involusi terjadi juga hemokonsentrasi dan laktasi. Laktasi terjadi karena pengaruh Lactogenic Hormone dari kelenjar hipofise terhadap kelenjar-kelenjar payudara.

Involusi

Setelah janin lahir, besar rahim kira-kira setinggi pusat ibu, segera setelah plasenta lahir, tinggi besar rahim lebih kurang 2 jari di bawah pusat. Pada hari ke-5 paska melahirkan rahim lebih kurang setinggi 7 cm diatas tulang kemaluan atau setengah jarak tulang kemaluan – pusat, sesudah 12 hari rahim tidak dapat diraba lagi di atas tulang kemaluan.

Hemokonsentrasi

Hemokonsentrasi artunya darah ibu mulai mengental lagi setelah sebelumnya pada waktu kehamilan megalami hemodilusi (pengenceran). Pada kehamilan terdapat hubungan antara sirkulasi ibu & plasenta. Setelah melahirkan, hubungan tersebut hilang tiba-tiba. Volume darah pada ibu relatif bertambah. Keadaan ini dapat diatasi dengan mekanisme kompensasi dengan timbulnya hemokonsentrasi yang terjadi pada hari-hari ke 3-15 hari post partum.

Laktasi

Perubahan yang terdapat pada kedua payudara sejak kehamilan muda: meningkatnya jumlah jaringan payudara terutama kelenjar-kelenjar dan lemak, dtemukan colostrum (ASI awal) pada saluran di payudara, pembuluh darah yang bertambah.

Pengaruh hormon-hormon hipofisis kembali muncul, antara lain lactogenic hormone. Pengaruh oksitosin mengakibatkan kelenjar-kelenjar susu berkontraksi, sehingga terjadi pengeluaran ASI. Umumnya produksi asi yang sebetulnya hari ke 2-3. Pada hari-hari I ASI hanya berupa colostrum

Rangsangan psikis merupakan refleks dari mata ibu ke otak, mengakibatkan oksitosin dhasilkan, sehingga ASI dapat dikeluarkan dan sebagai efek sampingan rahim menajdi semakin keras berkontraksi.Dengan memberi ASI akan bertambah rasa kasih sayang antara ibu dan anak. ASI juga dapat melindungi bayi terhadap infeksi seperti: usus, paru2 dan telinga karena ASI mengandung lactoferin, lysozyme & imunogbulin A.

14 Langkah Senam Nifas Pasca Persalinan

Fungsi dari senam nifas adalah mempercepat proses pemulihan alat-alat reproduksi. Mengembalikan kondisi fisik ibu yang baru melahirkan.

Nich latihan-latihan setelah melahirkan

  1. Berbaringlah terlentang, tubuh dan kaki lurus. Lakukan kontraksi pada otot perut dan tekankan punggung bagian bawah anda ke lantai. Bertahanlah pada posisi ini, lalu rileks. Ulangi 5 kali yach
  2. Berbaringlah terlentang, kedua tungkai ditekuk, kedua tangan diatas perut, tarik nafas dengan mulut mencucu, kencangkan otot perut dan dubur kembali lemas. Ulangi 8 kali.
  3. Berbaringlah terlentang, kedua lengan di samping badan, silangkan tungkai kanan ke atas tungkai kiri, tarik nafas kemudian keluarkan melalui celah bibir. Kempiskan perut dan kerutkan dubur, lemaskan kembali, ulangi 8 kali kemudian danti tungkai kiri sebanyak 8 kali.
  4. Berbaringlah terlentang , kedua lengan disamping badanm putar kedua kaki kiri 4 kali, kekanan 4 kali, dorong kaki kanan dan kiri ke depan dan gerakkan ke belakang, ulangi 8 kali.
  5. Berbaringlah terlentang, silangkan kedua tangan pada dada anda. Angkatlah bagian atas tubuh ke posisi duduk. Bila anda merasa fit, letakkan tangan dibelakang kepala dan angkat tubuh ke posisi duduk.
  6. Berbaringlah di lantai, angkat lutut anda dan kedua telapak kaki lantai. Angkatlah bagian tubuh dari pundak dan lakukan kontraksi pada otot pantat.
  7. Berbaringlah di lantai, ke dua lengan dibentangkan, lalu angkatlah kedua lengan anda hingga bersentuhan satu sama yang lain, perlahan-lahan turunkan kembali ke lantai.
  8. Berbaringlah terlentang, lipatkan salah satu kaki anda dan angkatlah lutut setinggi mungkin, hingga telapak kaki menyentuh pangkal paha.
  9. Berbaringlah terlentang, angkat kepala anda dan usahakan agar dagu menyentuh dada. Tubuh dan kaki tetap pada tempatnya.
  10. Berbaringlah terlentang, kedua tangan disisi tubuh. Angkatlah salah satu kaki anda dengan tetap lurus hingga mencapai 90 derajat. Ulangi dengan kaki yang lain. Bila anda merasa lebih kuat, cobalah dengan bersamaan.
  11. Berbaringlah terlentang kedua tungkai ditekuk, letakkan kedua lengan di samping badan, tarik lutut kiri kedada pelan-pelan, luruskan tungkai dan kaki kiri, tekuk kaki kiri ke belakang kea rah punggung, turunkan perlahan kembali pada posisi awal, ulangi 4 kali, ganti dengan tungkai kanan, ulangi kembali 4 kali.
  12. Berlututlah, kedua lutut terpisah, letakkan dada dilantai sedekat mungkin kepada kedua lutut. Jagalah agar tubuh tetap diam dan kaki sedikit terpisah.
  13. Pada posisi duduk, kepala menunduk dan relaks, putar kepala kekiri 4 kali kemudian kepala ke kanan 4 kali.
  14. Pada posisi duduk, kedua tangan saling memegang pergelangan tangan, angkat setinggi bahu, geserkan tangan kesiku sekuat-kuatnya, kemudian geser ke posisi awal pelan-pelan, ulangi 8 kali.

Itulah 14 senam nifas, bagi anda yang habis melahirkan silahkan mencoba, kalau anda ragu-ragu konsultasikan masalah senam nifas ini ke tenaga medis setempat / bidan.

Komentar Anda

ads
Fitzania Weekly
Dapatkan informasi kesehatan mingguan berkala dari Fitzania langsung di inbox email Anda.

powered by MailChimp!

Anda punya informasi seputar dunia kesehatan?
Berkenan untuk membagikannya disini?
Lakukan sekarang, karena mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang sedang mencarinya.

berbagisehat

Rubrikasi

Fitzania Follows

palmer puspromkes who-id who-id bpjs bfl dokter medis pedulisehat selamatkanibu